TIPS TRIK

5 Tips & Trik Terbaru WhatsApp bagi Pengguna Android

en19ma   16 Apr 2017
5 Tips & Trik Terbaru WhatsApp bagi Pengguna Android

Sudah amat banyak pengguna Android mau pun iOS yang mewajibkan keberadaan WhatsApp di ponsel mereka. Kemudahan dan kecepatan penggunaan aplikasi tersebut sepertinya menjadi salah satu faktor penting di balik keputusan mereka itu.

Meski awalnya tampil sederhana dengan fitur-fitur yang diusungnya, WhatsApp kini telah mengubah dirinya seiring dengan waktu. Kian dipenuhi oleh berbagai fitur demi mengikuti perkembangan zaman. Konsekuensinya, WhatsApp jadi tak sesimpel dulu lagi.

Namun, jangan malah menjadikannya makin rumit untuk digunakan. Karena, JurnalApps kali ini bakal memaparkan lima tips dan trik terbaru untuk menggunakan aplikasi WhatsApp. Tujuannya, agar Anda makin optimal dalam menggunakannya.

Membuat Shortcut Chat

  • WhatsApp menyediakan jalan pintas (shortcut) ke jendela chat dengan kontak tertentu. Fitur ini bakal membantu pengguna untuk membuka sebuah jendela chat tersebut tanpa harus melalui aplikasi utama. Caranya, bukalah jendela chat dengan kontak tertentu yang ingin dibuatkan jalan pintas. Lakukan tap pada menu di kanan atas, lalu pilih More > Add Shorcut.

  • Nah, untuk membuka jendela chat dengan kontak tersebut, Anda sekarang cukup menyentuh shortcut-nya tanpa harus membuka WhatsApp dari awal dan kerepotan untuk mencarinya di antara sekian banyak tumpukan chat dengan kontak-kontak lainnya.

Melakukan Backup Chat

  • Backup chat bertujuan untuk mengamankan data-data yang dalam hal ini adalah percakapan, pesan suara hingga gambar penting. Di WhatsApp, Anda bisa membuat pengaturan agar backup dilakukan secara manual ke memori perangkat atau secara otomatis ke akun Google Drive. Caranya, lakukan tap pada menu Settings > Chat > Chat backup.

  • Untuk mem-backup chat secara manual, cukup lakukan tap pada tombol Backup. Sedangkan untuk backup chat secara otomatis dan terjadwal, lakukan tap pada Backup to Google Drive.

  • Kemudian, tentukanlah waktunya. Ini akan menjadwalkan kapan waktunya proses backup chat akan dilakukan secara otomatis oleh sistem.

  • Selanjutnya, pilihlah akun Google Drive yang akan digunakan untuk menyimpan backup chat.

Mengaktifkan Faktor Keamanan Dua Langkah

  • Bukalah menu Settings > Account > Two-step verification.

  • Kemudian, lakukan tap pada tombol Enable.

  • Masukkanlah enam digit PIN untuk melakukan proses verifikasi. Jika sudah, lakukan tap pada tombol Next.

  • Di samping itu, WhatsApp juga akan meminta alamat e-mail Anda. Masukkanlah, kemudian lakukan tap pada tombol Next

  • Sekarang, setiap kali Anda membeli perangkat baru dan mendaftar dengan nomor HP yang sama, maka Anda wajib untuk melakukan proses verifikasi dengan enam digit PIN yang dibuat ini. Dengan begitu, tak ada satu pun orang lain di dunia ini yang bisa menyalahgunakan nomor ponsel Anda tersebut.

Mengatur Privasi Status

  • Pada dasarnya, status di WhatsApp dibuat agar Anda dapat saling berbagi dengan kontak Anda. Namun, jika Anda hanya menginginkan orang-orang tertentu saja yang dapat melihat status Anda, maka lakukanlah pengaturan seperti ini.
  • Di jendela Status, lakukan tap pada tombol menu di kanan atas. Lalu, pilihlah Status Privacy.

  • Kemudian, Anda bisa menentukan siapa saja yang bisa melihat status Anda. Apakah seluruh kontak, pengecualian untuk kontak-kontak tertentu, atau hanyalah beberapa kontak pilihan?

Menghapus Akun WhatsApp

  • Untuk menghapus akun WhatsApp, bukalah menu Settings > Account dan lakukan tap pada opsi Delete my account.

  • Selanjutnya, masukkan negara dan nomor ponsel Anda. Kemudian, lakukan tap pada Delete my Account

Selamat mencobanya di smartphone Anda, ya!

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top