REVIEW

18 Aplikasi Terbaik untuk Berbagi Ilmu di Tahun 2018 (2)

Bruno Mukti   12 Feb 2018
18 Aplikasi Terbaik untuk Berbagi Ilmu di Tahun 2018 (2)

Maraknya video blogging ternyata tak menyurutkan para penulis untuk tetap berkarya. Ada satu hal yang tetap membuat tulisan bisa bertahan hingga sekarang ini, yaitu dimana imajinasi dari setiap pembaca yang tak terbatas itu membuat karya tulisan tetap ada. Selain itu, tidak semua orang juga bisa membuat video dengan indah seindah rangkaian kata-kata yang dimuat dalam sebuah blog. Dengan menggunakan blog, penulis bisa berbagi banyak hal termasuk juga apa yang mereka miliki. Tak hanya kehidupan sehari-hari saja, tapi juga ilmu yang mereka miliki dapat dibagi di sana dalam bentuk tulisan. Walaupun sebenarnya video sendiri juga masuk ke dalam kategori blogging.

Perkembangan teknologi yang semakin pesat ini, membuat orang dapat menulis dan berbagi ilmu dimana pun mereka berada termasuk dari genggaman tangan mereka. Jika dahulu orang menulis menggunakan kertas untuk memulai sebuah konsep, kali ini mereka bisa langsung menulisnya di ponsel pintar mereka masing-masing dan langsung saja membagikannya. Sudah siapkah untuk kembali berbagi? Berikut adalah 18 aplikasi terbaik untuk berbagi ilmu di tahun 2018 (2).

10. Flipboard

Harga: Gratis
Link Download: Android / iOS

Tidak seperti layanan yang banyak disebutkan di bagian pertama dari 18 aplikasi terbaik untuk berbagi ilmu di 2018, aplikasi ini lebih menjadi penunjang bagi para blogger untuk mencari sumber dan inspirasi tulisan mereka yang akan dimuat pada blog pribadi masing-masing. Aplikasi ini memiliki kemampuan untuk melihat akun mereka seperti Facebook, Twitter, dan Google+ dalam satu wadah. Dengan menggunakan aplikasi ini, para blogger yang mungkin tidak memiliki banyak waktu untuk mencari-cari bahan yang mereka butuhkan secara spesifik, pada Flipboard ini mereka bisa menggunakannya untuk melihat setiap hari perkembangan mengenai berita, atau artikel yang mereka butuhkan di dalam blog mereka.

Dengan menggunakan platform ini, pengguna akan dipermudah untuk mengembangkan dunia yang ingin mereka bagi di blog. Mereka bisa mensortir artikel, topik-topik mernaik, video, dan bahkan foto yang mereka butuhkan. Tak hanya itu saja, jika pengguna melakukan sinkronisasi terhadap akun sosial media mereka, ini bisa juga digunakan untuk melihat pesan-pesan yang masuk dari daftar teman-teman mereka.

Fitur yang ditawarkan di dalam aplikasi ini antarai lain; mengumpulkan banyak artikel di dalam satu wadah sesuai kebutuhan pengguna. Selain itu juga ada log yang bisa didapatkan melalui website flipboard. Aplikasi ini juga akan mensortir berbagai macam hal yang dibutuhkan oleh pengguna seperti; artikel, foto, dan video. Jadi pengguna tak perlu takut lagi kehilangan sumber yang mereka butuhkan untuk post mereka di blog.

11. BeyondPod Podcast Manager

Harga: Gratis
Link Download: Android

Aplikasi ini hampir sama dengan aplikasi yang telah dijelaskan di atas, dimana ini adalah penunjang bagi para blogger untuk mencari sumber inspirasi yang nanti akan dipublikasikan di blog mereka. Bagi para blogger yang tidak memiliki banyak waktu untuk membaca sumber berita, atau mendengarkan konten audio, dan juga menonton konten video, maka dengan aplikasi ini, mereka bisa melakukan subscribe, download, dan juga mendengarkan ke audio podcast, dan juga menonton video dimana pun mereka ada waktu senggang di luar sana. Secara penggunaannya sendiri, aplikasi ini terbilang cukup sederhana dalam tampilan, dan menjamin pengguna dapat menggunakannya dengan mudah.

Pengembang dari aplikasi ini membuat aplikasi ini dikhususkan bagi mereka yang mungkin sering berkemudi dan banyak menghabiskan waktu di jalan raya. Dengan aplikasi ini, pengguna bisa mendapatkan inspirasi dari berita yang dibacakan secara audio layaknya berita yang tertulis di internet. Jadi dengan demikian, pengguna tidak perlu lagi menyisihkan waktu secara khusus karena bisa memanfaatkan waktu berjalan mereka untuk mendengarkan sumber berita yang ingin mereka kumpulkan.

