REVIEW

Berjiwa Pemimpin yang Baik? Buktikan dalam Rebel Inc.!

Andy Chan   01 Apr 2019
Berjiwa Pemimpin yang Baik? Buktikan dalam Rebel Inc.!

"Perang sudah usai," demikianlah kata orang-orang begitu peperangan telah berakhir di negaranya. Namun kita semua tahu bahwa meskipun peperangan telah 'usai', perjuangan tetaplah jauh dari kata 'usai'. Untuk bisa mengamankan negara setelah perang, seorang pemimpin perlu menyeimbangkan antara kepentingan militer dan kepentingan penduduk sipil agar bisa tercapai kedamaian dan dukungan dari para penduduk, serta menghentikan para pemberontak yang senantiasa mencoba merebut kekuasaan. Bisakah kalian menghentikan pemberontakan ini? Dibuat oleh sang pengembang game Plague Inc., Ndemic Creations, inilah game strategi militer/politik yang unik berjudul Rebel Inc.

Sebuah Game untuk Para Kandidat Pemimpin

Jika Plague Inc. dikenal sebagai sebuah game mengenai menyebarkan virus mematikan di dunia, Rebel Inc. adalah game baru dari pengembang yang sama, namun menawarkan kesempatan kepada pemain untuk menjajal diri menjadi seorang pemimpin di sebuah negara yang berada di hadapan pemberontakan. Tugas pemain sebagai pemimpin adalah untuk mendapatkan dukungan dari rakyat serta membasmi pemberontakan hingga tuntas.

Pengendalian berbasiskan Menu

Sama seperti Plague Inc., Rebel Inc. pun menggunakan kendali berbasiskan menu untuk memainkan game-nya. Pemain akan diberikan sebuah peta lokasi kekuasaannya, dan di dalam peta tersebut mereka bisa melihat keberadaan markas, posisi para pemberontak, serta status dukungan dari rakyat. Pemain diberikan tiga buah menu untuk menyelesaikan permainan.

Menu Civilian

Dalam menu Civilian, pemain bisa melakukan riset serta bertindak atas hal-hal yang berhubungan dengan penduduk sipil. Mulai dari pengadaan fasilitas penting seperti sanitasi, air, obat-obatan, rumah sakit, pengadaan pangan, infrastruktur, dan sebagainya. Semua ini dilakukan agar bisa mendapatkan dukungan dan mengambil hati para penduduk.

Menu Government

Sesuai namanya, menu Government adalah menu mengenai segala urusan di bagian pemerintahan. Pemain bisa melakukan riset anti korupsi, merekrut polisi untuk meningkatkan keamanan, menggalakkan bantuan di pedesaan, menunjuk perwakilan, meninggikan keadilan, mengurus Public Relation, dan sebagainya.

Menu Military

Bagi mereka yang menggemari perang, menu militer ini mungkin adalah menu favorit mereka. Di sini pemain bisa melatih prajurit negara, bisa juga memanggil pasukan dari luar, mendirikan garnisun, meminta pasukan untuk membantu rakyat, mengirim drone, sampai memanggil serangan udara.

Untuk bisa menggunakan ketiga menu di atas, pemain membutuhkan uang. Uang ini akan secara otomatis diberikan setiap bulannya, tergantung dari pemasukan negara.

Perang melawan Pemberontak

Selain mengurus pemerintahan, pemain juga harus mengirimkan pasukan untuk berurusan dengan para pemberontak yang selalu ingin merebut wilayah negara. Pemain harus memiliki pasukan militer dahulu, barulah bisa mengirimkan mereka untuk berperang melawan para pemberontak. Semakin banyak pasukan yang berada di sekitar lokasi perang, maka para pemberontak akan semakin terdesak sampai akhirnya mundur ke wilayah berikutnya.

Event-event sepanjang Permainan

Game ini berjalan secara real-time, dan setiap beberapa saat sekali, pemain akan melihat ada indikator event di salah satu wilayah mereka. Sentuhlah indikator event ini dan game-nya pun akan menjelaskan sebuah situasi, lalu kemudian memberikan beberapa buah pilihan aksi yang bisa dilakukan oleh pemain. Ingat, setiap aksi memiliki konsekuensi sendiri, jadi berhati-hatilah sebelum mengambil tindakan.

Permainan akan berakhir apabila pemain berhasil membasmi semua pemberontak dan menstabilisasi semua wilayah miliknya. Sebaliknya, apabila para pemberontak berhasil merebut semua wilayah pemain atau dukungan rakyat ke pemerintah mencapai nol, maka pemain akan mengalami game over. Sanggupkah kalian menjadi pemerintah yang baik dan mengalahkan para pemberontak?

Tampilan Peta 2D

Game Rebel Inc. memang bukanlah sebuah game yang membutuhkan tampilan 3D keren, oleh karena itu, tampilan permainan berupa peta 2D yang dilihat dari atas sangatlah cocok untuk merepresentasikan sebuah meja taktikal di ruang rapat pemerintahan. Para pasukan direpresentasikan dengan sebuah icon dan titik-titik yang berjalan di peta, persis seperti peta strategis yang diperlihatkan kepada seorang pemimpin. Sesekali, pemain bisa melihat representasi sebuah scene sehingga secara menyeluruh, tampilan game ini cukup minimalis dan menarik.

Bisa Dinikmati secara Offline

Sama seperti Plague Inc., Rebel Inc. juga disajikan oleh Ndemic Creations secara cuma-cuma dan menggunakan sistem iklan. Tentu saja, dengan mematikan Internet, iklan tersebut tidak akan keluar, karena memang game-nya sendiri tidak butuh koneksi Internet untuk dimainkan. Apabila pemain bersedia membayar premium, mereka akan mendapatkan akses kepada fitur Statistik di dalam game-nya untuk melihat perkembangan permainan serta fitur Fast Forward untuk mempercepat game.

Akhir kata, sama seperti dengan Plague Inc., Rebel Inc. adalah sebuah game yang cukup menantang dari Ndemic Creations. Game ini memiliki replay value yang sangat tinggi dengan lima buah region untuk dimainkan serta enam orang pemimpin dengan kemampuan yang berbeda-beda. Kalau kalian menggemari Plague Inc., Rebel Inc. wajib dicoba!

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top