LOADING
REVIEW

Apa Saja yang Baru dari iOS 12?

Dikdok   13 Jun 2018
Apa Saja yang Baru dari iOS 12?

Konferensi WWDC 2018 telah berlangsung beberapa waktu lalu. bersamaan dengan berlangsungnya acara tersebut, Apple juga memperkenalkan sistem operasi terbaru yang dimilikinya, yaitu iOS 12. berbicara mengenai pengembangan sistem operasi andalan Apple ini, kira-kira apa saja ya fitur yang coba ditonjolkan Apple?

iOS 12: Buat iPhone Lama jadi Lebih Responsif

Apple sendiri menjelaskan bahwa iOS 12 memiliki ini performa yang lebih baik dibanding sistem operasi yang mereka miliki sebelumnya, termasuk untuk perangkat lama (mulai dari iPhone 5s). Pihaknya juga mengklaim bahwa denngan menggunakan iOS 12, beberapa aplikasi ataupun fitur yang berada di dalam perangkat bisa bekerja dengan lebih optimal. Misalnya seperti membuka kamera 70% lebih cepat, atau keyboard muncul 50% lebih cepat dan lebih responsif.

Berikut adalah beberapa fitur yang dibawa oleh iOS 12:

Aplikasi Photos

Photos merupakan salah satu aplikasi yang mendapat beberapa fitur baru bersamaan dengan kehadiran iOS 12 ini. Salah satunya fitur baru yang dibawanya adalah tab For You, dimana fitur ini dapat digunakan untuk mengumpulkan foto Memories dan iCloud Shared Albums di satu tempat. Aplikasi Photos pada iOS 12 juga memiliki fitur Intelligent Sharing Suggestions, dimana fitur ini membawa kemampuan machine learning untuk memberikan saran berbagi ke pengguna lainnya. Selain itu saran pencarian juga lebih relevan berdasarkan acara, orang, tempat, grup, kategori, dll.

Siri Shortcut

Jika dibanding dengan para kompetitornya seperti Amazon Alexa dan Google Assistant, asisten virtual Siri memang dikenal cukup jarang melakukan pembaruan. Namun pada pembaruan iOS 12, Apple juga memfokuskan dirinya pada pengingkatan kualitas Siri, sehingga asisten citrual milik Apple ini bisa membantu pengguna dengan leih lebih cepat dan lebih personal.

Memoji & Animoji Baru

Setelah melakukan pengembangan fitur Animoji pada tahun 2017 lalu, kini Apple mencoba memperkenalkan fitur lainnya bernama Memoji. Pada dasarnya, Memoji merupakan Animoji yang bisa dibuat sebagai avatar seorang pengguna. Selain itu, Apple juga memberikan Animoji beberapa karakter dan gerakan baru.

Group FaceTime

Apple juga menambahkan kemampuan FaceTime agar bisa mendukung mendukung sebuah panggilan untuk grup dengan jumlah yang cukup banyak. Jika sebelumnya aplikasi video call dari Apple ini hanya bisa digunakan untuk melakukan komunikasi satu lawan satu. Kini, melalui fitur group FaceTime, pengguna Apple bisa melakukan panggilan dan berkomunikasi langsung dengan 32 orang secara sekaligus.

ARKit 2

Proyek mereka mengenai augmented reality (AR) juga terus dikembangkan. Melalui fitur yang diberi nama ARKit 2, nantinya para pengguna aplikasi bisa bermain game AR dengan obyek yang sama di perangkat yang berbeda. Apple juga bekerja sama dengan Pixar untuk membuat format file baru USDZ, dan juga bekerja sama dengan LEGO.

Atur Penggunaan iPhone atau iPad

Pada embaruan anyar kali ini, Apple juga meningkatkan kemamuan sehingga pengguna juga bisa melakukan pengaturan waktu interaksi dengan iPhone atau iPad yang lebih baik. Selain ada mode baru untuk Do Not Disturb, Apple juga menambahkan pilihan lainnya untuk notifikasi, dan informasi penggunaan perangkat dengan Screen Time. Fitur Screen Time bahkan sangat berguna untuk membantu orang tua mengontrol bagaimana anak mereka menghabiskan waktu dengan iPhone atau iPad miliknya.

Perubahan Aplikasi

Apple juga merubah tampilan dari beberapa aplikasi yang mereka miliki, seperti Apple Books dan Apple News. Aplikasi Voice Memo juga telah tersedia untuk digunakan pada perangkat iPad dengan tambahan dukungan sinkronisasi iCloud. Beberapa perubahan lainnya juga terjadi pada aplikasi Stocks (iPad), CarPlay , dan Wallet.

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
Dirgahayu Republik Indonesia
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top