TIPS

4 Kerugian Mengunduh Aplikasi Bajakan di Play Store

Dwi K   17 Nov 2017
4 Kerugian Mengunduh Aplikasi Bajakan di Play Store

Berbagai aplikasi sudah menjadi aplikasi-aplikasi yang wajib ada di setiap handphone. Beberapa di antaranya adalah aplikasi media sosial, belanja online, dan transportasi online, yang mungkin menjadi aplikasi teratas di Play Store mau pun App Store.

Salah satu aplikasi yang paling banyak digunakan itu adalah aplikasi WhatsApp . Dengan kesuksesan seperti WhatsApp tersebut, tentu saja akan ada banyak aplikasi bajakannya yang ingin meraup kesuksesan dengan cara mendompleng nama WhatsApp . Bahkan, sudah ada aplikasi WhatsApp bajakan yang sudah menembus 1 juta download di Play Store milik Google.

Meng-install aplikasi bajakan tentunya memiliki banyak kekurangan serta resiko keamanan yang harus diperhatikan. Apa saja kerugiannya? Marilah kita lihat di bawah ini.

Pulsa dan Kuota Akan Tersedot

Seperti yang sudah kita ketahui, aplikasi bajakan memang tidak bisa digunakan seperti aplikasi aslinya. Biasanya, isi aplikasi bajakan tersebut hanyalah dipenuhi dengan iklan-iklan yang tentunya akan terus menyedot kuota milik kita. Bahkan. ada beberapa iklan yang menyedot sampai 80% kuota data yang kita gunakan.

Jangan terlupa juga dengan kenyataan bahwa banyak dari aplikasi bajakan itu yang mengharuskan kita untuk berlangganan via SMS sehingga akan semakin menghabiskan pulsa kita.

Rentan Malware

Iklan-iklan yang disebutkan tadi juga dapat berbahaya karena bisa saja sudah dihinggapi dengan malware dan virus. Malware dan virus ini dikhawatirkan bakal menyerang data-data penting yang kita miliki, seperti data perbankan dan kontak telepon di dalam gadget kita.

Perhatikanlah dengan teliti sebelum meng-install aplikasi-aplikasi karena Google Adsense yang notabene juga merupakan sebuah platform iklan terbesar saja nyatanya juga bisa dihinggapi oleh malware, lho.

Pencurian Password

Pada saat selesai men-download WhatsApp untuk pertama kalinya, kita akan diminta untuk melakukan login tentunya. Nah, jika WhatsApp yang kita download adalah aplikasi bajakan atau palsu, maka kita akan rawan untuk terkena aktivitas Phising alias pencurian password oleh pihak-pihak yang tak bertanggung jawab dengan mengunakan laman login yang sangat mirip dengan aslinya.

Pastikanlah agar aplikasi yang kita download tersebut memiliki privacy policy dan permission yang jelas agar kita bisa terhindar dari aktivitas phising.

Handphone Lambat

Jika kita sudah mengalami kejadian-kejadian di atas, maka ada kemungkinan bahwa handphone kita sudah terjangkit oleh malware. Hal ini sangat menyebalkan, karena malware akan mempengaruhi kinerja dari sistem smartphone kita sehingga akan menjadi lambat pada saat digunakan.

Meng-install antivirus merupakan solusi yang paling mudah untuk menghilangkan malware, namun melakukan flash ulang dan factory reset pun sangat disarankan agar malware yang ada bisa terhapus dengan sempurna.

Berhati-hatilah dalam memilih aplikasi yang ingin di-download. Walau pun aplikasi tersebut mungkin sudah sangat umum, tetapi banyak aplikasi bajakan atau palsu yang disamarkan sehingga mirip dengan aplikasi-aplikasi terkenal yang dilakukan oleh pihak-pihak yang tak bertanggung jawab dengan harapan akan ada user yang bisa tertipu dan sampai salah untuk men-download.

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top