REVIEW

18 Aplikasi Terbaik untuk Berbagi Ilmu di Tahun 2018 (1)

Bruno Mukti   09 Feb 2018
18 Aplikasi Terbaik untuk Berbagi Ilmu di Tahun 2018 (1)

Maraknya video blogging ternyata tak menyurutkan para penulis untuk tetap berkarya. Ada satu hal yang tetap membuat tulisan bisa bertahan hingga sekarang ini, yaitu dimana imajinasi dari setiap pembaca yang tak terbatas itu membuat karya tulisan tetap ada. Selain itu, tidak semua orang juga bisa membuat video dengan indah seindah rangkaian kata-kata yang dimuat dalam sebuah blog. Dengan menggunakan blog, penulis bisa berbagi banyak hal termasuk juga apa yang mereka miliki. Tak hanya kehidupan sehari-hari saja, tapi juga ilmu yang mereka miliki dapat dibagi di sana dalam bentuk tulisan. Walaupun sebenarnya video sendiri juga masuk ke dalam kategori blogging.

Perkembangan teknologi yang semakin pesat ini, membuat orang dapat menulis dan berbagi ilmu dimana pun mereka berada termasuk dari genggaman tangan mereka. Jika dahulu orang menulis menggunakan kertas untuk memulai sebuah konsep, kali ini mereka bisa langsung menulisnya di ponsel pintar mereka masing-masing dan langsung saja membagikannya. Sudah siapkah untuk kembali berbagi? Berikut adalah 18 aplikasi terbaik untuk berbagi ilmu di tahun 2018 (1). 

1. Blogger

Harga: Gratis
Link Download: Android

Aplikasi ini mungkin yang paling populer di antara semua aplikasi yang ada di dalam daftar artikel ini. Selain karena aplikasi ini milik Google, kebanyakan orang memang membuat blog pribadi mereka pada situs ini. Tak hanya itu saja, aplikasi ini juga biasanya sudah tersedia secara langsung pada sistem operasi Android.

Beberapa fitur andalan yang ditawarkan di dalam aplikasi ini antara lain adalah; pengguna bisa membuat tulisan mereka langsung di ponsel seperti pada PC mereka dan bisa langsung mempublikasikannya atau hanya menyimpannya di draft. Selain itu pengguna juga bisa melakukan pembaharuan atau editing dengan menggunakan aplikasi ini pada tulisan mereka. Mungkin banyak yang berpikir juga kalau dengan menggunakan aplikasi ini akan menjadi lebih sulit untuk memasukkan dan mengedit gambar yang ada di dalam blog, namun pada kenyataannya setelah mencoba melakukannya di ponsel, ternyata semua semudah yang ada di blog. Tak hanya itu saja, pengguna juga bisa menambahkan lokasi dimana tempat mereka berbagi, dan juga mempublikasikannya dimana pun mereka berada di dunia ini. 

2. WordPress

Harga: Gratis
Link Download: Android / iOS

WordPress adalah salah satu aplikasi yang merupakan saingan terberat dari Blogger. Kebanyakan penulis blog menggunakan alternatif ini untuk menulis selain di Blogger milik Google. Di dalam aplikasi ini pengguna juga bisa menggunakan untuk berbagi ilmu dan keseharian mereka langsung dari genggaman tangan mereka tanpa harus menggunakan PC. Sebagai contohnya saja ketika pengguna sedang berjalan-jalan dan sedang tidak dekat dengan PC, maka mereka bisa menggunakan aplikasi ini untuk menulis langsung dari genggaman tangan mereka baik melalui smartphone ataupun tablet.

Aplikasi ini semakin hari semakin membaik seiring pengembangan yang terus diberikan oleh pengembangnya. Aplikasi ini sekarang juga telah menjadi lebih stabil dibandingkan dengan sebelumnya. Hal ini tentu membuat penggunanya menjadi semakin nyaman untuk menulis pada sebuah blog.

Fitur-fitur yang ditawarkan di dalam aplikasi ini antara lain seperti; pengguna dapat menulis dan mempublikasikan tulisan mereka langsung dari genggaman tangan mereka secara langsung baik di perangkat Android dan iOS. Pengguna juga bisa melihat berapa banyak jumlah halaman yang ada di dalam blog-nya setiap harinya. Selain itu pengguna juga bisa menyimpan tulisan yang mereka miliki sebagai sebuah proyek. Komentar yang ada di dalam blog pun bisa langsung dimoderasi langsung dari dalam ponsel mereka. Yang lebih terpenting lagi adalah, di dalam aplikasi ini, pengguna akan mendapatkan nuansa yang sama seperti saat mereka menggunakan WordPress di PC mereka.

