REVIEW

Apakah Sebenarnya Android itu, sih?

Eroneko   28 Nov 2016
Apakah Sebenarnya Android itu, sih?

Saat ini, begitu banyak jenis smartphone yang beredar di pasaran. Namun, yang paling banyak dipakai di Indonesia bahkan dunia adalah smartphone Android. Untuk yang penasaran dan bertanya-tanya, apakah sebenarnya Android ini, sih? Apakah yang membedakannya dengan smartphone jenis lainnya? Dan, kenapa diminati banyak orang? Kalian telah datang ke tempat yang tepat, karena JurnalApps kali ini akan memberikan penjelasan sederhana tentang Android. Khusus untuk kalian!

Apakah Android itu?

Android adalah nama dari sistem operasi untuk smartphone yang dibuat oleh Google. Awalnya, sejak perilisan Linux di komputer, para ahli IT dan pemrograman telah bekerjasama untuk membuat sistem operasi yang bisa digunakan untuk smartphone. Dirilis pada tahun 2003 sebagai proyek open source oleh Google melalui Android Open Source Project, Android bisa digunakan secara bebas oleh developer mana pun dan dikembangkan sesuai dengan kebutuhan secara gratis dan tanpa terbebani hak paten. Oleh karena itu, kalian mungkin menemui berbagai macam jenis Android yang berbeda di setiap smartphone. Android yang ada di smartphone Samsung akan memiliki perbedaan dengan Android yang ada di smartphone ASUS, begitu pula di smartphone lainnya. Rata-rata, setiap brand memiliki ciri khas sendiri pada Android-nya. Namun, versi Android-nya akan tetap sama dan mengikuti update Google. Keluaran asli dari Google sering disebut sebagai “Stock Android,” sedangkan buatan brand smartphone memiliki nama sendiri, misalnya TouchWiz, Sony Xperia, AsusUI, Huawei’s Emotion, dan lain sebagainya.

Terus, mengapa ada nama-nama kue manis di belakang Android? Apakah itu?

Google sendiri terus mengembangkan Android dan merilis update setiap tahun. Setiap update diberi nama yang berbeda dan berurutan abjad, namun selalu berhubungan dengan kue manis. Karena itu, nama-nama versi Android bermunculan. Mulai dari Alpha, Beta, Cupcake, Donut, Eclair, Froyo, Gingerbread, Honeycomb, Ice Cream Sandwich, Jelly Bean, KitKat, Lollipop, Marshmallow hingga yang terakhir, Nougat.

Lalu, apakah kelebihan Android dibanding sistem operasi smartphone lainnya?

Yang paling mencolok adalah kalian memiliki pilihan untuk menentukan mana yang paling sesuai untuk dirimu. Begitu banyak jenis smartphone berbasis Android yang memiliki varian berbeda-beda, penampilannya pun bisa kalian atur sesukamu. Dengan begitu, kalian bisa mengatur agar smartphone Android milikmu benar-benar sesuai dengan kepribadian dan keinginanmu.

Apakah Android memiliki kelemahan?

Tentu saja, sistem operasi Android juga memiliki kelemahan. Yang pertama adalah update sistem Android yang kalian miliki. Pada saat munculnya versi Android terbaru, kalian harus menunggu update dari vendor smartphone-mu untuk merilis update Android yang sesuai dengan Android di smartphone-mu. Nah, kebanyakan vendor smartphone tidak terlalu peduli dengan update versi Android terbaru atau merilisnya dalam waktu yang cukup lama.

Apakah Google Play Store itu?

Untuk membuatmu bisa memakai smartphone sesuai kebutuhanmu, dibuatlah Google Play Store, yaitu semacam tempat jual beli online untuk aplikasi, games, buku elektronik, film, musik, dan banyak lagi lainnya. Syaratnya cukup satu, kalian harus tersambung dengan akun Google agar bisa menggunakan Google Play Store. Jangan khawatir, meski disebut sebagai tempat jual beli online, kalian juga bisa mendapatkan ribuan aplikasi yang dibanderol secara gratisan!

Google Play Store termasuk inovasi yang paling penting dari Android, karena selain bisa mendapatkan aplikasi dari berbagai developer seluruh dunia, baik berbayar mau pun gratisan, kalian juga bisa mendaftar untuk menjual aplikasi buatanmu di sini.

Beberapa istilah penting

Android pun memiliki beberapa istilah yang perlu kalian ingat sebagai pemakai smartphone Android. Mulai dari APK, kependekan dari Android Application Package, yang merupakan file yang berisi aplikasi, aset program, dan berfungsi sebagai installer aplikasi di smartphone-mu. Istilah lain yang perlu kalian ingat adalah Brick, yaitu kondisi dimana smartphone-mu tidak bisa digunakan karena kesalahan pada software Android milikmu.

Android yang sudah terlanjur populer di masyarakat masih memiliki banyak rahasia dan hal yang mungkin belum kalian ketahui. Jika ingin mengetahui lebih banyak lagi tentang Android, JurnalApps dengan senang hati akan memberi tahumu. Kalau kalian memiliki pertanyaan tentang Android, tulislah saja pada kolom komentar di bawah, ya? Semoga bisa membantu.

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top