REVIEW

5 Aplikasi Parental Control Gratis untuk Android

Ayu Handayani   30 Jan 2017
5 Aplikasi Parental Control Gratis untuk Android

Tidak dapat dipungkiri, semua orang di era saat ini sudah tidak dapat terpisahkan lagi dengan teknologi, bahkan yang masih anak-anak sekali pun. Mereka bermain game dan belajar, semuanya serba online. Jika anak Anda adalah salah satu anak yang ‘melek’ teknologi, Anda perlu waspada jika anak Anda sampai bisa mengeksplor dunia maya yang tidak seharusnya untuk seumuran mereka.

Untuk memastikan anak Anda memakai aplikasi mobile yang sesuai dengan umurnya, Anda perlu memasang parental control di perangkat Android anak Anda. Nah, beberapa aplikasi mobile di bawah ini dapat membantu Anda untuk memasang larangan pada aplikasi mobile yang dieksplor, memonitor pemakaian telepon, serta menyeleksi aplikasi mobile mana yang boleh untuk anak Anda dan mana yang tidak boleh.

Berikut adalah aplikasi parental control yang dapat membantu Anda menyeleksi aplikasi mobile mana yang pantas untuk anak Anda.

1. Kid’s Shell

Aplikasi mobile ini adalah aplikasi parental control yang sangat bagus untuk Android. Aplikasi mobile ini didesain untuk membuat smartphone yang digunakan oleh anak Anda menjadi aman. Melalui aplikasi mobile ini, Anda bisa menciptakan lingkungan yang aman bagi anak Anda untuk mengeksplorasi dunia maya. Anak Anda tidak bisa menelepon, menulis pesan, atau pun membuka aplikasi mobile selain yang di-approve oleh anak Anda.

Anda bisa menyatukan aplikasi mobile yang anak Anda gemari dalam satu tempat, sehingga membuatnya lebih mudah. Mereka tidak akan bisa mengklik iklan atau membeli aplikasi mobile yang berbayar, sehingga anak Anda pun dapat terkontrol dengan baik.

Fitur lainnya:

  • Tombol Locked Home
  • Password matematika untuk Parent mode dan exit
  • Lebih dari 48 aplikasi yang diperbolehkan
  • Mengoptimalkan tablet dan telepon.

2. Kids Zone Parental Controls

Kids Zone adalah aplikasi parental control terbaik yang memperbolehkan Anda untuk membuat profile bagi anak Anda dalam smartphone Anda. Dalam profile-nya, Anda bisa memilih aplikasi mobile mana yang diperbolehkan untuk anak Anda. Anda bisa menambahkan wallpaper unik untuk anak Anda agar menikmati permainannya dan set password untuk mencegahnya mengganti larangan.

Setelah Kids Zone di-install, anak Anda tidak akan bisa meng-install aplikasi mobile atau membeli aplikasi mobile berbayar. Aplikasi mobile ini juga menyediakan fitur “time- out.” Anda bisa set waktu kapan anak Anda dapat memakai smartphone Anda. Jika waktu yang ditentukan telah habis, maka anak Anda tidak akan bisa memakai smartphone Anda lagi.

Jika Anda meng-upgrade aplikasi mobile ini ke versi Pro, aplikasi mobile ini memberikan kemampuan bagi Anda untuk membuat profile individu bagi anak Anda. Adanya fitur quick-to-call juga mempermudah Anda ketika ada telepon masuk.

Fitur lainnya:

  • Membuat PIN yang dibutuhkan untuk membuka smartphone Anda
  • Dapat mengganti default PIN sehingga anak remaja Anda tidak bisa mengakses smartphone-nya.
  • Kids Zone menganalisis aplikasi mobile pada telepon Anda menjadi kid-friendly apps.