3. Tumblr

Harga: Gratis
Link Download: Android / iOS

Tumblr adalah salah satu aplikasi yang dikembangkan oleh pengembang yang dulu pernah sangat terkenal yaitu Yahoo. Pengembang aplikasi ini nampaknya tidak pernah meninggalkan aplikasinya meski saat ini Yahoo sudah berpindah tangan. Hal ini dapat dibuktikan dengan masih banyaknya pengguna dari Tumblr di seluruh dunia. Pengguna banyak yang menggunakan aplikasi ini untuk menulis tulisan singkat dengan beberapa kutipan didalamnya, video, dan foto-foto dengan mudah. Kebutuhan untuk menulis atau blogging pun telah tersedia di sini sama seperti pada aplikasi blogging lainnya.

Beberapa fitur yang ditawarkan dari Tumblr sendiri adalah pengguna bisa melakukan post seperti yang ada di sosial media, mempublikasikan foto, video, audio, dan bahkan juga percakapan. Tampilan desain dari aplikasi ini juga terbilang luar biasa dibandingkan dengan para pesaingnya. Pengembang dari aplikasi ini bahkan memberikan penggunanya akses untuk merubah html jika mereka memang menginginkannya. Selain itu, aplikasi ini juga telah tersinkronisasi dengan jejaring sosial seperti Twitter dan Facebook. Pengguna bisa mengintegrasi apa ayng ada di ada di Tumblr untuk bisa terpublikasi juga secara langsung di jejaring sosial yang mereka miliki.

4. Ulysses

Harga: Gratis
Link Download: iOS

Dibandingkan dengan ketiga aplikasi yang telah disebutkan di atas tadi, aplikasi ini memang tak begitu banyak digunakan oleh khalayak umum. Kebanyakan pengguna aplikasi ini datang dari penulis, blogger, scriptwritter, sastrawan, editor dan masih banyak lainnya yang bersifat lebih profesional. Dalam pengolahan dokumen-dokumen yang ada di Ulysses sendiri semuanya bersifat atraktif dengan tampilan yang begitu mengesankan. Selain itu pada penulisan juga ada banyak sekali penawaran yang diberikan sehingga pengguna akan semakin sedikit melakukan typo pada saat menulis sesuatu. Pengguna juga bisa mengatur tema mereka sendiri dengan mudah di dalam aplikasi, dan hebatnya lagi tema di dalam aplikasi ini hanyalah sebuah fitur kecil yang ditawarkan di sana. Masih banyak hal hebat yang bisa dirasakan oleh pengguna pada saat menggunakan aplikasi ini.

Pada aplikasi ini, pengguna juga bisa dibantu dalam membuat tulisan yang fokus dan tidak keluar dari tema yang memang sedang dituliskan. Pengguna akan mendapatkan bantuan dalam membuat struktur tulisan yang berkonsep, dan tidak sekedar tertulis asal-asalan sesuai dengan yang ada di dalam pikirannya. Sehingga tulisan yang dibuat pun akan lebih mudah dibaca, atau setidaknya memang tidak keluar dari konsep awal yang telah direncanakan oleh penggunanya. Walaupun secara langsung memang kendali semuanya dipegang oleh masing-masing pengguna.

Sebagai contohnya saja, pengguna bisa mengatur tulisan mereka ke dalam 3 bagian grup. Yang pertama adalah tulisan yang dipublikasikan, yang kedua adalah tulisan yang sedang dalam proses pembuatan dan telah siap dipublikasikan. Terakhir adalah dimana pengguna bisa membuat tulisan dalam bentuk outline ide yang mana akan menjadi tulisan di masa yang akan datang. Dengan adanya pembagian seperti ini, tentu saja tulisan-tulisan yang nanti dimuat memang telah dibuat secara terkonsep dan rapi. Selain hal ini, sebenarnya masih banyak lagi fitur yang ditawarkan di dalamnya. Cobalah untuk menginstalasi dan berselancar di dalamnya, maka akan ada banyak sekali pengalaman baru yang bisa didapatkan di dalam aplikasi Ulyssses ini.

5. Evernote

Harga: Gratis
Link Download: Android / iOS

Evernote memanglah bukan aplikasi langsung dimana pengguna bisa membagikan ilmunya kepada seluruh pengguna internet. Namun hanya saja aplikasi ini tetap bisa menjadi penunjang aplikasi untuk blogging yang sangat berguna. Pengguna yang membutuhkan informasi untuk membuat suatu ide tulisan, maka aplikasi ini sangatlah berguna sekali untuk menyimpan ide-ide mereka sebelum akhirnya dipublikasikan pada sebuah website atau blog pribadi mereka. Kegunaan dari aplikasi ini sendiri adalah dimana, pengguna bisa menyimpan apa saja yang mereka dapatkan di internet untuk dibaca di kemudian hari. Sebagai contohnya saja, ketika pengguna malam hari sedang mencari-cari source dan membacanya, kemudian mereka mengantuk, biasa mereka kehilangan sumber-sumber tersebut karena tidak menyimpannya dimalam hari. Maka dengan menggunakan aplikasi ini, seperti ada dukungan kepada pengguna dalam menyimpan berbagai data yang dibutuhkan oleh mereka demi keperluan blogging. Pengguna juga bisa menghubungkan antara browser dan ponsel mereka untuk mensinkronisasi data yang ada.

