NEWS

Ajang Penghargaan Website Pertama di Indonesia, IWA Umumkan 3 Website Terbaik di Tahun 2017

Conny   10 Feb 2018
Ajang Penghargaan Website Pertama di Indonesia, IWA Umumkan 3 Website Terbaik di Tahun 2017

Bertempat di EvHive Plaza Kuningan (Jakarta), Exabytes Indonesia (https://www.exabytes.co.id) –yang merupakan bagian dari Exabytes Group, salah satu penyedia layanan solusi digital terbesar di Asia Tenggara– sukses menyelenggarakan ajang penghargaan website bergengsi, yaitu Indonesia Website Awards (IWA) 2017, yang didekasikan khusus bagi pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM) digital di Indonesia pada tanggal 8 Februari 2018.

Bertujuan untuk mengapresiasi kinerja serta kreativitas dari para web developer, web designer, serta pemilik UKM digital di Indonesia, IWA 2017 merupakan ajang penghargaan website pertama di Indonesia, dimana sebelumnya Exabytes telah mengadakan acara serupa selama 3 tahun berturut-turut di Malaysia. Melalui IWA 2017, yang mulai dilangsungkan bertepatan dengan berdirinya Exabytes Indonesia di tahun 2017, Exabytes akan secara konsisten memberikan penghargaan dan apresiasi kepada para pengembang dan perancang website setiap tahunnya, yang mana diharapkan akan terus mendorong kreativitas, meningkatkan kualitas serta daya saing terutama di era digital sekarang ini.

IWA sendiri berawal dari pemikiran mengenai tidak adanya penghargaan yang dianugerahkan secara khusus di industri digital seperti halnya yang kerap dilakukan pada industri musik dan industri film. Begitulah yang dituturkan oleh Indra Hartawan, Country Manager Exabytes Indonesia. Ketika ditanya bagaimana IWA bisa meningkatkan kualitas dan kompetisi di Industri Digital, beliau mengatakan, ”Saat kita mengunjungi sebuah website, kita sering lupa [bahwa] ada orang di belakang layar yang membuat website itu menarik dan mudah dipahami. IWA bermaksud untuk memberikan penghargaan kepada orang tersebut agar dapat terus berkarya lebih baik lagi, dan terus memperbaiki website-nya dari waktu ke waktu.”


Indra Hartawan, Country Manager Exabytes Indonesia

Sebagai acara penghargaan website pertama di Indonesia, Exabytes Indonesia juga ingin mengajak dan merangkul lebih banyak pelaku UKM di Indonesia untuk mulai Go Digital, dimana penting bagi mereka untuk memiliki website sendiri. Menambahkan alasan pentingnya mempunyai sebuah website, Indra Hartawan menjelaskan, “Website dan nama domain merupakan dua hal penting yang harus dimiliki UKM untuk dapat memperluas pemasaran produknya secara onlline, sekaligus merupakan identitas online mereka. UKM yang memiliki website sendiri dapat meningkatkan branding mereka di internet karena sebagian besar transaksi yang terjadi sudah secara online.”

Tidak hanya itu, acara bergengsi yang diikuti oleh sebanyak lebih dari 600 nominator, mendapatkan vote sebanyak 3.600 kali serta diikuti oleh 27.000 unique viewers, dan mencapai lebih dari 89.000 impression ini pun didukung oleh beberapa pakar industri digital yang ternama, seperti:

  • Dickie Widjaja, CIO PT Investree Radika Jaya
  • Doan Lingga, Data Practitioner
  • Olivia Lautner, Associate Country Manager Carousel Indonesia
  • Andry Chowanda, Head of Program of Game Application Technology BINUS University
  • Fajar Budiprasetyo, Co Founder & CTO HappyFresh Indonesia
  • Toshi Eriji, Founder of WACA Singapore
  • Laksamana Mustika, Chief Executive Officer Djaring.id

Dalam IWA 2017, para peserta bersaing untuk memperebutkan berbagai penghargaan sesuai kategorinya masing-masing, yaitu kategori Personal, kategori Commercial/UKM, dan kategori e-Commerce.

Dengan menyoroti berbagai aspek yang ada dari website para nominator, seperti konten yang diusung, desain secara keseluruhan, perfomance yang baik serta aksesibilitas yang mudah, hingga keberadaan dari SEO (Search Engine Optimization) supaya gampang untuk dicari oleh user-user yang ditargetkan, penghargaan yang diberikan pada IWA 2017 adalah Site of the Month Awards, Public’s Favorite Website Awards, dan pemenang utama, yakni Site of the Year Awards di masing-masing kategori. Di tahun pertamanya, Ajang Penghargaan IWA tergolong kompetitif dimana ada sebanyak 120 hingga 150 peserta yang mendaftarkan diri untuk mengikuti IWA pada setiap bulannya.

Berikut adalah Pemenang Situs Terbaik Tahun ini (Grand Prize) untuk Site of the Year Awards 2017:


PERSONAL CATEGORY
- Ublik (http://ublik.id/)


COMMERCIAL CATEGORY
- Artforia (https://artforia.com/)


E-COMMERCE CATEGORY
- Pink Petals Indonesia (http://www.pinkpetals.id/)

Dalam penyelenggaraan IWA 2017 kali ini, Exabytes Indonesia juga didukung oleh beberapa pihak sponsor yang juga memiliki visi yang sama, seperti EvHive Coworking Space, WACA Singapore, Djaring. id, DOKU, Payoe Printing, dan CloudNine Cakery.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai IWA 2017, kunjungi http://www.iwa.id/2017/.

Artikel Terkait
KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top