LOADING
TRIK

Akun Facebook Dibajak? Lakukan 5 Cara ini untuk Mengembalikannya!

Ayu Handayani   27 Jun 2017
Akun Facebook Dibajak? Lakukan 5 Cara ini untuk Mengembalikannya!

Di zaman modern seperti saat ini, semua orang rasanya sudah memiliki akun Facebook. Kalian pun bisa meng-update informasi dan bertukar pesan lewat Facebook. Tak heran, banyak orang yang bakal menjadi panik ketika akun Facebook miliknya sampai di-hack oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Hal ini dikarenakan adanya foto-foto pribadi, banyak pesan, dan kontak-kontak lainnya yang sudah kalian susun demi tersimpan dengan rapi dalam akun Facebook tersebut.

Facebook yang di-hack mungkin akan menjadi membahayakan, terlebih jika malah berujung pada kasus penipuan terhadap orang-orang terdekat dari kalian dan bisa jadi menciptakan hoax yang tidak kalian inginkan sama sekali. Kalian tentunya tidak bakal mau untuk bertanggung jawab atas hal-hal tersebut, bukan? Nah, jika hal-hal itu sampai terjadi padamu, janganlah langsung merasa panik. Beginilah cara untuk mengatasinya.

Langkah pertama: Ganti password

  1. Bukalah Facebook pada PC atau pun laptop. Pilihlah Menu, berlanjut ke Settings, lalu klik Account Settings > General > Password.

Jika kalian menggunakan Facebook versi iOS, pilihlah Menu > Settings > Account Settings > General > Password.

Jika kalian menggunakan versi Android maka tidaklah akan berbeda dengan versi iOS, namun tombol Menu akan ada pada kanan atas.

  1. Masukkanlah password lama dan baru.
  2. Perkuat akun Facebook lewat opsi Privacy Settings > Account Settings.

Langkah Kedua: Reset password

  1. Jika hacker nyatanya sudah berhasil melakukan login dan mengganti password akun Facebook kalian. Lakukan klik pada Forgot your password, lalu cantumkanlah alamat e-mail yang sebelumnya pernah kalian daftarkan.
  2. Jika kalian ternyata tidak bisa melakukan reset password, cobalah untuk melakukan klik pada No longer have access to these?

Langkah Ketiga: Laporkan akun Facebook yang telah di-hack

Masuklah ke bagian Report it as compromised.

Langkah Keempat: Kabari teman-temanmu

Kabarilah teman-temanmu untuk mengantisipasi apabila ada permintaan-permintaan yang terasa aneh dari akun Facebook kalian.

Langkah Kelima: Hapus aplikasi-aplikasi yang mencurigakan

Ketahuilah bahwa akun Facebook kalian ternyata juga bisa diretas oleh pihak-pihak yang sebenarnya bukanlah manusia saja, lho. Melainkan juga bisa oleh bot. Untuk menanggulangi kemungkinan itu, lakukan uninstall pada aplikasi-aplikasi terkait akun Facebook kalian yang dirasa mencurigakan.

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
Dirgahayu Republik Indonesia
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top