NEWS

Adventure RPG Sinematik dari Netmarble, The Seven Deadly Sins: Grand Cross, Rilis per 3 Maret 2020

Conny   07 Feb 2020
Adventure RPG Sinematik dari Netmarble, The Seven Deadly Sins: Grand Cross, Rilis per 3 Maret 2020

Per kemarin, tanggal 6 Februari 2020, perusahaan game mobile dunia Netmarble Corp mengumumkan bahwa The Seven Deadly Sins: Grand Cross, game adventure RPG sinematik yang dibuat bekerja sama dengan Kodansha Ltd., akan dirilis secara resmi pada tanggal 3 Maret 2020 mendatang. Informasi tersebut disampaikan dengan gembira oleh Hong In Hwa, yang akrab disapa sebagai Mr. Tiger, selaku CEO dari Netmarble Indonesia pada acara Media Conference bersama para media yang berlangsung pada pada kesempatan yang sama.

Perkenalan IP

Awalnya muncul sebagai manga (komik), Seven Deadly Sins merupakan sebuah IP yang populer dengan akumulasi penjualan secara global yang mencapai 30 juta eksemplar. Selanjutnya, IP tersebut diadaptasi ke dalam bentuk anime (animasi), baik serial mau pun film, yang telah tersedia secara global melalui platform populer, seperti Netflix dan lain-lainnya. Bahkan, Seven Deadly Sins terbukti memiliki daya tarik pada saat mengejawantah ke dalam medium game, yang dapat dilihat dari beragam kolaborasi yang dilakukan dengan berbagai judul game dan juga diluncurkan sebagai game konsol.

Informasi Game

Tampil dengan genre Turn-based RPG Adventure yang penuh strategi, The Seven Deadly Sins: Grand Cross meraih kesuksesan besar di App Store dan Google Play Jepang setelah rilis di negara tersebut dan Korea pada tahun lalu dengan akumulasi penjualan yang menembus 1 triliun rupiah dan 1.5 juta pengguna harian dalam 3 bulan. Sejak pra-registrasi dimulai pada tanggal 15 Januari 2020 di App Store dan Google Play, The Seven Deadly Sins: Grand Cross berhasil menarik perhatian secara besar-besaran dengan jumlah partisipasi pra-registrasi yang mencapai lebih dari 1 juta pemain.

Para pemain bisa mendapatkan beragam hadiah, seperti karakter ‘Meliodas,’ Hero utama dari The Seven Deadly Sins: Grand Cross, dan kostum miliknya termasuk weapon dengan mengikuti pra-registrasi yang dibuka hingga sebelum perilisan resmi. Mata uang dalam game dan sebuah box eksklusif berisi beragam item menarik dalam game juga akan tersedia sebagai hadiah pra-registrasi.

Dikembangkan oleh FUNNY PAW, The Seven Deadly Sins: Grand Cross yang diklaim sebagai RPG terbaik yang akan mengguncang dunia di tahun 2020 ini bakal menyajikan cerita dan petualangan Seven Deadly Sins dan mengubahnya menjadi pengalaman game mobile yang sangat menghibur dan atraktif.

Fitur Utama

Pemain bisa memilih lebih dari 58 karakter Hero dengan lebih dari 100 kostum yang berasal dari serial ini untuk membentuk dan memperkuat tim Seven Deadly Sins milik mereka sendiri, kemudian mengalahkan musuh dengan sistem pertarungan yang menggunakan Skill Card, yang belum pernah ada sebelumnya. Akan ada Battle baru yang sempurna, berkat adanya sistem Battle yang strategis dengan Gabung Skill! Begitulah, di dalam game ini, kalian bisa menggabungkan kartu skill yang sama untuk melakukan upgrade, dan menaklukkan musuh dengan "Ultimate Move." Juga, menggabungkan karakter Connection untuk mengatasi musuh dengan "Teknik Gabungan." Terakhir, gabungkanlah beragam skill Unique dari tiap tiap karakter Seven Deadly Sins dan buatlah strategi yang baru.

Selain keutamaan pada kombinasi kartu dan karakter untuk mengeluarkan gerakan spesial, juga terdapat interaksi yang intensif bersama tim utama Seven Deadly Sins dengan beragam konten yang sangat interaktif, termasuk ratusan kostum unik dan kostum asli yang yang hanya bisa dikoleksi dan ditemukan di dalam game ini, dialog karakter, sistem Affinity, sistem afeksi, fitur memasak, dan masih banyak lagi. Tak hanya berhenti hingga di situ saja, karena ada beberapa teknologi yang baru diterapkan, yakni elemen Rekaman AR dan gameplay Battle Gyro, yang tidak bisa ditemukan di RPG biasa!

