REVIEW

Adiktifnya Minimal Dungeon RPG, Sebuah RPG yang Sangat Disederhanakan

Andy Chan   15 Jan 2021
Adiktifnya Minimal Dungeon RPG, Sebuah RPG yang Sangat Disederhanakan

Suatu hari di sebuah lembah bernama Casa, seorang jagoan muncul dari sebuah cahaya yang menyilaukan. Itulah kamu, yang mendadak diserang oleh monster karena mereka merasa terancam dengan kehadiranmu. Tapi kamu sebenarnya siapa? Akhirnya diputuskanlah bahwa keselamatan dirimu hanya bergantung pada kemampuanmu dalam bertarung melawan monster. Itulah sedikit kisah yang dibawakan oleh Minimal Dungeon RPG.

Sebuah RPG yang Unik

Dihadirkan oleh CapPlay, Minimal Dungeon RPG boleh dibilang adalah sebuah RPG yang sagnat unik, di mana penampilan permainannya sangat minimalis, namun permainannya sendiri cukup mendalam. Boleh dibilang, game ini adalah game petualangan dengan elemen idle clicker yang unik, dan tidak perlu banyak berpikir.

Cara Bermain

RPG yang satu ini disajikan dengan sangat sederhana, dan cocok untuk dimainkan di mobile. Semua yang kalian lakukan di layar akan direpresentasikan oleh sebuah balok kotak yang memiliki keterangan di dalamnya. Kotak-kotak ini bisa dibilang sebagai benda-benda dan sesuatu untuk dilakukan di stage tersebut.

Interaksi dalam Stage

Ada banyak macam kotak yang tersebar di sebuah stage, yang bisa diinteraksikan oleh pemain. Masing-masing kotak memiliki interaksi khusus, misalnya ada kotak bertuliskan Explore, di mana pemain bisa mengetuknya untuk melakukan "eksplorasi", atau kotak monster yang bisa diserang, bisa juga ada kotak bertuliskan Pepohonan yang bisa ditebang, dan lain sebagainya.

Bertarung melawan Monster

Jangan membayangkan pertarungan ala turn based atau sejenisnya di sini. Namanya juga Minimal Dungeon, pemain berperang melawan monster dengan cara mengetuk kotak monster saja berkali-kali. Tapi hati-hati, setiap kalian mengetuk kotak monster, kalian akan melakukan damage kepadanya, dan hal sebaliknya juga berlaku, sang monster akan melakukan damage kepada kalian. Jika HP kalian sampai habis ketika sedang bertarung, maka kalian akan K.O. dan harus beristirahat untuk sementara waktu sampai HP tersebut penuh kembali. Namun hal yang sama juga berlaku pada monsternya, karena kalau mereka tidak diserang, mereka akan healing sendiri pelan-pelan.

Penggunaan AP

Setiap melakukan eksplorasi, pemain membutuhkan yang namanya Action Points, atau AP. Apabila AP ini habis, maka pemain harus menunggu sebentar, barulah bisa beraksi kembali.

Naik Level

Sesuai namanya, Minimal Dungeon RPG adalah sebuah game RPG di mana pemain bisa naik level dan mendapatkan skill point. Ada lima buah stats yang dimiliki oleh pemain, yaitu HP, AP, ATK, DEF, dan RCV. Di antara kelima ini, tiga buah di antaranya bisa dinaikkan level-nya dengan menggunakan skill point, yaitu HP, ATK, dan DEF. Pastikan kalian memiliki kekuatan yang cukup untuk mengalahkan boss di dalam sebuah stage.

Minimalis, namun Adiktif

Minimal Dungeon RPG hadir dengan artwork yang boleh dibilang bukan menjadi fokus utama permainannya, bahkan kisahnya sendiri diceritakan melalui sebuah tulisan saja. Sesuai namanya yang minimalis, tidak ada animasi yang keren ataupun sejenisnya dalam game ini, namun ada lagu bernuansa petualangan serta efek suara yang cukup oke. Tapi meskipun minimalis, menjelajah dungeon di setiap stage game ini entah mengapa terasa adiktif, dan pemain akan penasaran mengenai apa yang akan mereka temui di lokasi berikutnya.

Penggunaan Iklan yang Minimalis

Secara teknis, Minimal Dungeon RPG ini sama sekali tidak mewajibkan pemain untuk membayar sepeserpun. Bahkan iklan pun hanya akan muncul kalau diminta oleh pemain saja, misalnya untuk mendapatkan Gold, kunci, dan mata uang premium Gems. Gems sendiri tentunya disediakan via mikrotransaksi kalau dibutuhkan, namun secara garis besar, game ini bisa dinikmati tanpa butuh keluar uang. Dan yang paling penting, game-nya juga bisa dimainkan secara offline.

Minimal Dungeon RPG adalah pengalaman bermain RPG yang sesungguhnya, tapi sudah sangat disederhanakan, sehingga jika kalian ingin menjadi seorang petualang dengan spek ponsel yang ringan, game yang satu ini patut dicoba. Bisakah kalian menemukan jati diri kalian dan mengetahui siapa itu sebenarnya Claude? Cari tahu dengan memainkan Minimal Dungeon RPG sekarang juga!

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top