Secara keseluruhan, aplikasi ini adalah aplikasi yang nyaman sekali digunakan. Terlebih lagi banyaknya dukungan pengaturan yang ada di dalam aplikasi memang benar-benar membantu penggunanya untuk bisa melakukan banyak hal di sana. Sebagai tambahan, aplikasi ini juga telah didukung dengan tampilan pada widget yang sangat menarik, atau juga bisa diatur untuk screen lock, dekstop, dan bahkan notifikasi untuk di ponsel pintar.

12. Dragon Anywhere

Harga: Gratis
Link Download: Android / iOS

Dengan menggunakan aplikasi Dragon Anywhere, pengguna baik di perangkat iOS ataupun Android dapat secara cepat membuat sebuah catatan kecil, ataupun catatan besar pada sebuah pesan. Aplikasi ini akan membantu penggunanya untuk membuat sebuah kata-kata yang bagus dan layak dipublikasikan. Sebenarnya aplikasi ini banyak digunakan oleh para pebisnis, tapi juga tidak menutup kemungkinan jika digunakan oleh para blogger. Aplikasi ini juga bisa digunakan untuk mereka yang ingin presentasi di depan klien atau siapa pun, karena memang akan memberikan kata-kata yang tepat untuk digunakan, dan juga telah mendukung beberapa ekspresi.

Tak hanya itu saja, pada aplikasi ini, pengguna juga bisa memanfaatkan suara untuk dijadikan teks. Pengguna bisa mendikte kata-kata yang ingin mereka tuliskan pada blog melalui aplikasi ini. Tak hanya itu saja, perintah yang dikeluarkan oleh penggunanya juga bisa dimanfaatkan di aplikasi ini untuk mengedit, menghapus, atau bahkan memilih kata yang ada di dalam paragraf. Fitur lainnya yang juga disematkan di dalam aplikasi ini adalah, dimana pengguna juga bisa mengimpor dan mengekspor konten dari berbagai tools yang tersedia melalui cloud seperti Dropbox, dan bisa menyimpannya melalui aplikasi seperti Evernote yang telah dijelaskan di artikel pada bagian pertama.

13. Writer

Harga: Gratis
Link Download: Android

Bukanlah hal yang mudah memang untuk menulis sebuah post di ponsel pintar. Terlebih lagi kemampuan ponsel dan keyboard yang ada di sana juga tidak begitu memungkinkan untuk menulis dengan cepat. Apalagi masih banyak gangguan dari notifikasi-notifikasi yang masuk ke sana tentu akan memecah konsentrasi saja. Hal ini juga akan membuat pengguna justru lebih banyak di aplikasi lainnya daripada tetap fokus pada tulisan yang mereka buat.

Dengan aplikasi Writer ini, pengguna bisa memanfaatkannya untuk menulis artikel yang nanti dapat dipublikasikan pada blog mereka tanpa harus terganggu dengan notifikasi-notifikasi yang muncul tadi. Selain itu, pada aplikasi ini juga telah mendapat dukungan editing yang sangat bermanfaat bagi penulis sebelum nanti dipublikasikan.

14. Cogi- Notes & Voice Recorder

Harga: Gratis
Link Download: Android / iOS

Aplikasi Cogi ini dapat berguna bagi mereka yang ingin tetap menjaga ide mereka ada di dalam sebuah catatan kecil dimana pun mereka berada. Dengan aplikasi ini pengguna bisa merekam atau juga menulis apa pun yang mereka butuhkan sebagai bahan tulisan di blog mereka nanti. Dengan menggunakan aplikasi ini, pengguna nanti bisa memanfaatkannya untuk menyimpan suara mereka yang dapat diimplementasikan menjadi sebuah tulisan, bahkan menjadi gambar. Selain itu mereka juga bisa melakukan pencarian di sana tentang apa saja yang dibutuhkan untuk mencari sumber artikel.

Dengan aplikasi ini, pengguna bisa menyimpan setiap percakapan yang terjadi baik terhadap narasumber, atau langsung dari yang mereka keluarkan dari mulut mereka sendiri. Tak hanya itu saja, pengguna juga bisa merekam percakapan yang terjadi pada telepon. Aplikasi ini dapat digunakan dengan sangat mudah, dan dapat di atur navigasinya untuk membuat file audio.

15. Pingdom

Harga: Gratis
Link Download: Android / iOS

Kestabilan sebuah website atau blog merupakan hal yang penting bagi setiap penulis blog atau yang memang mencari uang dari sana. Setiap menit dari server yang bermasalah, tentu saja akan memberikan banyak dampak bagi website, email, dan lainnya. Terlebih lagi jika website yang dikelola tersebut adalah sumber penghasilan utama. Bagi blogger biasa, tentu saja sedikit kesulitan untuk mengetahui dan memantau setiap waktu tentang blog-nya agar tetap bisa dijangkau oleh para pembacanya. Namun dengan menggunakan aplikasi Pingdom ini, semuanya akan menjadi mudah untuk diatasi, sehingga para pembaca pun tidak akan pergi dan penghasilan dari blog akan terus berjalan dengan baik.

