TIPS TRIK

4 Hal yang Harus Dilakukan sebelum Update Android

Escravania   09 Feb 2018
4 Hal yang Harus Dilakukan sebelum Update Android

Proses pembaruan atau update perangkat Android adalah hal yang umum, dan terdapat beberapa cara yang benar yang harus diikuti jika Anda ingin pembaruan Android Anda berjalan dengan semestinya. Walaupun hal-hal ini tidak dapat menjamin bahwa Android Anda akan 100% bebas dari bug setelah pembaruan, paling tidak hal-hal di bawah ini akan mengurangi risiko yang dapat terjadi dan akan membuat pengalaman Android Anda lebih menyenangkan.

Backup data Anda

Mem-backup semua data di ponsel atau perangkat Android Anda adalah satu hal dasar yang harus selalu diingatkan untuk dilakukan. Lebih banyak mem-backup lebih bagus, semakin sering mem-backup semakin baik, semakin banyak tempat penyimpanan hasil backup Anda lebih aman. Anda bisa mendapatkan layanan awan backup Anda sendiri, gunakan aplikasi gratis seperti Helium, salin file ke komputer Anda dengan kabel USB, email file-file Anda ke email Anda sendiri, buat Nandroid – lakukan apa pun yang diperlukan. Intinya adalah Anda melakukannya. Dan kemudian Anda melakukannya lagi, untuk memastikannya.

Isi daya baterai Anda

Hal penting selama pembaruan adalah bagi baterai ponsel Android Anda untuk tidak kehabisan daya. Jadi pastikan baterai ponsel Anda memiliki muatan yang memadai sebelum Anda mulai. Sebaiknya pastikan baterai Anda berada di sekitar 70 sampai 80 persen, sebelum Anda mulai menginstal pembaruan apapun.

Ambil beberapa screenshot terakhir

Sebaiknya ambil beberapa screenshot di layar utama Anda dan kirimkan lewat email kepada diri Anda sendiri sebelum memulai.

Jika Anda menggunakan launcher Android alternatif, Anda dapat menyimpan preferensi layar utama Anda, namun tidak jika Anda menggunakan peluncur bawaan ponsel, dan oleh karenanya ambillah beberapa screenshot layar utama ponsel Anda. Ini akan menjadi pengingat praktis yang dapat Anda gunakan untuk mengatur ponsel Anda kembali sesuai keinginan Anda setelah Anda selesai melakukan semua pembaruan. Pembaruan itu sendiri tidak akan me-reset ponsel Anda, namun Anda akan melihat mengapa kami merekomendasikan untuk mengambil screenshot pada langkah berikutnya ini.

Hapus cache dan factory reset

Sebagian dari Anda mungkin mengklaim tidak perlu melakukan factory reset setelah melakukan pembaruan Android dan itu mungkin benar untuk Anda. Tapi paling tidak Anda harus membersihkan cache sistem untuk Android Anda setelah menginstal firmware. Ini adalah cara tercepat dan termudah untuk membersihkan bug awal penguras baterai dan yang menyebabkan berbagai masalah pada kinerja ponsel.

Factory reset dan pendekatan ‘mulai dari nol’ dengan firmware baru memberi Anda kesempatan terbaik untuk menghindari masalah yang tampaknya mengganggu pengguna setelah melakukan pembaruan.

Setelah Anda mem-backup semua data Anda dan menginstal pembaruannya, cukup reboot ke pemulihan (biasanya dengan mematikan ponsel Anda dan menahan tombol Power and Volume Down secara bersamaan, namun bervariasi pada ponsel yang berbeda – cari situs untuk perangkat Anda) dan kemudian hapus partisi cache dan factory reset.

Saat Anda melakukan booting lagi, cukup pulihkan backup Anda (atau gunakan fitur Tap & Go Android) dan atur kembali layar utama Anda sesuai keinginan Anda menggunakan screenshot yang sebelumnya telah Anda ambil sebagai referensi.

Seperti yang telah dikatakan di atas, tidak ada jaminan bahwa versi Android yang baru tidak akan memiliki bug, namun masalah pada kinerja dan baterai yang biasa terjadi, reboot acak dan aplikasi yang tiba-tiba berperilaku aneh umumnya dapat dihindari dengan prosedur sederhana ini. Selamat mencoba.

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top