REVIEW

Apps Ini Amankan Sepeda Motormu dari Tangan Jahil

Admin   21 Mar 2016
Apps Ini Amankan Sepeda Motormu dari Tangan Jahil

Sukses menggaet beberapa pelanggan korporasi besar, PT Telkomsel pun berupaya merambah pasar ritel sekaligus tracker sepeda motor di Tanah Air, dengan membuka 10 outlet penjualan T-Bike, yang disebut T-Bike Corner, di seantero Jabodetabek per Sabtu lalu, tanggal 19 Maret 2016.

Pada T-Bike Corner tersebut, disediakan layanan penjualan, pemasangan, dan purnajual atas T-Bike, aplikasi mobile besutan Telkomsel yang berfungsi sebagai tracker atas sepeda motor. Apakah T-Bike itu?

Pada dasarnya, apps ini merupakan salah satu produk M2M (machine-to-machine) terbaru yang dirilis oleh Telkomsel. Wujudnya sendiri berupa aplikasi yang mampu untuk memonitor, memandu sekaligus mengendalikan sepeda motor dari smartphone.

Lantas, apa saja yang menjadi keunggulan dari T-Bike? Ada dua keunggulan utama yang dimilikinya, yakni fitur yang lengkap dan cara pemasangan yang mudah serta cepat.

Sebagai moda transportasi dengan jumlah pengguna terbanyak di Indonesia, sepeda motor rentan terhadap berbagai masalah. Dari perilaku pengendara yang tak tertib hingga rawan akan pencurian dan kecelakaan.

Melihat kenyataan itu, Telkomsel pun mengembangkan T-Bike sebagai semacam asisten pengendara cerdas dengan fitur-fitur lengkap, seperti memonitor dan memandu lokasi, kecepatan, dan area berkendara bagi sepeda motor. Selain itu, penggunanya juga mampu mengendalikan akses mesin sepeda motor dari aplikasi di ponsel cerdas yang berbasis Android dan iOS.

Dengan menerapkan sistem keamanan berlapis pada sepeda motor, T-Bike mampu mengaktifkan dan menonaktifkan sepeda motor tersebut dari aplikasi di handphone. Melalui T-Bike, sepeda motor dalam kondisi menyala bisa dimatikan dengan menekan fitur on/off pada aplikasi. Fitur ini pun dapat berfungsi sebagai keamanan berlapis bagi sepeda motor.

Artinya, jika pencuri berhasil mengakali untuk membuka setangnya, sepeda motor tersebut tetap tidak bisa dihidupkan. Jika alat yang terkait dengan T-bike tersebut dilepas, sepeda motor juga tetap tak bisa dinyalakan. Hal tersebut bisa terjadi berkat sudah sedemikian canggihnya bagi sistem pemasangan T-bike untuk menangkal kemungkinan terjadinya aksi seperti itu.

Pencuri juga sulit melumpuhkan sinyal T-Bike dikarenakan tidak adanya titik di sepeda motor yang bisa menyediakan listrik untuk menghidupkan alat pengacak sinyal GPS.

Didukung oleh sistem GPS yang canggih tersebut,T-Bike juga mampu mendukung operasional dan pengelolaan armada –seperti yang dimiliki oleh berbagai layanan ojek berbasis aplikasi– secara real time (tracking & fleet management), efisiensi, pelaporan detil perjalanan, pembatasan wilayah operasional (geofencing), dan pembatasan kecepatan (speed limit).

Instalasi T-Bike pada kendaraan sepeda motor yang bermesin injeksi bisa dilakukan dengan cepat dan mudah berkat penggunaan plug-in device. Jadi, tidak perlu lagi dilakukan adanya pemotongan kabel serta tidak akan menguras baterai kendaraan.

Aplikasi T-Bike juga mendukung upaya peningkatan ketertiban berkendara dengan ditanamkannya fitur khusus bagi para pengendara (rider) dan pemantau (circle) yang terintegrasi.

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top