TIPS TRIK GADGET

5 Aplikasi Pengaman untuk Anak di Android

Anduril   09 Jul 2017
5 Aplikasi Pengaman untuk Anak di Android

Seperti yang terlihat di mana-mana, anak-anak jaman sekarang sudah mengenal smartphone dan tablet. Begitulah, rata-rata orang tua membelikan perangkat tersebut untuk anak-anak mereka, baik itu untuk sekedar memanjakan atau pun untuk pengetahuan mereka.

Sayangnya, karena langsung terhubungkan ke internet, anak-anak kita pun jadi bisa mengakses konten-konten yang seharusnya tidak mereka akses. Untuk itu, kami ingin membagikan lima aplikasi pengaman untuk anak-anak di Android sebagai langkah antisipasi.

1. Kid Mode: Free Learning Games

Aplikasi mobile ini memiliki fitur yang lengkap untuk sang anak. Di dalam aplikasi mobile ini, sudah tersedia beberapa game edukatif untuk anak usia 3 hingga 7 tahun. Selain itu, juga terdapat fitur Library of Classic Storybooks! agar orang tua dan anak dapat berinteraksi dengan beragam buku cerita yang disediakan serta Doodle With Zoodles untuk anak-anak yang ingin berkreasi dengan melukis.

Selain cerita, aplikasi mobile ini pun menyediakan video-video hiburan anak, seperti Sesame Street, Dora, Nickelodeon, dan banyak lagi. Sebagai pengaman, ada fitur Lock pula agar orang tua dapat mengunci aplikasi mobile yang tidak sesuai untuk anak dengan menggunakan PIN.

2. Kakatu - Parental Control

Kakatu adalah aplikasi parental control yang berfungsi untuk menghindarkan anak-anak kalian dari kecanduan gadget, konten pornografi, cyberbullying, kata-kata kotor di dalam internet, dan dampak negatif lainnya dari penggunaan gadget yang tidak terbatas.

Kakatu berbentuk Android Launcher sehingga sulit untuk diutak-atik oleh anak kalian. Aplikasi mobile ini merupakan platform parenting lengkap yang telah disesuaikan dengan kebutuhan anak mau pun orang tua, dan mudah dikontrol untuk penggunaannya.

3. Kids Place - Parental Control

Aplikasi mobile yang satu ini juga berbentuk launcher dengan kekuasaan penuh pengaturan di tangan orang tua. Fitur Parental Control dan Child Lock yang ada akan melindungi data pribadi pada perangkat dan membatasi anak-anak pada akses aplikasi mobile. Dengan mengunakannya, Kids Place akan membatasi anak supaya tidak men-download aplikasi mobile lainnya yang tidak sesuai dengan pengaturan, melakukan panggilan, mengirim pesan, atau melakukan sesuatu yang bisa membuat kalian jadi menerima kerugian tertentu.

Selain itu, aplikasi mobile tersebut juga dilengkapi dengan fitur Auto App Restart yang akan langsung mengembalikan tampilan default ke launcher Kids Place bila tidak sengaja diubah-ubah oleh sang anak.

4. Norton Family Parental Control

Sesuai dengan namanya, aplikasi mobile ini dibuat oleh sang developer antivirus terkenal, Norton. Aplikasi mobile ini dapat melaporkan situs-situs apa saja yang dikunjungi oleh anak dan memblokir situs-situs dengan kata kunci yang diatur oleh orang tua.

Dengan melakukan register di awal pemakaian, orang tua pun dapat menerima e-mail atau SMS jika anak sedang mengakses situs-situs yang telah diblokir. Dan, mereka pun bisa memantau anak berkomunikasi dengan siapa saja dan segala aktifitasnya di media sosial.

5. Screen Time Parental Control

Dari namanya, mungkin kalian sudah mengetahui bahwa aplikasi mobile ini menyediakan fitur batas waktu penggunaan pada anak kalian di saat mengakses smartphone atau tablet. Kalian juga dapat dengan mudah melihat daftar aplikasi dan game mobile yang diakses oleh anak kalian selama menggunakan smartphone. Tak hanya itu, kalian pun dapat mengatur daftar aplikasi mobile apa saja yang boleh digunakan oleh anak kalian.

Aplikasi mobile ini juga menyediakan fitur pengaturan waktu yang tidak hanya berlaku untuk penggunaan smartphone, namun kalian juga dapat mengatur batas waktu penggunaan aplikasi dan game mobile.

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top