REVIEW

Ahri RPG: Poro Farm, Game Imut dengan Karakter League of Legends

Andy Chan   06 Jul 2017
Ahri RPG: Poro Farm, Game Imut dengan Karakter League of Legends

Bagi penggemar League of Legends, tentunya sudah tidak asing lagi dengan sesosok siluman rubah betina cantik berekor sembilan, Ahri. Nah, Doomsday Studio mengambil karakter Ahri ini dari League of Legends dan kemudian menyulapnya jadi sebuah game mobile yang kecil nan imut dengan judul Ahri RPG: Poro Farm. Doomsday Studio sendiri mengatakan bahwa mereka tidak ada urusan atau pun sangkut paut sama sekali dengan Riot Games, yang menciptakan League of Legends. Mereka hanya menggunakan salah satu karakternya saja, yaitu Ahri. Entahlah, hal ini bisa disebut legal atau tidak, ya?

Terlepas dari itu, pemain bakal berperan sebagai sang siluman rubah Ahri dalam Ahri RPG: Poro Farm yang bertugas untuk menyelamatkan dan memelihara para Poro, makhluk yang paling dicintai dari Howling Abyss. Game mobile yang imut ini memiliki tipe permainan yang cukup mudah, namun terbagi menjadi dua mode. Yang pertama adalah mode pemeliharaan Poro, dimana pemain bisa melihat para Poro yang sudah diselamatkan itu berkeliaran di dekat sarang Ahri, dan mereka pun secara otomatis bakal menghasilkan uang. Pemain juga bisa untuk memberikan makanan kepada mereka setiap berapa saat sekali, yang akan membuat para Poro bisa menghasilkan uang dengan sangat cepat.

Mode yang kedua adalah mode action, apabila pemain memilih untuk masuk ke portal, maka gameplay pun akan berubah menjadi sebuah game runner. Ahri akan berlari terus ke arah kanan pada layar, dan akan ada musuh yang menghalanginya untuk mencapai ujung stage. Setiap Ahri menabrak musuh, maka HP-nya akan berkurang, namun musuhnya pun akan terkena damage.

Untuk membantu Ahri dalam membasmi musuh, akan tersedia empat macam skill yang sangat berguna, seperti skill untuk healing, skill untuk menerobos tembakan musuh, skill menembak, dan skill tembakan yang bisa berbalik arah. Semua skill tersebut memiliki waktu cooldown masing-masing, sehingga tidak bisa digunakan secara terus-menerus. Pemainlah yang harus memutuskan kapan saat yang tepat untuk menggunakan skill-skill yang dimiliki oleh Ahri tersebut.

Setiap berhasil menyelesaikan sebuah stage, maka Ahri pun berhasil menyelamatkan satu Poro yang akan meramaikan sarangnya. Semakin banyak stage yang diselesaikan, maka semakin banyak pula Poro-Poro yang ikut tinggal di sarang Ahri. Seperti yang sudah disebutkan, masing-masing Poro akan menghasilkan uang secara periodik. Nah, uang di sini bisa digunakan untuk meng-upgrade kemampuan Ahri, seperti menaikkan HP, damage, armor, dan lain sebagainya.

Yang pasti, akan ada stage yang tidak bisa dilewati oleh Ahri kalau tidak melakukan upgrade dan hal tersebut akan membuat HP-nya habis. Namun, jangan khawatir, karena Ahri sendiri akan mendapatkan experience biar pun stage tersebut gagal dilewati. Dan, setiap naik level, dia akan mendapatkan sebuah kartu yang dapat dipakai untuk meningkatkan stats dan bisa dikoleksi juga. Para Poro juga akan terus menghasilkan uang apabila game-nya ditutup, sehingga tidak perlu memainkan game-nya secara terus-terusan. Dan, pemain pun bisa meng-upgrade skill Horo dengan uang yang sudah dikumpulkan secara periodik untuk bisa menantang stage berikutnya. Uang juga bisa didapatkan dalam stage, tidak hanya dihasilkan oleh Poro saja.

Ahri RPG: Poro Farm ini tampil dengan sangat imut. Animasi dari Ahri yang berlari ala binatang rubah dengan tampilan yang cebol atas dirinya benar-benar menawan. Apalagi, Ahri sendiri memiliki wajah yang imut, dan ketika HP habis pun maka knock-out nya Ahri tetap terlihat manis. Masih ditambah lagi dengan para Poro yang meramaikan sarang Ahri tersebut juga tidak kalah imutnya. Ya, Ahri RPG: Poro Farm memang game mobile yang benar-benar manis.

Game-nya sendiri bisa dimainkan secara free-to-play, tanpa adanya mikrotransaksi atau pun sistem stamina. Pemain hanya akan diganggu sesekali dengan iklan, bahkan kalau tidak mau diganggu iklan, hanya cukup dengan mematikan Internet saja. Semua "bonus" dalam game ini bisa didapatkan dengan menonton video iklan jika memang diinginkan.

Sedikit kekurangan di sini adalah tidak adanya interaksi dengan para Poro di sarang Ahri, kecuali ketika sedang memberikan makanan saja. Padahal, akan sangat lucu kalau pemain bisa menyentuh para Poro, mengangkat-angkat mereka, melempar-lempar mereka, dan mungkin berbagai hal lainnya sebagai interaksi.

Tapi, sebagai sebuah game, Ahri RPG: Poro Farm ini merupakan keimutan yang berlebihan. Cuteness overload, baik dari segi grafis mau pun gameplay. Bagi yang membutuhkan sesuatu yang imut dan menawan, Ahri RPG: Poro Farm ini rasanya pantas untuk berada di jejeran game mobile yang ada di dalam ponsel Anda.

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top