LOADING
TIPS

Apakah HP atau Batere HP Saya akan Meledak? Bagaimana Cara Mencegahnya?

Ayu Handayani   16 Dec 2016
Apakah HP atau Batere HP Saya akan Meledak? Bagaimana Cara Mencegahnya?

Pemberitaan mengenai Samsung Galaxy Note 7 yang meledak belum lama ini mungkin membuat Anda bertanya-tanya, apakah handphone yang Anda miliki akan meledak juga? Jika Anda belum mengetahuinya, pihak Samsung akhirnya menghentikan pembuatan seri tersebut karena adanya beberapa kasus baterai meledak yang mana seharusnya perangkat ini tidak mungkin meledak. Banyak maskapai penerbangan yang juga sudah melakukan pelarangan terhadap penggunaan handphone ini, dan pengguna pun diberikan peringatan agar tidak menggunakannya sepanjang perjalanan.

Tidak hanya Galaxy Note 7 yang meledak (iPhone, Blackberry, dan beberapa merek lainnya juga didapati pernah meledak). Apa pun handphone Anda, bahkan berlaku untuk tablet atau pun laptop, berikut adalah tips-tips yang bisa Anda lakukan untuk mencegah handphone Anda meledak.

Kenapa Baterai Handphone Bisa Meledak?

Pertanyaan ini mungkin adalah pertanyaan yang sulit untuk dijawab. Saat ini, Samsung pun masih belum bisa mengklarifikasi isu ini. Ada dua alasan yang mungkin menyebabkan baterai Lithium-Ion meledak. Alasan pertama adalah baterai nyatanya telah mengalami kerusakan, yang bisa jadi diakibatkan karena Anda pernah menjatuhkan handphone. Baterai tersebut bisa mengalami korsleting, yang menyebabkannya jadi membengkak dan meledak.

Alasan kedua adalah suhu panas juga bisa menjadi faktor utama bagi baterai meledak, dan biasanya hal itu terjadi ketika Anda sedang men-charge handphone. Melakukan charging terlalu lama dapat membuat baterai menjadi panas, dan jika suhu baterai Anda telah menjadi begitu tinggi, kondisi tersebut bisa menyebabkan baterai menjadi korsleting. Sebenarnya, tidak semuanya merupakan kesalahan baterai. Namun, jika baterai tak segera didinginkan, hal ini memang dapat membuat handphone Anda mungkin meledak.

Melalui teknologi canggih di saat ini, yang dapat melakukan pengisian baterai dengan cepat, hal tersebut membuat handphone menjadi lebih cepat panas dari sebelumnya. Desain handphone juga bisa merugikan, seperti tren yang 'memaksa' untuk memasukkan baterai yang berukuran besar ke handphone yang sangat tipis.

Dalam kasus Galaxy Note 7 ini, baterai tampaknya menjadi masalah utama di balik meledaknya handphone, dan perlu diketahui bahwa handphone Samsung lainnya masihlah aman untuk digunakan.

Cara untuk Mencegah Baterai Handphone Meledak

  1. Gunakan charger yang benar

    Gunakanlah charger yang sesuai dengan handphone Anda. Jika charger bawaan untuk handphone Anda sudah rusak, pastikanlah charger baru yang Anda beli juga memiliki daya yang sesuai dengan charger sebelumnya.
  2. Segera cabut setelah baterai penuh

    Jangan biarkan handphone Anda masih tersambung ketika baterai handphone Anda sudah penuh.
  3. Charge di tempat yang aman

    Sebaiknya, jangan men-charge handphone Anda di bawah bantal, atau tempat-tempat lainnya yang mudah menimbulkan panas.
  4. Lepaskan casing handphone


    Casing seperti layaknya jaket bagi handphone Anda, dan akan membuat panas bisa terjebak pada handphone Anda.
  5. Hindari matahari secara langsung

    Handphone Anda akan menjadi semakin panas ketika terkena matahari secara langsung. Oleh karena itu, jangan letakkan handphone Anda di atas dashboard mobil.
  6. Biarkan handphone Anda dingin


    Ketika sedang men-charge handphone Anda, janganlah terus memakai atau memainkan handphone Anda karena hal itu akan membuat handphone menjadi panas.
  7. Hindari tekanan


    Jangan duduk di atas handphone Anda atau membiarkan handphone Anda tertumpuk oleh benda-benda berat.
KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top