LOADING
REVIEW

Aargh, Rem Blong! Hindari Semua Rintangan, Jangan Sampai Menabrak di Faily Brakes!

Andy Chan   13 Mar 2018
Aargh, Rem Blong! Hindari Semua Rintangan, Jangan Sampai Menabrak di Faily Brakes!

Ketika sedang mengendarai mobil dengan santai di pegunungan, sang entusias mobil Phil Faily mengalami kerusakan rem, atau apa yang disebut orang Indonesia sebagai "Rem Blong!" Akibatnya, Phil pun menerobos pagar pembatas pegunungan dan langsung meluncur ke bawah gunung dengan cepat. Inilah inti dari cerita game berjudul Faily Brakes buatan Spunge Games untuk mobile.

Dalam Faily Brakes, pemain bertugas untuk mengendarai sebuah mobil yang tidak bisa berhenti alias rem-nya blong. Mobil tersebut akan terus meluncur ke bawah gunung, dan pemain harus bisa menghindari berbagai macam rintangan yang siap membuat kecelakaan, seperti pepohonan, batu, lalu lintas, bahkan kereta api.

Pengendalian permainan sangatlah sederhana, tersedia dua buah tombol kiri dan kanan di bagian bawah layar untuk mengarahkan mobil ke kiri dan kanan. Yak, itu saja. Dengan kedua tombol ini, berusahalah untuk melakukan berbagai manuver agar tidak tertabrak sesuatu. Tapi sepanjang perjalanan, ada yang namanya power ups untuk diambil. Kehadiran power ups ini mempermudah permainan secara signifikan, ada power up untuk memperlambat waktu, ada juga power up berupa machine gun yang bisa menghancurkan rintangan, dan sebagainya. Tidak hanya power ups saja, pemain juga harus mengumpulkan koin agar bisa mendapatkan uang cukup untuk membeli kendaraan-kendaraan unik yang baru.

Hebatnya, sebagai sebuah game yang pada dasarnya merupakan endless runner, tingkat kustomisasi dari Faily Brakes cukup memuaskan. Pemain bisa merubah karakter utama dari pria menjadi wanita, bisa mengganti kendaraan, merubah warna, dan sebagainya. Bahkan ada kendaraan khusus bernama The Hasselhoff yang secara tampilan merupakan sebuah parodi dari Pontiac Trans Am dari serial TV Knight Rider.

Yang paling asyik, ketika pemain sedang meluncur turun gunung ataupun terjadi kecelakaan di mana karakternya akan mental keluar dari mobil, pemain bisa menekan tombol foto di sebelah atas untuk menghentikan permainan dan memanipulasi kamera secara 360 derajat untuk di-share ke teman-teman. Sedikit kekurangan yang cukup mengganggu adalah layar loading yang sebenarnya tidak terlalu lama, namun berhubung tulisannya hanyalah "Loading" saja di sebuah layar gelap, jadi terasa lama dan suram.

Memang secara grafis, karakter Phil Faily memiliki tampilan yang sangat blocky, tidak seperti manusia pada umumnya. Tapi kendaraannya sendiri serta lingkungan permainan hadir cukup menawan. Sepanjang permainan, Faily Brakes juga diiringi dengan lagu yang bernuansa kocak, serta mendengar suara "Aaaaaaaaaaaaaarrrghhh!" ketika Phil Faily mental dari mobilnya. Memang kecelakaan asli itu tidaklah lucu, namun dalam game ini terasa seperti komedi slapstick yang bisa mengundang tawa pemain. Dan mengapa tidak? Hal yang paling menarik dari game ini justru adalah ketika terjadi kecelakaan, karena hal yang biasanya merupakan tragedi di kehidupan nyata ini justru sangat lucu dan epik dalam Faily Brakes. Tercemplung ke sungai, menabrak pohon dan menyebabkan Phil mental terguling-guling, semuanya kocak dan bisa menghibur hati.

Faily Brakes merupakan sebuah game free-to-play yang tidak membutuhkan koneksi Internet untuk dimainkan serta tidak ada sistem stamina / energi sama sekali. Sayangnya, pemain akan diganggu dengan iklan selama permainan meskipun iklan tersebut bisa dimatikan dengan cara membeli mikrotransaksi.

Rem blong memang berbahaya kalau terjadi di kehidupan nyata, tapi dalam sebuah game, rem blong itu ternyata seru dan kocak! Inilah game mengenai rem blong paling epik untuk ponsel pintar dan tablet Anda, Faily Brakes!

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top