Grafik 3D sempurna beresolusi tinggi yang membawa kesan animasi ke level lebih tinggi yang luar biasa dengan lebih dari 118 cutscene dramatis, serta didukung dengan peran voice over dari deretan pengisi suara animasi Jepang asli yang kembali memerankan karakter mereka, berhasil menghidupkan para Hero dari Seven Deadly Sins. Ya, game ini berhasil merealisasikan dunia termasuk jalan cerita hingga persis seperti karya aslinya yang direalisasikan ke dalam animasi 3D berkualitas tinggi hingga memiliki “Feel” seperti sebuah karya asli yang bahkan melampaui animasinya! Dalam game ini, kalian bisa menikmati dan menjelajahi cerita karya asli secara langsung seperti layaknya sang pemeran utama dari Seven Deadly Sins.

Ditambah lagi, kalian bisa bekerjasama dengan teman dan mainkan beragam konten yang kompetitif secara real time, seperti PvE dan PvP, yang dua di antaranya adalah konten multi cooperative Annihilation Battle (PvE) yang bisa dinikmati secara real time oleh 2 pemain dan Festival Perkelahian (PvP) untuk bersaing dalam hal kekuatan dengan para pemain dari seluruh dunia. Nantikanlah rencana dari Netmarble Corp bersama FUNNY PAW untuk berbagi update berupa berbagai Konten PvP lainnya dalam beberapa waktu ke depannya.

Developer’s Q&A

Melalui sebuah sesi tanya jawab, Mr. Tiger telah menjawab pertanyaan dari rekan media terkait The Seven Deadly Sins: Grand Cross. Yuk, langsung disimak selengkapnya di bawah ini.

1. Apa yang memotivasi pihak developer untuk mengembangkan Seven Deadly Sins menjadi sebuah game mobile?

Saat melakukan pembuatan game ini, kami telah memeriksa beberapa IP. Kami memilih karya yang sekiranya merupakan karya yang paling menarik dan bisa memberikan pengalaman yang luar biasa jika dijadikan sebuah game, dan kami memutuskan untuk memilih Seven Deadly Sins. Tidak hanya karena karyanya yang seru, kami juga memikirkan bagaimana agar game ini bisa terus dinikmati dan digemari oleh para pemain.

2. Kami penasaran dengan proses yang secara umum terjadi dalam proses pengembangan IP animasi terkenal menjadi sebuah game. Apakah terdapat kesulitan selama proses ini berlangsung?

Pertama, hal sulit yang kami hadapi adalah bagaimana untuk merealisasikan animasi 2D menjadi 3D dengan sempurna. Kami masih memiliki banyak kekurangan. Dalam proses ini, kami menganalisis Seven Deadly Sins dengan detil demi dapat membuat ekspresi karakter dengan animasi 3D yang baik melalui banyak uji coba dengan melibatkan banyak proses dan pengembangan teknologi yang baru. Hal ini tidaklah mudah, tapi kami sangat menikmati proses pengembangan ini.

3. Apakah terdapat cerita yang berkesan selama proses pengembangan game ini?

Ini bukanlah ingatan pada saat pengembangan game tersebut, tapi ingatan yang paling berkesan pada saat ini, yaitu pada saat game tersebut berada di peringkat 1 dalam Play Store dan Apps Store di Korea serta Jepang. Saya berharap agar perilisan global juga memberikan hasil yang bagus, sehingga akan dapat menggantikan memori terbaik yang saya miliki ini.

4. Hasil yang dicapai di Korea dan Jepang begitu mengejutkan, dan para pemain juga memberikan penilaian yang baik. Kira-kira, apakah kunci utama yang bisa membuahkan keberhasilan seperti ini?

Kami mempelajari karya aslinya dengan detil. Dan, untuk membuat karakter dalam animasi 3D dengan hasil yang baik, kami telah menjalani banyak uji coba dan mengembangkan teknologi yang baru agar bisa mendapatkan hasil dengan tingkat kesempurnaan yang tinggi. Semua ini kami lakukan demi fans dari Seven Deadly Sins, dan tampaknya, banyak pemain yang menyukai hasil kerja kami tersebut. Pada kesempatan berikutnya pun kami akan terus berusaha agar bisa mencapai tingkat kesempurnaan yang tinggi.

5. Setelah game ini dirilis dan memberikan hasil yang tidak diduga di Korea dan Jepang, bagaimana dengan respon dari para pemainnya?

Kami menerima banyak respon dari fans Seven Deadly Sins. Hal ini membuat saya tersadar akan betapa terkenalnya Seven Deadly Sins. Di lain pihak, kami pada awalnya merasa khawatir apakah fans yang bukan penikmat game juga bisa menikmati game kami ini.

Oleh karena itu, sejak dari tahap pengembangannya, kami sudah memikirkan dan mempersiapkan sebuah game, yang tidak hanya dinikmati oleh gamer pada umumnya, tapi juga bisa dimainkan dengan mudah oleh para fans Seven Deadly Sins.

6. Berbeda dengan game mobile lainnya, detil game ini dibuat dengan sangat bagus. Contohnya, desa atau pakaian karakter, yang dibuat sampai ke detil kecilnya dan divisualisasikan dengan baik, sehingga membuat respon yang baik juga dari para pemain. Apakah ini hasil yang memuaskan?

