TIPS TRIK GADGET

5 Cara Menjaga Smartphone agar Lebih Awet

Dikdok   01 Feb 2018
5 Cara Menjaga Smartphone agar Lebih Awet

Jika ponsel dahulu hanya bisa digunakan untuk melakukan komunikasi secara terbatas (panggilan telepon dan SMS), maka ponsel saat ini telah bertransformasi menjadi sebuah perangkat pintar yang bisa menjalankan berbagai aktivitas, seperti menjelajah dunia online, mendengarkan musik, menjadikannya sebagai sebuah alarm, dan masih banyak lagi.

Perangkat serbaguna ini pun berkembang menjadi sebuah perangkat mewah yang memiliki nilai juali beli yang cukup tinggi. Karena dianggap sangat berharga, maka pengguna smartphone pun sedapat mungkin harus bisa menjaga perangkat mereka agar tidak menjadi cepat rusak. Nah, cara-cara apa saja yang bisa dilakukan agar membuat smartphone jadi lebih awet, ya?

1. Jaga Kebersihan Smartphone

Salah satu cara paling mudah yang harus kalian lakukan untuk membuat smartphone-mu jadi tidak mudah rusak adalah dengan menjaga kebersihan dari perangkat milikmu itu. Selain jorok untuk digunakan, dengan kondisi smartphone yang kotor dan tidak terawat itu maka perangkat pun akan jadi lebih cepat rusak karena kotoran yang mengerak.

Untuk membersikan smartphone, pastikan agar kalian dapat membersihkannya secara berkala. Gunakan selembar tisu kering atau tisu yang telah ditetesi oleh alkohol untuk membersihkan bagian luar dari smartphone.

Hindari penggunaan air, tisu basah, atau pun alat pembersih lainnya yang bisa membuat smartphone-mu malah jadi basah.

2. Lakukan Pengisian Daya sesuai Kebutuhan

Meski pun smartphone saat ini telah dilengkapi dengan teknologi pintar untuk memutus aliran listrik ketika pengisian daya telah selesai, sebaiknya tetap hindari untuk mengisi baterai hingga semalaman karena hal itu dapat menyebabkan terjadinya overheating. Maka dari itu, untuk menjaga baterai agar tetap awet dan tidak mengalami overheating, lakukan pengisian baterai yang sesuai dengan kebutuhan.

3. Simpan di Tempat yang Aman

Pastikan untuk menaruh smartphone di posisi yang aman ketika sedang tidak digunakan. Hindari tempat-tempat penyimpanan yang membuat smartphone jadi rawan untuk terinjak atau terjatuh. Pastikan pula untuk menjauhkan smartphone dari jangkauan anak. Karena, selain berpotensi untuk digunakan dengan sembarangan, penggunaan yang tidak terkontrol juga akan berdampak buruk bagi si anak sendiri.

4. Perhatikan Kondisi Baterai

Pastikan agar baterai selalu berada dalam kondisi kering. Hindarilah untuk menggunakan smartphone ketika tengah berada dalam kondisi hujan atau pun lingkungan basah lainnya.

5. Pasang Casing dan Pelindung Layar (Tambahan)

Hal ini sebenarnya merupakan tips tambahan untuk menjaga kondisi smartphone. Gunakan kedua pelindung, baik casing atau pun pelindung layar, untuk bisa lebih menjaga smartphone dari terjadinya ancaman benturan atau goresan.

Namun, jangan selalu menganggap penggunaan kedua pelindung ini bakal berdampak baik bagi smartphone. Sebaiknya, tetaplah melepas casing tambahan ketika sedang mengisi daya agar smartphone jadi tidak cepat panas. Selain itu, silakan untuk menggunakan pelindung layar jika layar memang belum memiliki teknologi anti gores.

Nah, itulah beberapa cara yang bisa dilakukan agar membuat smartphone jadi lebih awet. Semoga membantu, ya!

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top