NEWS

Apple Music Rajai Ranah Layanan Streaming Musik

Dikdok   30 Mar 2017
Apple Music Rajai Ranah Layanan Streaming Musik

Bila berbicara mengenai layanan musik yang ditawarkan oleh berbagai platform, mungkin jumlah pengguna berbayar dari layanan Apple Music boleh saja kalah jika dibandingkan dengan Spotify. Namun, dalam hal jumlah pengguna aktif setiap bulannya, layanan musik milik Apple tersebut nyatanya tetap menduduki peringkat teratas.

Berdasarkan data yang tercatat di bulan Februari lalu oleh firma analitik Verto, layanan Apple Music masih mendominasi di peringkat pertama dengan jumlah pengguna aktif per bulannya mencapai 40,7 juta pengguna.

Berikutnya, pada posisi kedua nyatanya bukanlah diduduki oleh layanan Spotify. Pada peringkat kedua, layanan Pandora mampu membuntuti Apple Music dengan jumlah pengguna aktf per bulan mencapai 32,6 juta pengguna, diikuti oleh Spotify pada peringkat ketiga yang mencapai 30,4 juta pengguna aktif per bulannya.

Selanjutnya, untuk dua posisi tersisa di lima besar ditempati oleh iHeartradio dan SoundCloud, yang masing-masingnya memiliki jumlah pengguna per bulan secara berturut-turut mencapai 28,5 juta pengguna dan 25,7 juta pengguna.

Promosi yang dilakukan oleh Apple Music sendiri disebut-sebut menjadi salah satu alasan kenapa Apple bisa menduduki peringkat teratas. Dengan promosi masa percobaan selama tiga bulan yang ditawarkan Apple, pihaknya mengklaim bahwa mereka berhasil menarik jumlah pendengar di AS hingga dua kali lebih banyak jika dibandingkan sebelumnya. Promosi yang dilakukan nyatanya juga membuat layanan musik milik Apple ini mampu menciptakan 20 juta pengguna berbayar secara global.

Mengenai perbandingan jumlah pengguna berbayar, Spotify belum lama ini mengumumkan memiliki 50 juta pengguna berbayar secara global di platformnya. Jumlah tersebut tentunya cukup jauh jika dibandingkan dengan pengguna berbayar yang dimiliki oleh Apple Music. Namun, Apple Music memiliki ruang tersendiri untuk meningkatkan diri. Rencananya, Apple pun bakal menghadirkan konten-konten video di layanan streaming musik besutannya.

Selain Apple Music yang memiliki jumlah aktif yang begitu masif, layanan radio Beats 1 yang terdapat di dalamnya diklaim Apple sebagai stasiun radio terbesar di dunia. Dalam artian, jumlah pendengarnya juga sangatlah banyak.

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top