REVIEW

Ares Virus, Kisah Kiamat Zombie Penuh Intrik

Andy Chan   10 Jul 2019
Ares Virus, Kisah Kiamat Zombie Penuh Intrik

Kiamat telah terjadi akibat keberadaan sebuah virus bernama Ares. Virus ini menyebabkan para manusia berubah menjadi zombie, dan satu-satunya cara untuk menemukan obatnya adalah dengan mendapatkan sampel virus tersebut dan menciptakan sebuah antibodi. Dikirimkanlah satu tim S.O.T. yang misinya adalah untuk mendapatkan sampe virus Ares, namun akibat pengkhianatan satu orang anggota tim, maka berakhirlah misi tersebut dan tersisalah satu anggota tim, bernama Neil.

Kisah Ares Virus

Neil diselamatkan oleh seorang kakek yang tergigit oleh zombie. Mengambil perlindungan di rumah sang kakek, dimulailah perjuangan Neil bertahan hidup melawan para zombie dan bersosialisasi dengan orang-orang yang mungkin memiliki motif terselubung. Itulah kisah Ares Virus, sebuah game survival RPG persembahan dari Qcplay.

Pengendalian Karakter

Permainan Ares Virus ini ditampilkan secara birds-eye view atau yang biasa disebut dengan top-down alias dilihat dari atas. Pemain mengendalikan Neil menggunakan sebuah virtual gamepad yang berada di layar sentuh. Di bagian kiri bawah layar terdapat sebuah virtual analog untuk mengarahkan Neil, sementara di bagian kanan layar terdapat berbagai macam tombol konteks serta sebuah analog untuk melakukan penyerangan.

Cara Menyerang

Menyerang dalam Ares Virus agak berbeda dengan game-game top-down shooter lainnya. Pemain harus menggunakan virtual analog kanan dan mengarahkan targeting ke arah yang diinginkan. Semakin lama pemain menahan virtual analog tersebut, semakin kuatlah serangan yang dilakukan, atau untuk senjata api, semakin akuratlah tembakannya. Untuk menyerang, pemain cukup melepaskan sentuhan, dan Neil pun akan menyerang atau menembak. Pemain bisa saja menyerang dengan cara melakukan swiping pada analog kanan apabila butuh menyerang secara cepat, namun tidak disarankan, karena selain mengurangi durability senjata lebih cepat, cara tersebut pun tidak akurat.

Survival RPG

Ada dua meteran yang harus diperhatikan oleh pemain, yang pertama adalah meteran Life yang kalau sampai habis, tamatlah riwayat Neil, dan yang kedua adalah meteran makanan. Secara garis besar, Ares Virus menggunakan sistem survival di mana Neil harus mencari makan agar bisa bertahan hidup. Oleh karena itu, permainan berfokus pada pengumpulan material, makanan, serta melakukan crafting untuk menciptakan perkakas yang lebih canggih, menghasilkan obat-obatan, serta membuat senjata yang lebih mematikan. Pilihan senjata pun bervariatif, tergantung kebutuhan pemain dan cara menghabisi musuhnya.

Pilihan Dialog

Berbeda dengan game action atau game survival RPG pada umumnya, Ares Virus menggunakan sistem pilihan dialog untuk berinteraksi dengan karakter-karakter lain yang ditemui oleh Neil. Masing-masing karakter memiliki agenda sendiri-sendiri, jadi Neil harus memilih secara taktis mengenai apa yang akan dikatakan olehnya serta mengambil keputusan. Ingat, keputusan Neil akan mempengaruhi nasib orang-orang yang ditemuinya tersebut, sehingga game ini bisa dimainkan berkali-kali untuk mendapatkan akhiran yang agak berbeda.

Grafis bergaya Sketsa yang Unik

Game Ares Virus tampil dengan artwork unik berwarna hitam putih dengan gaya gambar menggunakan bolpen. Tampilannya yang dilihat secara top-down, serta dominannya warna putih di dalam game ini membuat permainan jadi terasa seperti sebuah buku komik. Meskipun begitu, para zombie yang menyerang akan tetap terlihat ganas dan mematikan, jadi jangan kira dengan gaya seperti ini, permainan tidak terasa seru ya!

Gratis, tapi Harus Online

Ares Virus memang disediakan secara free-to-play, namun untuk bisa menjalankan game-nya, pemain wajib untuk memainkannya secara online. Tidak ada sistem stamina atau iklan dalam game ini, jadi tidak perlu khawatir mengenai gangguan bermain. Tersedia sebuah toko di dalam game untuk pemain membeli mata uang premium koin, yang bisa digunakan untuk membeli bonus-bonus dalam game seperti Max HP+200, Kapasitas tas, perkakas, serta berbagai senjata keren.

Akhir kata, Ares Virus adalah sebuah judul game survival RPG yang menarik untuk dicoba. Apakah kalian berminat jujur dan menjadi orang baik di dunia yang sudah kiamat ini? Atau kalian akan melakukan apapun untuk selamat? Lakukan pilihanmu tersebut dalam Ares Virus!

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top