Alibaba Group Laporkan Kinerja Keuangan yang Kuat, Pendapatan Naik sebesar 38%

Published: 17 Feb 2020, oleh en19ma

Fakta Penting

• Pendapatan tumbuh sebesar 38% secara YoY; EBITDA yang disesuaikan tumbuh sebesar 37% secara YoY
• Konsumen aktif tahunan mencapai 711 juta, didorong oleh upaya berkelanjutan untuk akuisisi pengguna baru
• Bisnis komputasi awan terus memimpin pasar Tiongkok; untuk pertama kalinya melampaui pendapatan sebesar RMB10 miliar dalam satu kuartal.
• Lazada mencatatkan peningkatan jumlah pesanan per kuartal sebesar 97% secara YoY dan jumlah penjual aktif per kuartal naik hingga 2 kali lipat secara YoY

Alibaba Group Holding Limited (NYSE: BABA dan HKEX: 9988, “Alibaba” atau “Alibaba Group”) per 13 Februari 2020 lalu telah mengumumkan laporan keuangan untuk kuartal yang berakhir pada tanggal 31 Desember 2019.

“Alibaba Group mencatatkan pertumbuhan yang pesat sepanjang kuartal lalu,” ujar Daniel Zhang, Chairman dan Chief Executive Officer of Alibaba Group. “Ekonomi digital kami mencapai tingkatan yang baru, dengan kembali mencatatkan rekor baru pada 11.11 Global Shopping Festival untuk para seller dan mitra kami. Investasi yang terus kami tanamkan untuk user engagement, khususnya melalui konten social commerce, berkontribusi pada peningkatan [yang] signifikan pada jumlah konsumen aktif tahunan. Sebagai hasil dari pertumbuhan pesat ini, untuk pertama kalinya, layanan-layanan komputasi awan [milik] kami menghasilkan pendapatan [yang] lebih dari RMB10 miliar dalam satu kuartal. Sebagai respon kami terkait virus korona baru, kami memobilisasi kekuatan perdagangan dan teknologi di ekosistem Alibaba untuk mendukung upaya memerangi wabah ini, memastikan pasokan kebutuhan sehari-hari untuk komunitas pengguna kami,dan menghadirkan upaya-upaya praktis untuk meringankan beban para seller kami. Di masa lalu, sekarang, dan masa depan, kami teguh pada misi kami dan kami akan mendukung para seller kami untuk bersama-sama mengatasi tantangan ini.”

Untuk lebih lanjutnya, bacalah pernyataan dari Daniel Zhang di tautan ini.

“Pencataan saham di Bursa Efek Hong Kong pada bulan November berjalan dengan sukses dan berhasil mencatatkan kinerja yang kuat di kuartal ini, dengan pendapatan tumbuh [sebesar] 38% [secara] YoY (year-over-year) dan EBITDA yang disesuaikan tumbuh [sebesar] 37% [secara] YoY,” jelas Maggie Wu, Chief Financial Officer Alibaba Group. “Ke depannya, kami akan terus berinvestasi di infrastruktur dan layanan-layanan digital, mendukung para pelanggan dan mitra di seluruh digital ekonomi Alibaba, khususnya dalam periode yang penuh tantangan ini.”

Kilas Bisnis di Kuartal yang Berakhir per 31 Desember 2019

Kilasan Kinerja Keuangan

Pertumbuhan Jumlah Pengguna dan User Engagement

Bisnis Cloud Terus Memimpin Pasar

Pertumbuhan Kuat di Pasar Global

Layanan Konsumen Lokal Tumbuh Didorong Sinergi di Digital Ekonomi Alibaba

Tumbuhnya Adopsi Penjual di Cainiao Network

Media dan Hiburan Digital

Untuk lebih ringkasnya, simaklah infografik di bawah ini.

Untuk lebih lengkapnya, kunjungilah tautan ini untuk membaca siaran pers mengenai laporan keuangan tersebut.

Tentang Alibaba Group

Misi Alibaba Group adalah mempermudah cara berbisnis di mana pun. Perusahaan bertujuan untuk membangun infrastruktur perdagangan untuk masa depan, dengan visi bahwa para konsumennya akan bertemu, bekerja, dan hidup di Alibaba, dan perusahaan akan berkarya setidaknya selama 102 tahun.

Tags

news laporan keuangan teknologi alibaba alibaba group alibaba cloud cloud bisnis perusahaan internasional global lazada e-commerce

Share Artikel