NEWS

Agate & Tahilalats Rambah Pasar Internasional bersama HAGO

en19ma   07 Oct 2020
Agate & Tahilalats Rambah Pasar Internasional bersama HAGO

Agate kini menggandeng Tahilalats untuk merambah pasar internasional melalui kerjasama dengan HAGO. Sebagai sebuah platform social game, HAGO telah diunduh oleh lebih dari 100 juta orang dengan lebih dari 40 juta pengguna di Indonesia. Saat ini, HAGO memiliki lebih dari 100 game yang terdaftar dan juga terklasifikasi berdasarkan content rating dari IGRS (Indonesia Game Rating System). Salah satunya adalah game buatan Agate dan Oolean yang berkolaborasi dengan Tahilalats, yaitu Onet Asli, yang merupakan adaptasi dari game klasik, Onet.

Kerjasama antara HAGO, Agate, Oolean dan Tahilalats ini memungkinkan para pengguna HAGO di Indonesia untuk berkompetisi secara daring pada saat bermain game Onet Asli dengan lawan yang tersebar di berbagai belahan dunia. Hal ini sekaligus dapat memperkenalkan game asal Indonesia ke pasar internasional, karena HAGO memiliki pengguna setia di berbagai belahan dunia, khususnya di Asia. Dedi Suherman, CEO PT Melon Indonesia, menyatakan bahwa inisiatif kerjasama ini membantu membangun dan mengembangkan game lokal agar dapat dikenal dengan baik di pasar lokal mau pun global.

Mekanisme game Onet Asli sangat sederhana, yakni dengan memasangkan dua gambar yang sama, tetapi dengan aturan tidak boleh lebih jauh dari tiga tarikan garis. Pemain mengumpulkan poin dari pencocokan. Selain itu, pemain juga bisa mendapatkan bantuan dengan undian ekstra di akhir setiap ronde. Uniknya, game Onet Asli ini menggunakan karakter, emoji, serta efek suara khas Tahilalats, sehingga menambahkan keseruan dalam bermain game ini.

"Kami akan selalu memberikan ruang untuk developer game lokal dan mempromosikan game mereka di HAGO. Game Onet Asli adalah awal dari kerjasama HAGO dan Agate, dan kami berharap, akan ada game lain yang juga dapat kami promosikan. Popularitas permainan casual game di Indonesia cukup tinggi, dan game Onet Asli memiliki mekanik permainan yang sebelumnya belum pernah ada di HAGO. Saya yakin, semua orang familiar dengan game Onet dan akan suka dengan versi dari Agate dan Tahilalats ini,” tutur Robi Gao, Senior BD Director HAGO.

Game Onet Asli sendiri pada saat ini telah diunduh oleh lebih dari 500 ribu pengguna di Android and iOS, serta telah terdaftar di HAGO sejak Juli 2020 lalu. Onet Asli telah menjadi salah satu game favorit di aplikasi HAGO yang turut membuktikan bahwa game buatan developer Indonesia juga bisa dikenal dan digemari oleh pasar internasional.

VP of Mobile Games Agate, Dave Fabrian, mengungkapkan bahwa mengembangkan game untuk platform HAGO adalah pengalaman yang menggembirakan. Tim HAGO sangat kooperatif dan bersedia membantu pada hampir setiap saat untuk mengintegrasikan, berdiskusi, dan memecahkan masalah secara bersama-sama. HAGO juga memberikan dokumentasi dalam platformnya yang sangat membantu tim dalam proses integrasi. "Tim HAGO sangat suportif dalam proses kolaborasi ini. Semoga game ini dapat dinikmati dan dapat memberikan pengalaman yang menyenangkan kepada pengguna HAGO di Indonesia. Kami juga berharap, akan ada game [lain] dari Agate yang nantinya juga bisa terintegrasi di HAGO,” imbuh Dave.

