TIPS TRIK

Aman Menggunakan Mobile Banking, Ikutilah Tips-tips ini!

Dwi K   04 Oct 2017
Aman Menggunakan Mobile Banking, Ikutilah Tips-tips ini!

Di era modern ini, Internet telah memudahkan kita dalam berbagai hal di kehidupan sehari-hari. Dari berkomunikasi, bekerja, hingga bahkan berbelanja. Munculnya berbagai macam online shop telah memudahkan kita untuk berbelanja dari rumah. Untuk keperluan pembayaran tagihan pun sekarang sudah dapat dilakukan lewat handphone dalam genggaman kita.

Begitulah, mobile banking sudah menjadi salah satu bagian dari kehidupan masyarakat modern. Tanpa perlu beranjak keluar dari rumah demi menuju ATM pun kita sudah bisa melakukan pembayaran dan transfer dari rumah. Bahkan, data dari Mastercard Mobile Shoping Survei 2017 telah menyebutkan bahwa 25% responden mereka di Indonesia sudah menggunakan aplikasi mobile banking untuk melakukan pembayaran atau pun transfer.

Tentunya dengan berbagai kemudahan seperti ini, tetaplah ada beraneka bahaya yang mengintai kita. Khususnya dalam hal menggunakan mobile banking tadi, lalu apa saja tipsnya agar bisa tetap aman untuk melakukan pembayaran dan transfer lewat handphone kita?

Gunakan Aplikasi Resmi

Usahakan untuk selalu menggunakan aplikasi resmi dalam melakukan berbagai transaksi melalui mobile banking. Alasan keamanan dan fitur security yang kuat merupakan fasilitas dari pihak bank untuk keamanan bertransaksi yang dilakukan kita sebagai nasabah mereka. Dan, ingatlah untuk selalu melakukan log off dari aplikasi tersebut jika sudah selesai digunakan, tujuannya adalah untuk berjaga-jaga agar tidak bisa digunakan dengan sembarangan oleh orang lain.

Selalu Update Aplikasi

Ingatlah untuk merutinkan diri dalam meng-update semua aplikasi mobile banking yang kita miliki di handphone. Karena, celah-celah keamanan dari versi sebelumnya sudah diperbaiki oleh pihak bank melalui setiap update yang mereka berikan, sehingga kita sebagai nasabah mereka pun jadi lebih aman dalam bertransaksi.

Hindari Wi-Fi Public

Perlu untuk diingatkan, Wi-Fi public adalah koneksi Wi-Fi yang dihadirkan dengan sangat terbuka dan oleh karena keberadaannya itu jadi belum terjamin menyoal keamanannya. Ya, kita tidak akan pernah mengetahui siapa saja yang menggunakan koneksi tersebut bersama-sama kita. Maka dari itu, untuk berjaga-jaga, ada baiknya untuk menghindari untuk menggunakan Wi-Fi public saat mengakses mobile banking. Tujuannya agar jejak-jejak digital kita dalam bertransaksi tidak sampai digunakan oleh orang-orang yang tak bertanggung jawab.

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top