3. Kids Place - Parental Control

Kids place adalah aplikasi mobile dengan parental control yang unik. Fitur parental control dan child lock dapat melindungi dan mencegah anak-anak untuk membuka aplikasi mobile yang tidak Anda perbolehkan. Kids Place juga mencegah anak-anak untuk download aplikasi baru, menelepon, SMS, atau melakukan hal-hal yang membutuhkan pembayaran. Adanya fitur bagi orang tua untuk auto app restart bakal sangat berguna untuk anak kecil yang tidak sengaja melakukan exit dari aplikasi yang sedang berjalan.

Selain itu, aplikasi ini juga bisa mem-block telepon dan melakukan disable semua sinyal wifi. Ketika Anda meng-install dan memakai aplikasi ini untuk pertama kalinya, Anda harus bisa mengatur PIN untuk alasan keamanan.

Fitur lainnya:

  • Menambahkan wallpaper yang Anda atur sendiri untuk anak Anda ketika di Kids Place.
  • Bisa melakukan restart aplikasi yang tiba-tiba dihentikan oleh anak kecil, memperbolehkan orang tua untuk tetap fokus pada pekerjaannya.
  • Fitur timer untuk mengunci Kids Place setelah menentukan waktu yang ditentukan secara spesifik.
  • Dapat support beberapa profil pengguna.

4. Family Time Parental Control

Family time adalah aplikasi parental control yang kuat, yang memberikan akses bagi orang tua untuk memonitor dan me-manage anak-anak menyoal bagaimana cara mereka memakai perangkat Android-nya. Aplikasi mobile ini memiliki 2 versi, satu untuk anak dan satu lagi untuk orang tua.

Dua aplikasi mobile terpisah ini memungkinkan Anda untuk mengontrol aktivitas anak Anda ketika menggunakan smartphone tanpa perlu mengintip. Orang tua dapat mengakses dari dashboard smartphone dan laptop. Dari dashboard, Anda bisa melihat report kontak anak Anda, catatan siapa saja yang ditelepon, aplikasi yang di-install, tempat yang dikunjungi anak Anda, website yang dikunjungi, dan lain-lain.

Fitur lainnya:

  • App Blocker – Dapat mem-block aplikasi dan games yang tidak boleh di perangkat Android anak Anda, tanpa perlu langsung ke perangkatnya.
  • Membatasi Screen Time – Anda bisa membatasi penggunaan smartphone pada anak Anda ketika makan malam atau waktu tidur.
  • Melacak SMS – Memonitor semua teks yang masuk dan diterima oleh anak Anda di smartphone mereka dari perangkat Anda.
  • Melihat report aktivitas mereka – Family Time membiarkan Anda untuk melihat semua aktivitas yang dilakukan oleh anak Anda di smartphone mereka.
  • SOS/tombol Panik – Menerima sinyal SOS dari perangkat anak Anda dengan detil lokasinya.
  • PickMeUp Alerts – Anda bisa menggunakannya ketika anak Anda minta dijemput oleh Anda.

5. Screen Time Parental Control

Seperti namanya, Screen Time adalah aplikasi mobile yang membuat Anda dapat mengatur waktu anak Anda di depan layar smartphone atau tablet Android mereka. Anda bisa melihat aplikasi mobile dan game mobile mana yang bisa diakses oleh anak Anda. Anda juga bisa mem-block aplikasi mobile yang menurut Anda tidak cocok untuk dimainkan oleh anak Anda. Seperti contoh, Anda bisa mem-block game mobile ketika waktu tidur namun membiarkan mereka menggunakan aplikasi membaca. Screen Time juga memperbolehkan Anda untuk men-set waktu pada aplikasi mobile tertentu.

Screen Time Parental Control juga dapat membuat fitur dimana anak Anda dapat memakai smartphone dengan waktu lebih jika melakukan pekerjaan rumah atau pun PR dari sekolah.

Fitur lainnya:

  • Pause & Play – Memberikan waktu tambahan bagi anak Anda untuk memakai smartphone mereka.
  • Time Limits – Mengatur waktu yang diperbolehkan pada aplikasi mobile yang ingin Anda batasi
KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top