NEWS GADGET

AnTuTu Benchmark Lenyap dari Google Play Store, Apakah Penyebabnya?

en19ma   09 Mar 2020
AnTuTu Benchmark Lenyap dari Google Play Store, Apakah Penyebabnya?

AnTuTu Benchmark, software benchmark asal China yang sangat populer di perangkat mobile, mendadak dilaporkan telah menghilang dari Google Play Store. Bahkan, tak hanya AnTuTu Benchmark saja, ada dua aplikasi lainnya yang ikut lenyap, yakni AnTuTU 3DBench dan Altutu Benchmark.

Apakah gerangan yang menyebabkan aplikasi yang cukup populer tersebut sampai lenyap dari toko aplikasi milik Google tersebut? Adakah masalah tersendiri yang membuatnya sampai harus hilang?

Dilaporkan oleh Android Police, diduga bahwa faktor lenyapnya AnTuTu Benchmark tersebut dikarenakan keterkaitannya dengan pengembang aplikasi Cheetah Mobile. AnTuTu Benchmark diduga juga dimiliki oleh Cheetah Mobile, yang disebut-sebut telah melanggar aturan di Google Play Store. Google sendiri telah menghapus semua aplikasi yang dimiliki oleh Cheetah Mobile dari Play Store terhitung sejak bulan lalu.

Begitulah, Cheetah Mobile disebutkan telah melakukan pelanggaran pada peraturan yang diberlakukan di Google Play Store selama bertahun-tahun. Tak heran, Google pun merasa gerah dengan keberadaan mereka dan aplikasi-aplikasinya di marketplace milik mereka tersebut.

Nah, meski berdiri atas nama perusahaan yang berbeda, yakni Beijing Antutu Technology, Google mencurigai bahwa AnTuTu Benchmark masih memiliki keterkaitan dengan Cheetah Mobile. Hal ini dikarenakan adanya pencantuman nama dalam database Google yang menyebutkan bahwa Fu Sheng adalah chairman dari Beijing Antutu Technology. Nah, yang bersangkutan diduga juga menjabat sebagai CEO dari Cheetah Mobile. Oleh karena itu, Google mencurigai bahwa keduanya, Beijing Antutu Technology dan Cheetah Mobile, masih berada dalam naungan perusahaan yang sama.

Pihak AnTuTu Benchmark sendiri belum mengeluarkan tanggapan menyoal kenapa aplikasi mereka sampai dicabut dari Google Play Store. Meski sudah tak ada untuk diunduh dari Google Play Store, para pengguna masih dimungkinkan untuk men-download AnTuTu Benchmark secara langsung melalui situs resmi mereka.

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top