NEWS

847 Developer Muda Adu Aplikasi di Pertamina Energy Hackathon 2.0

Anduril   26 Aug 2019
847 Developer Muda Adu Aplikasi di Pertamina Energy Hackathon 2.0

Pertamina menjaring 847 pengembang aplikasi (developer) milenial untuk beradu ide di ajang Pertamina Energy Hackathon (PEH) 2.0. Jumlah peserta meningkat signifikan hampir 250% dari peserta tahun lalu sebanyak 340 peserta.

Pertamina Energy Hackathon 2.0

Peserta berasal dari 62 kota di seluruh Indonesia, termasuk Sabang, Sorong, Papua Barat hingga negara tetangga.

VP Corporate Communication Pertamina, Fajriyah Usman menjelaskan program ini didesain untuk mengajak masyarakat luas, khususnya para developer muda berbakat dan terbaik Indonesia dalam menemukan ide-ide baru serta transfer teknologi bersama-sama dengan Pertamina. Kompetisi yang memasuki tahun kedua ini digelar Pertamina untuk menemukan solusi atas permasalahan aktual industri energi Indonesia dalam menghadapi tantangan digitalisasi industry.

“Hackathon merupakan bentuk nyata Pertamina yang terus berkomitmen untuk selalu berinovasi terhadap kemajuan teknologi terlebih di sisi industri,” ujar Fajriyah.

Menurut Senior Vice President Corporate ICT Pertamina Jeffrey Tjahja Indra, dari 847 developer tersebut telah terpilih 100 finalis. Para developer tersebut dinilai memiliki ide yang sangat bagus dan sesuai dengan kategori yang diperlombakan, yaitu B2C E-Commerce, B2B E-Commerce, dan Asset Optimization.

“Dengan keunikannya masing-masing, 100 finalis diseleksi hari ini untuk dipilih beberapa aplikasi terbaik. Kami optimistis akan mendapatkan karya yang paling bagus, paling sesuai dan paling kami butuhkan,” ungkap Jeffrey saat ditemui usai membuka acara final Pertamina Energy Hackathon 2.0 di Hotel Mercure, Jakarta, pada Sabtu (24/8).

Jeffrey juga berharap para finalis dapat menjadi bagian dari Energi Terbarukan di Pertamina Digital Transformasi melalui Pertamina Digital Community External. "Ayo bersama-sama bangun Indonesia, saatnya yang muda yang ambil peran, melalui Pertamina," pungkasnya.

Salah satu finalis dari Padang, Yonas Firdaus Saputra sangat antusias mengikuti acara ini. "Keren dan seru banget. Saya merasa tertantang dan menjadi pengalaman berharga," ujar pemuda berusia 19 tahun yang baru pertama kali mengikuti Pertamina Energy Hackathon tersebut.

Lima Pemenang

Pertamina Energy Hackathon 2.0 berakhir di hari Minggu, 25 Agustus 2019. Event ini pada akhirnya menghasilkan lima tim pemenang. Mereka adalah, Petravision (B2C E-Commerce) untuk posisi pertama, Machine Vision (Asset Optimization) untuk posisi kedua, dan D’Kletz (B2C E-Commerce) untuk posisi ketiga. Selain tiga tim teratas, Pertamina Energy Hackathon 2.0 juga memilih dua tim sebagai juara harapan. Mereka adalah PetrolHead (B2B E-Commerce), dan i-Patrol (Asset Optimization).

Bapak Semuel Abrijani Pangerapan yang merupakan Direktur Jenderal Aplikasi Informatika ikut menjadi juri di Pertamina Energy Hackathon 2.0. Beliau menuturkan tentang banyaknya solusi skala nasional yang bisa didapatkan melalui Hackathon tahun ini. “Anak muda yang terlibat di event ini kita paksa untuk mengeluarkan seluruh ide yang mereka miliki. Dari situ kita bisa mendapatkan banyak solusi baru untuk Pertamina.” Lebih lanjut lagi beliau meneruskan, “seharusnya langkah ini ditiru BUMN lainnya, demi cita-cita Indonesia menjadi energi digital asia”.

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top