NEWS

Alibaba Cloud Akselerasikan Transformasi Digital Adira Finance, JNE Express & MNC Group di Indonesia

Conny   16 Jan 2020
Alibaba Cloud Akselerasikan Transformasi Digital Adira Finance, JNE Express & MNC Group di Indonesia

Dalam rangka mendorong pengembangan transformasi digital di Indonesia, Alibaba Cloud, tulang punggung intelegensi data Alibaba Group, telah mengumumkan proyek-proyek terbaru dengan Adira Finance, perusahaan multi finansial terkemuka; JNE Express, perusahaan logistik terbesar di Indonesia; dan MNC Group, perusahaan media ternama di Indonesia.

Pada kesempatan yang sama, Alibaba Cloud, sebagai penyedia layanan cloud terkemuka, telah meluncurkan ‘Partner Alliance Program’ atau Program Aliansi Mitra. Sebuah inisiatif yang melibatkan lebih dari 40 mitra ekosistem, termasuk di dalamnya adalah dua perusahaan telekomunikasi terbesar di Indonesia –Indosat Ooredoo dan Telkom Indonesia. Ada pun aliansi ini ditujukan untuk mempromosikan adopsi pengunaan cloud dan intelegensi data pada berbagai macam bisnis dengan berbagai skala.


Selina Yuan, President of International Business, Alibaba Cloud Intelligence, dalam konferensi pers Alibaba Cloud Day: Digitise Indonesia (16/01/2020) di Jakarta

Pengumuman peluncuran ini dilangsungkan pada acara Alibaba Cloud Day Indonesia 2020 per hari ini, tanggal 16 Januari 2020, yang dihadiri oleh lebih dari 2.000 perwakilan organisasi industri, termasuk pemangku kepentingan, developers dan insinyur dari perusahaan berskala besar, UKM, dan start-up.

“Kami sangat bangga dapat mendukung pelanggan, seperti Adira Finance dan JNE, dengan menyediakan pengetahuan dan pengalaman teknologi dalam digitalisasi yang dapat membantu mereka dalam mengakselerasikan pertumbuhan bisnisnya,” kata Selina Yuan, President of International Business, Alibaba Cloud Intelligence.

“Menyaksikan semakin banyak perusahaan sektor tradisional mulai mengeksplorasi cloud dan intelegensi data untuk mencapai peluang pertumbuhan yang baru merupakan hal yang sangat menggembirakan bagi kami. Karena alasan itulah, kami meluncurkan ‘Partner Alliance Program’ ini; dengan dukungan mitra lokal kami, seperti Indosat Ooredoo dan Telkom Indonesia, kami berkomitmen untuk memfasilitasi inisiatif transformasi digital sebagaimana dicanangkan oleh Pemerintah Indonesia,” tambahnya.


Edy Salim, VP of IT Planning and Architecture, Adira Finance, dalam konferensi pers Alibaba Cloud Day: Digitise Indonesia (16/01/2020) di Jakarta

Dengan memanfaatkan solusi hybrid cloud komprehensif Alibaba Cloud –termasuk layanan komputasi elastis (ECS) bersertifikasi SAP serta layanan dalam jaringan, database, dan keamanan– Adira Finance mengerahkan aplikasi bisnis kritisnya pada Alibaba Cloud guna mempercepat ekspansi bisnis dengan biaya yang efisien. Hasilnya, penurunan latensi yang signifikan tercatatkan di portal bisnis online-nya.

“Ke depannya, Adira Finance berharap untuk terus meningkatkan solusi layanan dari Alibaba Cloud untuk memaksimalkan rencana bisnis kami serta menjadi lebih adaptif dalam kemampuan untuk melayani beragam kebutuhan pelanggan di seluruh Indonesia. Selain itu, Adira Finance berharap untuk melanjutkan transformasi digitalnya bersama Alibaba Cloud,” kata Edy Salim, VP of IT Planning and Architecture, Adira Finance.

Untuk memastikan penanganan jutaan paket yang tepat waktu, aman, dan efisien pada setiap harinya, JNE memilih Alibaba Cloud untuk sistem manajemen datanya di cloud, serta layanan keamanan untuk penyebaran aplikasi kritis, termasuk mobile app “My JNE.” Selain itu, sumber daya komputasi elastis Alibaba Cloud yang dapat meningkatkan atau menurunkan kapasitas berdasarkan volume real-time pengerjaan pengiriman, memungkinkan JNE untuk menangani permintaan pada saat peak-time dengan jauh lebih efektif.


(ki-ka) Leon Chen, Head of Alibaba Cloud Indonesia; Selina Yuan, President of International Business, Alibaba Cloud Intelligence; Edy Salim, VP of IT Planning and Architecture, Adira Finance

“Dengan memanfaatkan sumber daya cloud terbaru Alibaba Cloud, kami dapat menjaga sistem penanganan data yang aman dan berkelanjutan, hal ini sangat penting bagi kami dalam memastikan pengiriman yang berkesinambungan dan tepat waktu,” kata Arief Rahardjo, Vice President of ICT, JNE Express. “Kami berharap dapat bekerja lebih dekat lagi dengan Alibaba Cloud untuk mendorong transformasi digital pada bisnis pengiriman di masa depan.”

