istanbul escortsistanbul escortsistanbul escortsistanbul escortsistanbul escortsistanbul escortsistanbul escortsistanbul escortsistanbul escortsistanbul escorts
istanbul escortsistanbul escortsistanbul escortsistanbul escortsistanbul escortsistanbul escortsistanbul escortsistanbul escortsistanbul escortsistanbul escorts
istanbul escortsistanbul escortsistanbul escortsistanbul escortsistanbul escortsistanbul escortsistanbul escortsistanbul escortsistanbul escortsistanbul escorts
istanbul escortsistanbul escortsistanbul escortsistanbul escortsistanbul escortsistanbul escortsistanbul escortsistanbul escortsistanbul escortsistanbul escorts
porno izleporno izleporno izleporno izleporno izlepornopornopornopornopornopornopornoporniocoolpornpornspotsex pornosex pornosex pornosex hikayesex hikaye
NEWS

Compas.co.id Ungkap Nilai Penjualan E-Commerce Sektor FMCG 2023 Capai Rp57,6 Triliun

Vent Fleur   15 Jan 2024
Compas.co.id Ungkap Nilai Penjualan E-Commerce Sektor FMCG 2023 Capai Rp57,6 Triliun

Melalui rilis pers terbarunya, situs Compas.co.id membeberkan data yang memperlihatkan bahwa E-Commerce sektor Fast Moving Consumer Goods atau FMCG mengalami peningkatan positif yang signifikan, di mana pada 2012 terdapat 23,1 juta konsumen, dan terus meningkat hingga 2022 mencapai 70,5 juta konsumen. Tren peningkatan ini juga terbawa hingga 2023. Melalui FMCG Report 2023 di laman Compas.co.id, nilai penjualan di 2023 telah mencapai 57,6 Triliun Rupiah.

Hanindia Narendrata selaku Co-Founder & CEO Compas.co.id mengungkapkan dengan menggunakan metode crawling yang merekam seluruh transaksi di e-commerce secara near real-time, Compas.co.id menemukan bahwa nilai penjualan meningkat tipis 1.03% atau meningkat Rp 576 miliar dibanding tahun lalu yang mencapai Rp 57,02 triliun. Jumlah transaksi juga turut meningkat, mencapai 1,56 juta transaksi meningkat 2,75% atau bertambah sekitar 42 juta transaksi dibanding tahun lalu.

Melalui FMCG Report Compas.co.id tersebut, diketahui juga bahwa sektor FMCG telah menghasilkan nilai penjualan terbesar pada kuartal empat yang mencapai Rp16,2 triliun, kemudian diikuti dengan nilai penjualan di kuartal 1 dengan Rp14,8 triliun, kuartal 2 Rp13,5 triliun, dan kuartal 3 yang menghasilkan Rp13 triliun.

Nilai penjualan ini juga dibedah lebih dalam pada FMCG Report tersebut, yang menerangkan bahwa kontribusi setiap kategori dari nilai penjualan Rp57,6 Triliun, dikuasai oleh kategori perawatan dan kecantikan yang menymbang 49% atau sekitar Rp28,2 triliun. Kemudian disusul makanan dan minuman dengan 20,4% atau Rp11,8 triliun, kesehatan 18,7% atau senilai Rp10,7 triliun, dan terakhir kategori ibu dan bayi dengan 11,9% atau senilai Rp6,8 triliun.

Narendrata sendiri menambahkan bahwa pembahasan 4 kategori FMCG di 2023 ini cukup menarik, karena ada beberapa yang tumbuh cukup signifikan, dan ada beberapa penurunan. Pada kategori kecantikan dan perawatan naik 16% atau meningkat Rp3,8 triliun dibandingkan tahun lalu. Sementara pada kategori makanan dan minuman naik 9% atau meningkat Rp932 juta dibandingkan tahun lalu. Selanjutnya semakin menarik, sebab kenaikkan pada kategori kecantikan dan perawatan ditopang oleh produk parfum yang nilai penjualannya mencapai Rp2,6 triliun atau meningkat 9% dibanding tahun sebelumnya, sedangkan pada kategori makanan dan minuman, makanan beku menjadi produk yang paling diminati dengan nilai penjualan mencapai Rp1,1 triliun atau meningkat 9% dari tahun sebelumnya.

Ia melanjutkan lebih rinci bahwa fenomena ini berpotensi sebagai hasil dari beberapa faktor yang terjadi pada 2022 dan 2023. Sebagai contoh, terdapat peningkatan yang signifikan dalam penjualan parfum pada 2023, yang diduga disebabkan oleh kemunculan merek lokal yang mampu bersaing dengan merek global. Di sisi lain, pertumbuhan makanan beku dipercaya sebagai akibat dari perubahan perilaku konsumen selama pandemi, di mana banyak orang menyimpan makanan dalam cold storage untuk dikonsumsi di masa mendatang. Tren ini nampaknya masih berlanjut, meskipun Indonesia telah secara resmi memasuki masa endemi pada pertengahan 2023. Kebiasaan baru yang terbentuk, ditambah dengan kenyamanan yang ditawarkan, menjadi nilai tambah yang bermanfaat bagi masyarakat Indonesia.

Pada kategori ibu dan bayi mengalami penurunan sebesar 2% atau senilai Rp81 juta dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Fenomena boikot produk memberikan dampak yang cukup signifikan. Penurunan yang lebih terasa di kategori kesehatan, dengan penurunan sebesar 12% atau senilai Rp1,2 triliun. Pengumuman mengenai masa endemi diperkirakan menjadi penyebab terjadinya penurunan kesadaran penggunaan alat-alat pendukung kesehatan pada 2023.

“Pada perilisan kali ini kami tidak hanya semata-mata memberikan informasi performa secara umum kepada publik, namun kami juga memberikan data terperinci, sehingga kami berharap dapat memberikan manfaat dan membantu bagi para pemilik brand dalam mengevaluasi dan benchmarking dengan industri. Karena kami juga memberikan informasi seperti market share dari beragam jenis produk, kaleidoskop kejadian-kejadian penting dan mempengaruhi e-commerce di tahun 2023, dan juga informasi mengenai TikTok Shop,” ungkap Narendrata.

FMCG Report 2023 juga menyajikan proyeksi data untuk 2024, di mana Compas.co.id memperkirakan akan terjadi peningkatan sekitar 3% dalam nilai penjualan menjadi sekitar Rp58,3 triliun pada tahun politik ini. FMCG Report 2023 Free Version telah dirilis oleh Compas.co.id pada 10 Januari 2024, dan dapat diunduh secara gratis di situs Compas.co.id selama dua minggu ke depan.

“Manfaatkan kesempatan ini untuk mendapatkan informasi yang dapat membantu para pemilik brand dalam membuat strategi dan mengambil keputusan di tahun 2024 berdasarkan data,” tutup Narendrata.

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top