TIPS

Antara Handphone Replika, Black Market & Refurbish

Admin   07 Dec 2015
Antara Handphone Replika, Black Market & Refurbish

Di pasaran gadget, terdapat perangkat yang dijual secara resmi, namun juga ada yang bersifat tak resmi. Ada yang dijual dengan kondisi baru, terdapat pula yang berkondisi refurbished. Kian memperparah lagi, juga terdapat yang disebut replika, atau yang dikatakan tiruan bahkan palsu.

Berikut adalah perbedaannya:

HP Replika atau Palsu

Di antara produk-produk asli, nyatanya juga ada produk palsu. Hal ini pun marak ditemui dalam industri gadget, utamanya smartphone. Beberapa merk smartphone yang kerap dipalsukan adalah Apple iPhone dan Samsung. Belakangan, ada pula merk lainnya, seperti Xiaomi, yang ikut dipalsukan.

Secara jelas, handphone replika ini adalah produk palsu. Bentuknya memang dibuat sedemikian rupa sehingga amat mirip dan sulit dibedakan dengan HP aslinya. Umumnya, HP replika ditawarkan dengan harga yang jauh lebih murah dari yang seharusnya.

Begitu pun kala menilik fitur dan performanya, rata-rata tidaklah sebaik HP aslinya.

HP BM (Black Market)

Juga ada sebutan HP BM, atau Black Market. Sejatinya, HP BM adalah HP asli juga, tapi dipasarkan dengan harga yang lebih murah dari harga aslinya. Mengapa bisa begitu? Hal itu berkat jalur pendistribusian atau pengirimannya yang tidak resmi.

Biasanya, HP BM dimasukkan dengan cara ilegal dan tidak dikenai pajak. Oleh karena itu, harganya bisa jauh lebih murah dari pasaran. Namun, perlu diperhatikan, perbedaan harga HP BM dan resmi tidak melebihi 50%. Tepatnya, sekitar 20% hingga 30% saja. Jika sampai lebih di atas 50%, patut dicurigai.

HP Refurbished

Selain itu, terdapat istilah HP refurbished, yaitu HP asli yang direkondisi. Yang dimaksud dengan rekondisi di sini, HP tersebut pernah dipakai sebelumnya, lalu mengalami kerusakan di kala masih dalam masa garansi resmi.

Umumnya, HP refurbished merupakan HP rusak yang dibawa oleh penggunanya ke service center resmi namun tidak bisa diperbaiki (rata-rata dikarenakan kerusakan yang terlalu fatal dan harus berganti jerohannya). Belakangan, HP yang rusak ini diperbaiki kerusakannya oleh service center resmi.

Selanjutnya, HP yang sudah diperbaiki tersebut juga diperbarui dari sisi fisik sehingga terlihat seperti HP baru. Pada akhirnya, HP ini kembali dijual sebagai barang bekas tapi ‘baru’. Inilah yang disebut sebagai HP refurbished. Biasanya, HP ini dijual dengan selisih harga hingga 50% lebih murah dari harga normal.

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top