REVIEW

Apa Perbedaan Telegram Messenger dengan Telegram X?

Dikdok   21 Feb 2018
Apa Perbedaan Telegram Messenger dengan Telegram X?

Beberapa waktu yang lalu kita sempat dihebohkan dengan hilangnya aplikasi Telegram dari App Store selama hampir 24 ham. Kini, aplikasi pepesanan populer tersebut sudah kembali tersedia dan dapat diunduh. Namun bukan hanya kembali tersedia, ternyata Telegram juga merilis sebuah aplikasi baru yang dinamakan Telegram X.

Lalu apakah perbedaan Telegram Messenger dengan Telegram X?

Sebagaimana dilansir langsung dari laman Telegram Blog, versi anyar dari aplikasi pepesanan yang mereka miliki ini sengaja dihadirkan untuk menjawab kebutuhan pengguna iOS dan Android terkait kecepatan dan kemudahan layanan yang mereka berikan kepada pengguna.

Berbeda dengan aplikasi resmi yang ada, Telegram X hanya bersifat eksperimental dan tidak akan menggantikan aplikasi Telegram Messemher yang selama ini telah banyak digunakan masyarakat. Namun, hasil dari percobaan Telegram X diharapkan dapat mempercepat pihak Telegram dalam mengembangkan teknologi baru.

Telegram X for Android

Telegram X untuk pengguna Android dikembangkan dengan platform TDLib (Telegram Database Library) dan menghasilkan sebuah aplikasi canggih yang dapat bekerja dengan lebih ringan, lebih hemat baterai serta memiliki animasi yang lebih halus.

Terdapat beberapa fitur menarik yang dihadirkan pada Telegram X untuk ANdroid. Telegram X untuk Android menyediakan fitur yang mendukung mode bebas gelembung pada jendela chatting, sehingga menyebabkan tampilan chat terasa lebih lega.

Selain itu pada Telegram X, kita juga dapat tekan dan tahan (tap and hold) sebuah chat untuk melihat isi konten chat tersebut tanpa harus membukanya. Aplikasi ini juga mendukung kemampuan untuk melakukan pergeseran jendela dengan cara swap layar.

Telegram X for iOS

Sedangkan pada Telegram X untuk iOS, aplikasi ini dibuat sepenuhnya menggunakan Swift. Tujuan utamanya adalah menghadirkan layanan Telegram yang ringan, cepat dan lebih hemat baterai dibandingkan versi lawas – dibuat menggunakan Objective C.

Memiliki desain yang sangat mirip dengan aplikasi Telegram Messenger resminya, sa;ah satu kelebihan dari Telegram X adalah aplikasi ini diklaim memiliki tampilan animasi yang lebih baik dan waktu tunggu yang lebih singkat ketika akan membuka gambar atau konten lainnya.

 

Tertarik untuk mencoba Telegram X? Segera unduh dari tautan di bawah ya!

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top