REVIEW

Alasan Smartphone Android Lebih Murah daripada iPhone

Dikdok   31 Jan 2018
Alasan Smartphone Android Lebih Murah daripada iPhone

Sistem operasi Android dan iOS pada saat ini telah merajai pasar smartphone di berbagai belahan dunia. Namun, di tengah-tengah dominasi dari kedua sistem operasi tersebut, ada pertanyaan yang masih cukup sering untuk ditanyakan, yakni mengapa smartphone Android bisa lebih murah jika dibandingkan dengan iPhone?

Ya, jika dibandingkan secara sederhana, maka kedua sistem operasi tersebut memiliki kesamaan yang cukup banyak. Android mau pun iOS sama sama dibekali oleh layar sentuh, kamera, RAM untuk memacu kinerja smartphone, serta ruang penyimpanan untuk menyimpan data. Lalu, apakah yang bisa menjadikan perbedaan harga yang begitu jauh di antara keduanya?

Alasan utamanya ternyata ada di sistem operasi yang digunakan oleh kedua pengembang itu sendiri. Sistem operasi Android lah yang membuat harga smartphone Android menjadi murah, sedangkan sistem operasi iOS lah yang membuat harga iPhone juga jadi menjulang dengan tinggi.

Lalu, muncul sebuah pertanyaan lagi, bagaimana sebuah sistem operasi bisa mempengaruhi harga sebuah smartphone?

Hal tersebut ternyata bisa saja untuk terjadi, karena sistem operasi Android memang dibuat agar bisa dikembangkan dengan bebasnya.

Sistem operasi Android yang dibuat secara bebas (open source) menyebabkan banyak vendor jadi bisa mengembangkan sistem operasi dengan sentuhan khasnya masing-masing yang dirasa sesuai. Hal tersebut juga berimbas pada banyaknya vendor smartphone yang mengeluarkan Android dengan berbagai tipe tertentu. Dikarenakan penggunaan sistem operasi gratis inilah yang membuat harga smartphone berbasis Android yang ditawarkan oleh vendor smartphone menjadi relatif lebih murah jika dibandingkan dengan sistem operasi lainnya. Namun, selain itu, kemudahan untuk menggunakan Android pun malah menyebabkan sistem operasi ini menjadi lebih rentan terhadap virus.

Hal yang berbeda tentunya dialami oleh iOS yang hanya eksklusif dikembangkan dan dimiliki oleh iPhone. Dengan eksklusifitas yang dimilikinya ini, juga menyebabkan sistem operasi iOS menjadi lebih kuat terhadap bahaya virus yang ada.

Namun, hal tersebut bukanlah mengartikan bahwa sistem operasi Android menjadi lebih buruk jika dibandingkan dengan iPhone. Dengan kemudahan untuk memperoleh dan memodifikasinya, jadi menyebabkan para pengguna Android jadi lebih bisa berkreasi jika dibandingkan dengan pengguna iPhone. Selain itu, dengan harga yang lebih terjangkau, juga membuat sistem operasi Android jadi cukup digemari oleh masyarakat.

Nah, itulah alasan yang menjadikan smartphone Android bisa lebih murah jika dibandingkan dengan iPhone. Semua pertimbangan sudah diberikan, keputusannya sekarang adalah terserah pada kalian untuk memilih!

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top