NEWS GADGET

Sengaja Perlambat Kinerja iPhone Lama, Apple Didenda?

Dwi K   11 Feb 2020
Sengaja Perlambat Kinerja iPhone Lama, Apple Didenda?

Apple diketahui telah didenda sebesar 25 Juta Euro atau sekitar 375 Milliar Rupiah karena sudah memperlambat kinerja iPhone lama secara sengaja tanpa pemberitahuan kepada para pengguna mereka.

Denda ini diberlakukan oleh Directorate General for Competition, Consumption and the Repression of Fraud (DGCCRF) yang secara langsung melaporkan kepada Kementerian Ekonomi Prancis, yang mana dinyatakan bahwa Apple tidak memberitahukan dahulu sebelumnya atau memberikan peringatan kepada para pengguna produk mereka.

Pada tahun 2017 lalu, Apple pernah melakukan hal yang serupa, namun mereka beralasan hal tersebut dilakukan untuk “memperpanjang umur gadget” mereka.

Pihak Apple juga menyatakan bahwa mereka sudah menyelesaikan hal ini dengan DGCCRF.

Keberatan dari Pihak DGCCRF

Pihak DGCCRF mengungkapkan bahwa pengguna iPhone tidak diberikan informasi bahwa meng-update iOS versi 10.2.2 dan 11.2 akan memperlambat kinerja gadget milik mereka.

Sebagai perjanjian, pihak Apple harus memberikan pengumuman melalui situs berbahasa Perancis selama 1 bulan.

Mereka juga menjelaskan bahwa Apple sudah “melakukan tindakan kriminal dengan praktek penipuan secara komersil dengan melakukan kelalaian,” dan pihak Apple sudah bersedia untuk membayar denda.

Mengapa Apple memperlambat Kinerja iPhone Lama?

Sudah cukup lama bagi para pengguna iPhone untuk mencurigai bahwa Apple telah memperlambat kinerja iPhone lama agar para pengguna bisa segera beralih ke iPhone keluaran terbaru.

Pada tahun 2017 lalu, pihak Apple memang memberikan konfirmasi bahwa perangkat iPhone akan melambat seiring waktu, tapi bukan karena Apple ingin mendorong para pengguna untuk berganti ke iPhone terbaru.

Hal ini terjadi karena baterai lithium-ion yang terdapat di gadget tersebut lama-kelamaan akan tidak berfungsi secara optimal dalam memberikan daya terhadap iPhone dan semua aplikasi yang tentunya bakal lebih memakan daya baterai.

Penyebab iPhone untuk sampai sesekali mati mendadak juga disebabkan oleh hal ini yang terjadi untuk melindungi komponen-komponen yang terdapat di dalam gadget.

Maka dari itu, dikeluarkanlah update software untuk iPhone 6, iPhone 6s, dan iPhone SE untuk melancarkan penggunaan baterai.

Update ini telah dikonfirmasikan oleh seorang pengguna iPhone 6s di Reddit. Pengguna ini mengungkapkan bahwa iPhone 6s memang melambat, namun performanya belakangan semakin membaik setelah ia mengganti baterai.

Apakah Apple masih memperlambat Kinerja iPhone Lama?

Jawabannya: Ya. Sejak Apple melakukan hal ini pada tahun 2017 silam, kebijakan ini sudah diterapkan di beberapa model iPhone, seperti:

  1. iPhone 6, 6 Plus, 6S, 6S Plus
  2. iPhone SE
  3. iPhone 7 dan 7 Plus
  4. iPhone 8 dan 8 Plus iOS 12.1 ke atas
  5. iPhone X iOS 12.1 ke atas
  6. iPhone XS, XS Max and XR iOS 13.1 ke atas

Kebijakan ini hanya berlaku pada saat baterai dirasa mulai berkurang performanya, dan pihak Apple sudah menginformasikan lebih jelas mengenai hal ini pada saat sistem sudah berjalan. Pihak Apple juga mengklaim bahwa efek dari penurunan performa ini tidaklah akan terlalu terasa di model terbaru karena software dan hardware mereka sudah lebih maju.

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top