istanbul escortsistanbul escortsistanbul escortsistanbul escortsistanbul escortsistanbul escortsistanbul escortsistanbul escortsistanbul escortsistanbul escorts
istanbul escortsistanbul escortsistanbul escortsistanbul escortsistanbul escortsistanbul escortsistanbul escortsistanbul escortsistanbul escortsistanbul escorts
istanbul escortsistanbul escortsistanbul escortsistanbul escortsistanbul escortsistanbul escortsistanbul escortsistanbul escortsistanbul escortsistanbul escorts
istanbul escortsistanbul escortsistanbul escortsistanbul escortsistanbul escortsistanbul escortsistanbul escortsistanbul escortsistanbul escortsistanbul escorts
porno izleporno izleporno izleporno izleporno izlepornopornopornopornopornopornopornoporniocoolpornpornspotsex pornosex pornosex pornosex hikayesex hikaye
TIPS TRIK

4 Tips Bangun Bisnis Sukses yang Autopilot

NanaMiku   07 Oct 2021
4 Tips Bangun Bisnis Sukses yang Autopilot

Salah satu impian dari pelaku bisnis, terutama untuk pelaku UMKM, adalah memiliki bisnis yang bisa berjalan sendiri dan berkelanjutan atau disebut juga dengan istilah “autopilot.” Bisnis yang sudah autopilot adalah bisnis yang dapat berjalan secara berkelanjutan tanpa kehadiran pemilik bisnis untuk mengawasi secara langsung di kantor. Namun di masa pendemi ini, impian ini semakin sulit tercapai karena para pengusaha harus menghadapi berbagai tantangan baru seperti penyesuaian fleksibilitas karyawan seperti waktu dan tempat bekerja.

Menurut survei EY 2021 Work Reimagined Employee Survey, 6 dari 10 karyawan di Asia Tenggara akan mengajukan pengunduran diri apabila mereka tetap dipaksa untuk bekerja di kantor dan tidak diberikan fleksibilitas dalam bekerja. Hal ini harus menjadi perhatian lebih bagi para pengusaha agar tetap menjaga agar bisnis dapat berjalan lancar dan menguntungkan tetapi tetap memperhatikan kualitas kesehatan karyawan di masa pandemi.

Dalam Program Aksilerasi III Ninja Xpress, Nadya Amatullah Nizar yang merupakan pemilik dari Nadjani, salah satu brand fashion yang sudah autopilot, mengungkapkan bahwa, “Karyawan menjadi aspek yang paling penting dalam mewujudkan bisnis yang auto pilot. Bahkan, karyawan menjadi roda penggerak bisnis yang penting agar profit tetap terjaga. Maka dari itu, sudah seharusnya bagi para pelaku UKM untuk lebih memperhatikan kebutuhan karyawannya agar tetap produktif selama pandemi”.

Berikut adalah 4 tips dari Nadya agar karyawan menjadi adaptif dalam bekerja di masa pandemi:

1. Membangun Pola Komunikasi yang Sehat

Kemampuan berkomunikasi secara efektif tentunya sudah jadi kebutuhan esensial bagi para pemilik bisnis. Kalian harus menerapkan komunikasi dua arah dengan karyawan ketika terjadi masalah gara menghasilkan win-win solution.

2. Memperhatikan Standar Kualitas Kebutuhan Karyawan

Tidak dapat dipungkiri, para karyawan bekerja agar dapat memenuhi kebutuhan dasar mereka. Selain harus memenuhi kebutuhan dasar para karyawan, para pemilik bisnis juga diharapkan menyediakan fasilitas bagi karyawan untuk dapat meningkatkan kompetinsi diri seperti berbagai macam pelatihan.

3. Pentingnya Standar Operasional

Standar atau sistem operasional adalah salah satu faktor yang harus diperhatikan oleh para pelaku UMKM. SOP yang jelas berlaku di berbagai divisi baik admin, keuangan, produksi, dan lainnya. Hal ini penting karena SOP akan membawa karyawan untuk dapat lebih mudah bekerja dengan sistem yang sudah jelas cara kerjanya. Melalui SOP yang jelas, pemilik bisnis tidak harus memperhatikan setiap hari karyawan yang ada di kantor.

4. Tanamkan Kepercayaan Pada Karyawan

Percaya pada karyawan adalah salah satu kunci penting agar karyawan jadi merasakan kepemilikian terhadap brand. Dari sikap percaya pemilik bisnis yang diberikan kepada karyawan akan menimbulkan sikap positif dari karyawan. Tidak hanya itu, rasa memiliki tersebut akan membuat jiwa karyawan merasa selalu ada di brand.

4 tips ini disampaikan oleh Nadya Amatullah Nizar dalam program Akilerasi III yang diadakan oleh Ninja Xpress. Selain Nadya, hadir juga Ethika selaku Head of Salses di Jobstreet. Ethika menegaskan pentingnya penerepan sistem yang efektif dalam proses rekrutmen karyawan. Dengan mengguankan fitur filter kandidat hingga 10 kategori, para pengusaha dapat mencari kandidat yang benar-benar sesuai kebutuhan perusahaan melalui Jobstreet, seperti itngkat pendidikan kandidat dan pengalaman kerja.

Dalam mencari kandidat karyawan yang memiliki skill set khusus, selain mengiklankan lowongan kerja, perusahaan juga dapat menggunakan layanan talent search utnuk mencari sendiri kandidat melalui database Jobstreet yang sudah mencapai 11,6 juta profil di 2021.

“Berkaca pada laporan Suara UKM Negeri, Masalah SDM kerap kali dirasakan, seperti keterlambatan produksi barang paling banyak dirasakan oleh pelaku UKM yang memiliki merek (32%), sedangkan kesulitan beradaptasi dari offline ke online lebih banyak dihadapi oleh reseller (36%), sengaja kami hadirkan topik dan narasumber yang tepat guna menyentuh lebih banyak pelaku UKM untuk segera menerapkan tips yang sangat berguna dalam meningkatkan skala bisnis,” ujar Andi Djoewarsa selaku CMO dari Ninja Xpress.

Dalam program Aksilerasi III yang bertemakan “Capai Omzet Milyaran dari Rumah Melalui Akses Jaringan Bisnis oleh Ninja Xpress,” selain berfokus dalam memberikan akses jaringan bisnis untuk meningkatkan skala bisnis, program ini juga menghadirkan kisah sukses para pelaku UKM agar dapat menginspirasi masyarakat yang baru saja merintis UKM.

Salah satunya adalah Nadya, pemilik brand fashion Nadjani. Awalnya, dia mengerjakan seluruh operasional bisnis hanya berdua dengan suaminya saja. Kini, Nadya sudah emmiliki banyak karyawan yang dapat bekerja sesuai dengan standar operasional tanpa keterlibatan Nadya secara langsung.

“Menjadi komitmen Ninja Xpress kedepan, melalui program Aksilerasi III akan terus menghadirkan para pelaku UKM untuk membagikan kisah sukses mereka agar dapat menginspirasi pelaku UKM lainnya untuk mewujudkan bisnis yang autopilot dan membuka akses kepada pelaku UKM agar dapat bertemu dengan calon reseller guna memperluas skala bisnisnya”. tutup Andi Djoewarsa.

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top