Melalui brand Yummybox, PT Kuliner Digital Sejahtera yang bergerak di bidang penyediaan layanan makan siang online berupaya memperkuat eksistensi di industri kuliner Indonesia dengan mengumumkan pengakuisisian Berrykitchen, pelopor layanan katering online terbesar di Indonesia, secara resmi. Selaku CEO Yummy Corp, Mario Suntanu pada acara buka puasa bersama dengan pihak media, Rabu (29/5), menyebutkan bahwa Yummybox sendiri telah hadir sejak awal tahun 2017 dan merupakan bagian dari Yummy Corp yang bermitra strategis dengan Ismaya Group, brand Lifestyle F&B terkemuka dengan pengalaman lebih dari 15 tahun di industri kuliner Indonesia.
Mario Suntanu, CEO Yummy Corp
Yummy Corp menawarkan empat layanan utama, yaitu ”Food Service Management” untuk mengelola makanan karyawan secara keseluruhan pada setiap harinya dan “White Label Outlets” untuk layanan outlet mau pun kafe yang dapat disesuaikan dengan identitas mau pun brand dari perusahaan masing-masing. Selain itu, juga ada “Yummybox” sebagai konsep meal box yang dihadirkan untuk makan siang praktis pada tiap harinya hingga kebutuhan meeting perusahaan, dan yang terbaru adalah “Yummy Kitchen” dimana Yummy Corp membangun beberapa brand sendiri mau pun bekerjasama dengan brand lain untuk menghadirkan makanan siap saji dengan pemesanan melalui kanal digital.
Perlu diketahui, sejak didirikan pada tahun 2016 lalu, Yummy Corp telah melayani berbagai korporasi dengan layanan utama mereka untuk menjawab permintaan yang tinggi akan makanan dengan cita rasa nikmat yang dipadu dengan layanan berkualitas tinggi yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan korporasi yang berbeda-beda. Beberapa klien yang telah mempercayakan Yummy Corp untuk mengelola makanan untuk kantor mereka, di antaranya termasuk Unilever, Wings, Ascott hingga Kedutaan Besar Amerika Serikat.
Mario Suntanu mengatakan, “Kami melihat potensi yang masih sangat besar dari industri kuliner online Indonesia, [pengakuisisian] ini merupakan tahap awal [bagi] kami untuk memperkuat positioning di pasar serta menghadirkan pengalaman baru bagi para pekerja untuk memperoleh makan siang dengan kualitas dan rasa terbaik. Kami bertemu mitra Berrykitchen yang memiliki visi yang sama. Yummy Corp lalu menggabungkan Berrykitchen ke dalam grup kami."
Ivan De Putra, Operations Director Yummy Corp
Sementara Berrykitchen yang telah beroperasi sejak tahun 2012 lalu sudah berpengalamanan dalam melayani ratusan ribu pelanggan yang sebagian besar adalah kalangan pekerja profesional di Jabodetabek dan terus bertumbuh hingga memperoleh investasi seri A dari Sovereign’s Capital di tahun 2015. Ivan De Putra, Operations Director Yummy Corp yang sebelumnya menjabat sebagai COO dan Co-Founder Berrykitchen, menyatakan bahwa sebelum memutuskan untuk bergabung dengan Yummy Corp, pihaknya memastikan adanya tiga syarat yang bisa terpenuhi. Ketiga syarat itu, yaitu kesamaan visi dan misi, adanya sinergi yang memperkuat, dan kemampuan untuk memberikan pengalaman dan pelayanan yang lebih baik kepada pelanggan. “Ternyata setelah berdiskusi, ketiga syarat itu terpenuhi. Sejauh ini, dari proses migrasi Berrykitchen ke Yummybox, belum ada customer yang complain tentang rasa [produk] kita,” ujarnya.
Dengan pengakuisisian ini, Berrykitchen sejak pertengahan April 2019 telah melebur menjadi Yummybox yang hadir dalam bentuk aplikasi mobile dan tersedia di platform Android dan IOS untuk lebih memudahkan para pekerja dalam melakukan pemesanan makan siang mereka. Kehadiran Yummybox ditujukan menjadi solusi bagi para pekerja untuk makan siang dengan mudah. Para pekerja ini dapat memilih makan siang melalui aplikasi mobile hingga pukul 10 malam di hari sebelumnya demi bisa menikmati makan siang yang secara langsung diantarkan ke kantor mereka, tanpa biaya pengantaran!
Yummybox juga menyediakan berbagai fitur menarik untuk menjawab kebutuhan para pekerja, seperti FOOD PLAYLIST, dimana pelanggan tidak perlu berpusing ria demi memilih makanan pada setiap harinya. Cukup dengan melakukan satu kali order, maka fitur ini akan menyediakan makan siang dalam kurun waktu 5 atau 10 hari kerja. Menariknya, Food Playlist dapat dipilih sesuai dengan mood atau pun kebutuhan pelanggan, seperti pilihan menu budget, premium, healthy, internasional mau pun pilihan food playlist spesial dengan tema tertentu, seperti Ramadan dan Ulang Tahun Jakarta. Fitur lainnya, seperti SKIP, juga memudahkan pekerja dengan mobilitas tinggi. Jika mereka mendadak harus meeting ke luar kantor, cukup dengan mengaktifkan fitur ini sebelum pukul 10 pagi di hari pengantaran, maka Yummybox tidak akan mengantarkan makan siang mereka agar tidak sampai terbuang sia-sia.
“Yummybox sangat memperhatikan pengalaman pelanggan dari setiap sisi. Sejak order, proses memasak hingga pengantaran. Bahkan, kami memiliki tim R&D sendiri untuk memastikan menu makanan yang hadir tiap harinya selalu bervariasi,” ungkap Raetedy Refanatha, Marketing Director Yummybox. Seluruh makanan yang disajikan Yummybox diproduksi sendiri dari Central Kitchen. Hal ini juga merupakan salah satu faktor yang membedakan mereka dengan kompetitor sejenis. Dengan proses produksi sendiri di bawah supervisi Chef yang berpengalaman dan operasional yang tersertifikasi HACCP, mereka memastikan kualitas tinggi makanan dapat dikontrol sesuai standar Yummybox.
Raetedy Refanatha, Marketing Director Yummybox
Tidak hanya mengejar pasar retail, Yummybox pada saat ini juga telah melayani puluhan korporat yang menyediakan makan siang bagi karyawan mereka. “Ke depannya, kami akan terus berinovasi baik dari sisi menu makanan, fitur mau pun operasional untuk memuaskan tiap pelanggan dan mengejar pertumbuhan hingga 5000 order per hari di tahun ini. Target market kita bisa terbagi antara ritel dan korporat. Keduanya sama-sama penting bagi Yummybox,” pungkas Raetedy.