LOADING
REVIEW

41148, Petualangan Seorang Hilang Ingatan dalam Mencari Jati Diri

Andy Chan   21 Nov 2017
41148, Petualangan Seorang Hilang Ingatan dalam Mencari Jati Diri

Seseorang yang telah kehilangan ingatannya terbangun dalam sebuah bangunan yang dipenuhi dengan mayat. Ada mayat yang sepertinya merupakan korban persembahan, juga ada mayat yang terkapar, dan lainnya. Siapakah dia? Mengapa dia ada di sini? Dan, bagaimana caranya bagi dia untuk bisa keluar dari bangunan yang mengerikan ini? Semua itu bisa disimak dalam sebuah game karya Fanaei Games yang berjudul 41148.

Secara teknis, 41148 merupakan sebuah game adventure bertipe point & click (atau tunjuk dan sentuh, karena adanya di mobile). Pemain menggerakkan sang tokoh utama dalam game ini dengan cara menyentuh layar ke posisi yang diinginkan. Untuk bisa memungut sebuah benda, pemain tinggal menyentuh benda tersebut saja di layar, dan benda tersebut pun akan berpindah ke inventory. Cara penggunaan inventory juga mudah, hanya tinggal menyentuh benda di inventory-nya, dan menyentuh benda yang ingin diinteraksikan dengannya. Sederhana, bukan?

Di sepanjang permainan, ada banyak puzzle yang siap untuk membuat kemajuan jalan cerita jadi terhenti. Pemain akan kesulitan untuk mencari tahu tentang benda apa saja yang bisa dipungut dari lokasi tertentu, dan lebih pusing lagi saat mencari tahu mengenai apa kegunaan dari benda yang sudah mereka dapatkan tersebut.

41148 tidak memiliki yang namanya manual save, jadi game-nya hanya bisa melakukan save di titik-titik tertentu saja. Masalahnya, lokasi dari titik-titik tertentu tersebut adalah di penghujung chapter, atau di titik dimana pemain bisa mati. Boleh dibilang, hampir tidak ada cara untuk melakukan save di tengah-tengah permainan. Jadi, pemain harus berhasil menyelesaikan sebuah chapter, atau mengulang dari awal lagi ketika membuka game-nya kembali.

Untungnya, meski pun game-nya terbagi menjadi beberapa chapter, masing-masing chapter tersebut cukup pendek dan bisa diselesaikan dengan cepat, tentunya apabila pemain sudah mengetahui cara penyelesaiannya. Memang akan lebih asyik kalau bisa menyelesaikan game ini sendiri karena tentunya bakal lebih merasa puas, namun tidak ada salahnya untuk mencari walkthrough apabila sudah kelamaan menemui jalan buntu, apalagi karena game-nya tidak bisa di-save, jadi terasa agak menyebalkan.

41148 tampil dengan grafis berupa siluet untuk para karakternya. Sang developer sendirilah yang merekam dirinya sedang berjalan dan melakukan aksi, sehingga animasi sang tokoh utama bergerak jadi terlihat mulus. Lingkungan permainan pun cukup variatif untuk setiap chapter-nya, sesuai dengan atmosfer yang sedang terjadi. Game misteri ini juga memiliki lagu dan efek suara yang sangat mendukung, dan sebaiknya didengarkan dengan menggunakan earphone untuk kesan imersif yang maksimal.

Dan, satu lagi yang membuat 41148 sebagai sebuah game yang asyik. Game ini adalah sebuah game free-to-play yang bebas iklan, bebas mikrotransaksi, bebas sistem stamina, dan tidak membutuhkan Internet. Game ini bisa dengan bebasnya dimainkan kapan pun dan di mana pun. Internet di 41148 hanyalah digunakan untuk mencari Hints, itu pun dikirimkan ke web Fanaei Games dan Twitter-nya, untuk meminta bantuan secara manual. Berhubung yang menciptakan game ini adalah developer dari Iran, maka tersedia dua pilihan bahasa dalam game-nya, yaitu bahasa Inggris dan bahasa Arab.

Nah, apabila Anda adalah seorang penggemar game bertipe point & click, maka 41148 merupakan salah satu game keren yang pantas untuk berada dalam ponsel Android Anda. Ya, game ini hanya tersedia untuk Android saja, tidak tersedia untuk iOS. Inilah tantangan bagi Anda untuk mencari jati diri atas seorang yang kehilangan ingatan, dan mencari tahu apakah sebenarnya misteri mengerikan yang melibatkan dirinya. Segera install 41148 sekarang juga!

Aplikasi Terkait
KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top