TIPS TRIK

4 Cara Mengatasi Memori Android yang Penuh

Ayu Handayani   12 Apr 2017
4 Cara Mengatasi Memori Android yang Penuh

Untuk para pemilik smartphone, kalian pastinya sering mengalami kondisi memori pada handphone kalian yang jadi penuh dengan cepat sekali. Padahal, kalian merasa hanya memiliki sedikit aplikasi mobile yang tertanam di dalamnya. Bahkan, untuk melakukan update aplikasi mobile pun akhirnya tidak bisa karena memori yang kepenuhan tersebut.

Nah, jika kalian sering atau pun pernah mengalami hal ini, jangan khawatir! Karena, ada beberapa cara untuk mengatasinya. Yuk, langsung simak di bawah ini.

1. Menghapus layanan film dan musik offline

Selain foto dan video, yang paling banyak memakan memori pada handphone rupanya adalah film dan musik. Oleh karena itu, jika kalian sering menonton film atau mendengarkan musik secara online, jangan terlupa juga untuk menghapus film atau pun musik tersebut daripada menambah isi memori pada smartphone kalian.

2. Melakukan sinkronisasi foto dan video ke Google Photo

Mengunggah foto dan video ke Google Photo adalah salah satu alternatif yang bisa kalian lakukan untuk membuat memori pada smartphone kalian agar tidak menjadi penuh dengan cepat sekali. Namun, ada baiknya bagi kalian untuk menggunakan koneksi WiFi ketika menggunggahnya karena proses tersebut akan memakan cukup banyak kuota data.

3. Menghapus cache aplikasi mobile

Cache adalah data-data berupa informasi mau pun link yang ada pada suatu aplikasi mobile. Tanpa disadari, menyimpan terlalu banyak cache ini bisa memakan memori pada smartphone kalian. Untuk menghapusnya, kalian perlu pergi ke Settings > Apps > Clear Cache. Kalian tidak perlu merasa takut kalau data-data kalian bisa sampai menghilang, karena menghapus cache ini tidak akan terlalu berpengaruh pada aplikasi mobile.

4. Menghapus data dari browser

Data-data di browser seringkali membuat memori pada smartphone jadi penuh. Biasanya, data-data yang disimpan oleh browser ini berupa password, sehingga kita tidak perlu menuliskannya kembali tiap kali melakukan login. Untuk menghapusnya, bukalah Settings > Privacy > Clear Browsing Data.

Selamat mencobanya, ya!

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top