Dengan menggunakan aplikasi ini, maka setiap kali ada eror ataupu server down yang terjadi di website pengguna, maka akan ada notifikasi yang keluar di ponsel. Setelah demikian, maka pengguna bisa melaporkan hal tersebut ke pihak pengelola server agar bisa cepat diperbaiki. Menurut kami, ini adalah salah satu aplikasi yang cukup baik untuk memantau website secara langsung dari genggaman tangan. Setelah menginstal aplikasi ini di ponsel mereka, pengguna bisa langsung menerima Push Notification secara langsung. Pengguna bisa memilih verifikasi apa yang mereka inginkan, seperti (HTTP, Ping, DNS, SMTP, IMAP, POP3, TCP Port, dan masih banyak lagi lainnya.)

16. Weebly

Harga: Gratis
Link Download: Android / iOS

Weebly adalah sebuah aplikasi yang dapat digunakan untuk membuat website dengan dengan begitu bagus. Layanan yang diberikan dari aplikasi ini memberikan jutaan manfaat bagi setiap penggunanya di seluruh dunia. Hanya saja ada sedikit masalah yang muncul di aplikasi ini, yang mana untuk pelokalan bahasa di dalam aplikasi kurang begitu bagus. Namun selain masalah yang muncul itu, semua yang ada di aplikasi ini memang benar-benar membantu untuk pembuatan website.

Aplikasi sengaja di buat oleh pengembangnya untuk orang-orang awam yang tidak begitu paham untuk membangun sebuah website dengan baik di internet. Dengan menggunakan Weebly ini, orang biasa yang ingin membuat website dapat langsung mempraktekannya tanpa harus melakukan persiapan terlebih dahulu. Seperti yang selalu dilakukan oleh para programer profesional saat ingin membuat sebuah website. Untuk memulai dengan Weebly, pengguna hanya perlu mengisi tiga langkah yang akan dilakukan di dalam aplikasi yaitu; website, blog, atau online store. Apa yang mereka inginkan telah tersedia di sana semuanya. Setelah mereka memilih apa yang ingin mereka buat, maka aplikasi akan menawarkan template dan domain untuk blog atau website pengguna.

17. Notegraphy

Harga: Gratis
Link Download: Android / iOS

Penulisan pada sebuah blog atau website akan menjadi menarik jika diiringi dengan desain yang ada di dalamnya. Kata-kata kosong tanpa ada desain yang menarik memang tetap bisa dibaca dan dinikmati. Namun jika ditambahkan dengan desain yang menarik, maka pembaca pun akan semakin nyaman untuk melihat dan memulai untuk membacanya. Notegraphy sendiri adalah sebuah aplikasi yang bisa menciptakan sebuah tulisan digabung dengan desain. Tujuan dari aplikasi ini sendiri tentu saja untuk mempercantik tulisan-tulisan tersebut. Tulisan-tulisan yang bisa dibuat di Notegraphy ini adalah kutipan-kutipan yang mungkin bisa diciptakan sendiri dan dibagikan kepada siapa saja di internet.

Desain yang ditawarkan di dalam aplikasi ini pun tidak main-main, sebab pengembang dari aplikasi ini juga merangkul desain grafis profesional dalam menciptakan template untuk mendekorasi tulisan dari para blogger sendiri. Tulisan-tulisan yang dibuat tersebut nanti bisa dipublikasikan di dalam aplikasi ini, atau juga dapat dibagikan di sosial media seperti; Facebook, Twitter, Tumblr, Instagram, dan masih banyak lagi lainnya.

18. Todoist

Harga: Gratis
Link Download: Android / iOS

Todoist adalah sebuah aplikasi organizer profesional yang bisa digunakan oleh siapa saja untuk kehidupan sehari-harinya. Walaupun demikian, bukan berarti aplikasi ini tak dapat digunakan bagi para blogger. Aplikasi ini ternyata bisa dimanfaatkan untuk menolong setiap penggunanya untuk membuat sebuah buku harian, atau blog harian mereka. Dengan menggunakan aplikasi ini, pengguna bisa memanfaatkannya untuk menulis proyek mereka atau menulis blog dalam bentuk konsep yang terstruktur.

Apalagi jika ini memang digunakan untuk keperluan blog harian mereka. Tentu saja ini akan sangat membantu sekali, sebab mereka bisa menuliskan runtutan pekerjaan dan aktivitas mereka seharian sehingga bisa dijadikan menjadi satu tulisan yang bagus untuk dipublikasikan di blog mereka. Secara tampilan, aplikasi ini sangat mudah digunakan tanpa kendala apa pun. Selain itu, aplikasi ini juga telah mendapatkan dukungan dari perangkat lainnya seperti; PC dan juga Tablet.

Artikel Terkait
KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top