Hal pertama yang kami lakukan dalam pengembangan The Seven Deadly Sins: Grand Cross adalah merealisasikan dunia dari IP tersebut dengan sempurna, dan mengarahkannya agar para pemain bisa bergabung ke dunia tersebut melalui konten dan sistem dalam game ini. Oleh karena itu, hal tersebut pada akhirnya bisa membuat para pemain jadi menyukai The Seven Deadly Sins: Grand Cross, dan ini membuat kami pun jadi merasa senang.

7. Game ini dibuat berdasarkan sebuah IP. Apakah tidak merasa takut akan kehabisan konten untuk ke depannya?

Kami sedang mempersiapkan cerita original yang hanya ada di dalam game ini saja, yang tentunya dihadirkan dengan cutscene yang berkualitas tinggi agar bisa dinikmati oleh semua pemain.

8. Kami merasa penasaran dengan rencana dari Netmarble dan FUNNY PAW di tahun 2020. Apakah Anda memiliki rencana untuk membuat kolaborasi dengan IP lain, seperti animasi atau komik lainnya?

Jika ada kesempatan yang datang bagi kami untuk berkolaborasi dengan IP yang bagus, tentunya akan kami lakukan. Kami harap, kesempatan itu bisa datang dan pada akhirnya bergabung ke dalam dunia Seven Deadly Sins.

9. Apakah terdapat konten tambahan terbaru yang akan ditambahkan pada game versi global?

Kami telah mengembangkan konten yang berhubungan dengan waktu untuk pemain global, agar pemain global juga bisa menikmatinya dengan nyaman. Dan, konten yang sama tersebut telah kami terapkan sebelumnya pada build game ini untuk Korea dan Jepang.

10. Untuk penanganan operasinal dari game ini, apakah akan ada perbedaan antara versi global dengan versi Korea dan Jepang?

Pada dasarnya, untuk balance dan konten, tidak akan ada perbedaan yang besar dengan versi Korea dan Jepang.

Namun, kami berencana untuk menyesuaikan jadwal event dan event-event seasonal yang berfokus pada pasar global.

11. Untuk sebuah game RPG, game ini dimainkan dengan layout vertikal. Apakah ada alasan yang khusus untuk pemilihan layout game tersebut?

Alasan kami memilih layout vertikal, karena kami merasa itu adalah cara yang terbaik untuk menonjolkan keistimewaan dari karakter-karakter Seven Deadly Sins. Dan, layout vertikal adalah interface yang cocok untuk sebuah collection game.

12. Aspek Graphic Design dan Action-nya sangatlah luar biasa. Dalam proses pengembangan, apa saja yang perlu diperhatikan agar desain tersebut bisa cocok dan pas dalam platform mobile. Lalu, apakah ada rencana untuk lebih mengembangkan bagian spesifikasi Hardware yang diperlukan dan penggunaan baterai dari perangkat pemain?

Untuk The Seven Deadly Sins: Grand Cross, kami berfokus untuk menawarkan pengalaman bermain game yang berkualitas tinggi termasuk bermain dengan nyaman melalui platform mobile. Bagian yang paling penting untuk dapat mencapai fokus kami tersebut adalah menyediakan animasi dengan pengalaman yang terbaik bagi para pemain tanpa mengorbankan kualitas. Sebagai contoh, di tempat seperti desa, melalui beragam LOD, objek yang jauh dari sudut pandang pemain akan menjadi lebih buram dan sesuatu yang dekat dengan sudut pandang pemain akan dibuat dengan ekspresi yang detil. Optimasi ini dilakukan untuk aspek permainan yang lancar sambil menjaga kualitas tinggi dari grafik gambar dalam sudut pandang pemain.

Kami akan terus memaksimalkan bagian ini untuk ke depannya.

13. Pertanyaan terakhir, apa ada pesan yang ingin disampaikan kepada pemain Indonesia?

Kami telah memakan waktu yang lama untuk memperkenalkan The Seven Deadly Sins: Grand Cross kepada pemain Indonesia. Kami masih terus berusaha untuk memberikan game yang lebih baik, jadi mohon untuk lebih bersabar dan terus nantikan update dari kami. Kami akan kembali dengan membawa game yang lebih baik, yang bisa memenuhi ekspektasi para pemain.

Untuk informasi lebih lanjut dan mendapatkan update terbaru, silakan kunjungi situs resmi dan mengikuti fanpage resmi di Facebook dari The Seven Deadly Sins: Grand Cross.

Based on the manga “Nanatsu no Taizai” by Nakaba Suzuki originally serialized in the weekly SHONEN MAGAZINE published by Kodansha Ltd. ©Nakaba Suzuki,KODANSHA/The Seven Deadly Sins: Revival of the Commandments Project,MBS. All Rights Reserved. © Netmarble Corp. & Funnypaw Co., Ltd. All Rights Reserved.

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top