REVIEW

Angkat Smartphone-mu, Install SHIN MEGAMI TENSEI Liberation Dx2, dan Lindungi Dunia dari Serangan Acolytes!

Andy Chan   31 Jul 2018
Angkat Smartphone-mu, Install SHIN MEGAMI TENSEI Liberation Dx2, dan Lindungi Dunia dari Serangan Acolytes!

Tahukah Anda bahwa ada sekelompok orang membentuk organisasi yang memiliki ideologi sendiri? Organisasi yang bernama Acolytes ini secara rahasia telah membunuh orang-orang tidak bersalah yang memiliki Empathy Quotients (EP) tinggi karena dianggap membahayakan tujuan mereka. Tapi jangan khawatir, karena ada organisasi rahasia satu lagi yang bernama Liberators yang berjuang untuk melindungi dunia.

Kedua organisasi tersebut memiliki anggota bernama Devil Downloader, atau disebut juga Dx2. Dx2 memiliki kemampuan untuk memanggil dan mengendalikan demon menggunakan sebuah app Smartphone. Para Acolytes menggunakan para demon untuk membunuh orang-orang tidak bersalah karena tidak ada yang bisa melihat demon sama sekali kecuali para Dx2. Sebagai anggota Liberators, tugasmu adalah untuk berperang bersama para Liberators lain dalam misinya menjaga dunia dari para Acolytes yang jahat. Itulah kisah yang dibawakan oleh game dari seri kenamaan, SHIN MEGAMI TENSEI Liberation Dx2 persembahan SEGA.

SHIN MEGAMI TENSEI Liberation Dx2 adalah sebuah game unik, bagian dari seri Shin Megami Tensei. Sudah banyak seri dari Shin Megami Tensei ini, baik itu Devil Survivor dan Strange Journey yang pernah hadir di Nintendo DS atau 3DS, atau Devil Summoner yang pernah hadir di SEGA Saturn, bahkan sampai ke spin-off nya yang tenar banget, Persona. Hadirnya SHIN MEGAMI TENSEI Liberation Dx2 untuk ponsel pintar ini adalah sesuatu yang menarik, karena kini akhirnya para fans Shin Megami Tensei bisa menikmatinya langsung di genggaman tangan tanpa ada perlu gadget tambahan.

Secara garis besar, SHIN MEGAMI TENSEI Liberation Dx2 ini menggunakan sistem gameplay yang sama dengan seri Devil Survivor, yaitu turn based combat. Pemain diberikan satu tim berisikan empat buah demon, dan harus mengalahkan tim demon lawan. Seperti biasa, perintah-perintah yang bisa diberikan termasuk menyerang dan menggunakan skill. Musuh yang terkena serangan di mana mereka lemah terhadapnya, akan memberikan bonus turn bagi pemain. Kalahkan seluruh lawan, maka stage yang bersangkutan pun akan selesai dan pemain bisa lanjut ke stage dan cerita berikutnya. Kalau sedang malas memainkan game-nya, para demon pun bisa diberikan otoritas untuk bertarung sendiri dengan fitur "Auto Battle". Uniknya, masing-masing demon punya preferensi mengenai apa yang mereka lebih suka lakukan ketika sedang bertarung.

Bagi penggemar Shin Megami Tensei, dijamin akan sangat familiar dengan permainan ini karena ada sistem "Mengajak Demon Ngobrol" juga dihadirkan di sini. Di tengah-tengah pertarungan, terkadang ada bubble "Talk" di atas kepala demon lawan. Dengan menyentuh "Talk" tersebut, pemain bisa mengajak ngobrol demon tersebut dengan sebuah dialog tree. Tugas pemain adalah untuk menerka pilihan dialog mana yang membuat sang demon senang. Demon pun akan meminta sesuatu dari pemain, bisa uang, bisa life, dan sebagainya. Apabila dipenuhi, maka sang demon pun akan menjadi bersahabat dan masuk menjadi anak buah pemain yang bisa dipilih sebagai anggota tim.

Semua fitur Shin Megami Tensei dihadirkan di sini, termasuk Fusion Demon dan Summon Demon. Ada lebih dari 160 demon untuk dikoleksi, mulai dari Pixie, Angel, Leanan Shide, Azumi, Decarabia, Mokoi, Arianrhod, sampai ke Jack Frost yang imut, masing-masing dihadirkan tidak hanya dengan statik 2D artwork saja, melainkan juga dengan model 3D yang keren lengkap dengan animasi-animasi yang tidak mengecewakan.

Seluruh karakter SHIN MEGAMI TENSEI Liberation Dx2 ini, baik tokoh utama pria atau wanita, ataupun karakter-karakter pendukungnya, didesign oleh Tatsuro Iwamoto, sang character designer yang terkenal pernah menciptakan artwork untuk Phoenix Wright: Ace Attorney. Selain memiliki menu yang apik, game-nya juga didukung dengan voice acting berbahasa Jepang serta lagu yang fantastis.

Seperti layaknya sosial media di jaman modern, SHIN MEGAMI TENSEI Liberation Dx2 juga memiliki fitur sosial yang keren. Pemain bisa mendapatkan bantuan atau pun membantu pemain lain dengan fitur Battle Assist. Dengan fitur ini, pemain bisa menggunakan skill untuk menyerang musuh yang sedang dilawan oleh salah satu pemain lain yang sedang online. Ada juga fitur meminjam Demon, di mana Demon pemain lain bisa dibawa perang satu kali dalam waktu satu hari, jadi sangat berguna apabila memiliki banyak friend list. Bahkan tersedia fitur chat serta fitur review demon yang isinya boleh dibilang lucu-lucu, serta kemampuan battle melawan pemain lain. Kekinian banget deh, pokoknya.

SHIN MEGAMI TENSEI Liberation Dx2 disajikan oleh SEGA secara free-to-play, namun mutlak membutuhkan online. Game-nya menggunakan sistem energi, jadi untuk bisa menjalankan satu stage, dibutuhkan sejumlah energi. Terdapat mikrotransaksi berupa pembelian mata uang premium Gems. Dengan menggunakan Gems, ada banyak lagi benda yang bisa dibeli, seperti mata uang in-game, Magnetite, Tome of XP, Yata Mirror, Demon Contract, dan sebagainya yang fungsinya pun bermacam-macam.

Bahkan jika pemain ingin melakukan Summon Premium, harus menggunakan Gems. Well, Summon Demon di sini adalah kata lain dari "Gacha", jadi jangan heran kalau dapatnya nanti bukanlah demon yang diinginkan. Memang game ini boleh dibilang cukup rumit, tapi tetap bisa dimainkan secara casual.

Ditulis oleh Makoto Fukami (Psycho Pass), kisah SHIN MEGAMI TENSEI Liberation Dx2 ini menarik untuk diikuti. Ayo kunjungi modern Tokyo seperti Akihabara, Shinjuku, dan Kudanshita, bawa ponsel pintarmu, jadilah seorang Devil Downloader (Dx2), dan lindungilah bumi dari para Acolytes yang jahat!

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top