Untuk memenuhi dinamisme persyaratan penawaran konten media digital di seluruh aplikasi seluler, situs livestreaming, dan portal e-commerce, MNC Group memanfaatkan solusi media Alibaba Cloud yang mencakup penyimpanan cloud, jaringan, keamanan, dan layanan SMS untuk memastikan pengalaman menonton yang lancar bagi penonton bahkan saat peak time. Secara khusus, solusi livestreaming eksklusif milik Alibaba Cloud, “ApsaraVideo Live,” digunakan untuk memungkinkan siaran langsung dengan teknologi definisi tinggi narrowband. Selama Asian Games 2019 Asia Tenggara, jaringan global Alibaba Cloud dan ApsaraVideo Live mendukung MNC dengan dilangsungkannya live streaming seluruh pertandingan.


Talkshow dengan moderator dan para panelist, (ki-ka) Jessie Yu, Senior Product Lead, Alibaba Cloud Intelligence International; Edy Salim, VP of IT Planning and Architecture, Adira Finance; Edwad Ji, Managing Director, ASEAN Technology for Communications, Media, Technology, Accenture; Ferdinand Gunawan, Corporate Planning Strategic Management and Corporate IT Div Head, Daya Group; pada acara Alibaba Cloud Day Indonesia 2020 (16/01/2020) di Jakarta

“Solusi media Alibaba Cloud membantu MNC dalam memastikan setiap konten dikirimkan kepada pengguna dengan lancar, bahkan untuk beberapa pengguna dengan bandwidth rendah,” kata CTO MNC Group, Yudi Hamka. “Dengan memanfaatkan solusi digital dan cloud Alibaba Cloud yang terbaru, kami berencana untuk terus mengembangkan jangkauan pengguna kami untuk pemirsa lainnya di luar Indonesia, termasuk Asia Tenggara dan sekitarnya.”

Untuk mendorong adopsi teknologi terbaru cloud dan intelegensi data secara lebih banyak lagi pada perusahaan-perusahaan, Alibaba Cloud terus memperluas ekosistemnya di Indonesia. Dengan bergabungnya Indosat Ooredoo dan Telkom Indonesia pada ‘Partner Alliance Program’ ini, Alibaba Cloud telah bekerjasama dengan lebih dari 40 mitra lokal di berbagai sektor di Indonesia. Dengan menawarkan produk dan solusi yang disesuaikan, workshop teknologi, layanan konsumen lokal, dan konsultasi TI, program ini ditujukan untuk mempercepat perjalanan pemberdayaan teknologi untuk berbagai bisnis di Indonesia.

“Ini langkah yang baik untuk meningkatkan kemitraan antara Alibaba Cloud dan Indosat Ooredoo. Kami akan memiliki lebih banyak lini produk untuk solusi cloud dan data untuk melayani pelanggan Enterprise dan SME untuk mendukung pertumbuhan bisnis berkelanjutan mereka. Dengan kolaborasi ini, Alibaba Cloud dan Indosat Ooredoo akan menjadi pilihan utama untuk solusi IT bagi perusahaan dan UKM di Indonesia,” kata Vikram Sinha, Direktur & Chief Operating Officer Indosat Ooredoo.


Alibaba Cloud Meluncurkan “Partner Alliance Program,” (ki-ka) Selina Yuan, President of International Business, Alibaba Cloud Intelligence; Vikram Sinha, Director and Chief Operating Officer, Indosat Ooredoo; Priyono, Executive Vice President Wholesale Service Division, Telkom Indonesia

“Kami bersemangat untuk bekerjasama [dengan] Alibaba Cloud di Indonesia. Kami terus berusaha untuk memberikan pengalaman pelanggan yang terbaik melalui hub digital global kami yang diprakarsai oleh teknologi cloud terbaru. Kami percaya melalui kemitraan dengan Alibaba Cloud, kami dapat mencapai misi kami tersebut,” kata Ir. Priyono, M.T, Executive Vice President Divisi Wholesale Service, Telkom Indonesia.

Melayani 20 wilayah dengan 61 availability zones secara global, Alibaba Cloud telah meraih peringkat sebagai penyedia layanan cloud public nomor satu di APAC, dan nomor tiga secara global menurut Gartner. Untuk memenuhi meningkatnya permintaan transformasi digital dari pelanggan, Alibaba Cloud telah membangun dua data center di Indonesia serta bekerja dengan mitra lokal untuk memberikan solusi yang khusus untuk setiap industri. Diprakarsai oleh teknologi cloud dan intelegensi data, Alibaba Cloud telah mendukung bisnis di Indonesia dengan jaringan back-end yang aman, kuat dan skalabel, serta teknologi intelegensi data.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai bagaimana Alibaba Cloud mendukung pelanggan lokal di Indonesia, kunjungi: https://id.alibabacloud.com/inidforid.

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top