Platform HAGO dapat di-download di:
App Store: https://apps.apple.com/id/app/hago/id1400667917
Google Play: https://play.google.com/store/apps/details?id=com.yy.hiyo&hl=en&gl=US

Tentang Oolean

Oolean yang diambil dari kata ulin, yang dalam bahasa Sunda berarti “main,” merupakan inisiatif strategis yang dirintis oleh Telkom Indonesia, Melon, dan Agate. Oolean memiliki visi untuk membantu dan membangun ekosistem game di Indonesia melalui beberapa inisiatif yang melingkupi pengembangan platform game untuk user, pembuatan properti intelektual orisinil yang fokus memproduksi game lokal, bekerjasama dengan pengembang game lokal lainnya untuk membuat game yang bisa mendunia, serta mengembangkan platform untuk mendistribusikan game dari perusahaan lokal mau pun internasional yang dirancang dan dibangun oleh Melon Indonesia. Oolean telah mengembangkan ekosistem pengembangan game lokal lewat inkubator, institusi pendidikan, dan komunitas pengembangan game. Bernaung di bawah brand Indigo, kerjasama ini turut meluncurkan Indigo Game Startup Incubation.

Tentang Tahilalats

TAHILALATS adalah daily comicstrip yang disiarkan melalui media sosial, seperti Instagram, Line@, Twitter, dan Facebook, juga platform komik LineWebtoon. Tahilalats pertama kali dibuat oleh Nurfadli Mursyid karena hobinya menulis dan membuat komikstrip untuk menghibur teman-teman kampusnya. Hingga pada awal tahun 2012, ia memutuskan untuk memperluas pembacanya dengan membuat blog (blog.tahilalats.com) yang berisi tulisan serta komik-komik buatannya di internet. Setelah mengawali di blog, Nurfadli Mursyid mulai menjajaki media sosial dan mengunggah ulang komik-komik buatannya untuk memudahkan pembaca mengakses komik strip terbaru. Setelah secara konsisten diunggah pada setiap harinya sejak tahun 2015, komik Tahilalats kini memiliki lebih dari dua juta followers dan subscribers di Instagram dan Webtoon. Informasi lebih lanjut tentang Tahilalats dan komik stripnya dapat dilihat di www.tahilalats.com

Tentang Agate

Agate, di bawah PT Agate International, adalah perusahaan dan studio pengembang game yang didirikan pada tahun 2009 dan berbasis di Bandung. PT Agate International memiliki dua bisnis utama, yakni pengembangan game di bawah Agate dan pengembangan gamification serta solusi pembelajaran di bawah Agate Level Up. PT Agate International juga menaungi sebuah subsidiary yang bergerak di bidang periklanan digital, Seruni. Selama sebelas tahun perjalanan, Agate telah memiliki ratusan crew, 300 judul game yang menjangkau lebih dari 5 juta pemain di seluruh dunia, serta lebih dari 20 penghargaan, baik dari dalam mau pun luar negeri. Perkembangan yang pesat ini telah mengukuhkan Agate sebagai salah satu perusahaan game lokal terstabil dan terdepan di Indonesia. Dengan motto “Live the Fun Way,” Agate berkeyakinan bahwa kehidupan akan lebih baik ketika kebahagiaan hadir di sana. Dan, game pun bergerak menjadi salah satu sarana untuk mencapai kegembiraan tersebut.

Dapatkan informasi terbaru mengenai Agate melalui:
Website: https://agate.id/
Facebook: https://www.facebook.com/agateint/
Instagram: https://www.instagram.com/agateint
Twitter: https://twitter.com/AgateInt

Tentang HAGO

HAGO adalah platform permainan sosial yang ditargetkan untuk populasi perkotaan yang telah tumbuh secara eksponensial di Indonesia. HAGO mengusung dua gagasan inti, yakni sosial dan permainan. Elemen sosial HAGO memungkinkan para pemain untuk saling berkomunikasi secara langsung, yang membuat pengalaman bermain game menjadi lebih istimewa. Dengan lebih dari 150 game kasual, HAGO membantu para penikmatnya untuk menghabiskan waktu luang mereka secara positif serta menemukan teman baru.

Aplikasi Terkait
KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top