Semenjak perilisan aplikasi ini di perangkat mobile, perkembangan blogging di seluruh dunia pun menjadi lebih baik. Aplikasi ini benar-benar membawa dampak yang baik untuk pengguna blog di seluruh dunia. Aplikasi ini merupakan aplikasi yang paling produktif yang bisa setiap orang gunakan di internet.

Fitur-fitur yang diberikan di dalam aplikasi ini antara lain adalah; pengguna bisa menyimpan ide-ide mereka untuk nanti dituliskan ke dalam blog mereka. Selain itu mereka juga bisa menyimpan ide mereka dalam bentuk rekaman suara. Mereka juga bisa membuat daftar apa saja yang harus dilakukan pada saat blogging, mengambil gambar, dan menulis apa pun yang mereka inginkan di mana saja.

6. Draft

Harga: $4,99
Link Download: iOS

Aplikasi ini adalah salah satu aplikasi yang memiliki banyak fungsi sebagai notepad, hanya saja aplikasi ini tidak tersedia di perangkat dengan sistem operasi Android. Fitur yang diberikan di dalam aplikasi ini cukup bagus, dimana pengguna bisa mengintegrasikan dengan aplikasi lainnya yang ada di perangkat iOS. Pengguna juga bisa membagikan catatan mereka ke berbagai macam servis yang ada di internet sebagai contohnya seperti: Cloud Storage: Dropbox, Google Drive, dan Buffer. Pada task manager bisa terhubung ke Clear, Due, Reminders, OmniFocus, Things, Calendar. Pada Noteholders & Notepads bisa terhubung ke Evernote, Byword, Simplenote, dan Markdown. Sedangkan pada sosial media bisa terhubung ke Twitter, Day One, Facebook, Google+ dan App. Net.

Tak hanya itu saja, pengguna juga bisa memanfaatkan mode yang diberikan di dalam aplikasi ini yang bernama Link Mode. Dengan menggunakan mode ini, pengguna bisa lebih mudah untuk melakukan salin dan tempel, pada sebuah link, nomor telepon, dan lain sebagainya.

7. Dictionary.com

Harga: Gratis
Link Download: Android / iOS

Seberapa penting sebuah kamus dalam menulis sebuah blog? Tentu saja ini merupakan hal yang penting, terlebih lagi jika pengguna tersebut menggunakan blog dengan Bahasa Inggris. Pemilihan kata yang tepat tentu saja menjadi masalah yang penting agar informasi yang disampaikan bisa benar-benar tercapai ke pembaca. Untuk memastikan hal tersebut, tentu saja kamus menjadi alat yang tepat untuk digunakan. Penulis tentu saja tidak ingin menuliskan kata secara berulang-ulang, agar setiap paragraf menjadi menarik untuk dibaca. Untuk bisa melakukan hal ini, maka mereka tentu saja perlu mencari sinonim dari kata tersebut.

Dictionary.com merupakan salah satu aplikasi yang sangat cocok untuk hal tersebut. Apalagi untuk para penulis yang memang bukan menggunakan Bahasa Inggris sebagai bahasa sehari-hari mereka. Di dalam kamus ini terdapat dua juta definisi yang bisa digunakan, dan ada banyak juga sinonim juga antonim yang ditawarkan di sana. Pengembang dari aplikasi ini pun terus mengembangkan aplikasinya untuk terus meningkat akurasi dari penataan bahasa yang diberikan di dalam kamus. Kata-kata yang populer atau yang sedang menjadi trending pun akan terus diberikan di dalam kamus oleh pengembang aplikasi ini. Seperti halnya kata-kata slang, abbreviations, dan lainnya yang mungkin lebih cocok untuk kebutuhan para pembaca jaman sekarang.

8. VivaVideo

Harga: Gratis
Link Download: Android / iOS

Berbagi memang tak melulu datang hanya dari tulisan saja, siapa saja bisa berbagi apa saja di internet ke seluruh dunia tentang apa yang ingin mereka sampaikan baik melalui foto ataupun video. Hanya saja untuk membagikan hal ini, tidak semua orang memiliki kemampuan khusus dan terlatih dengan baik. Mengedit video pun bukanlah hal yang mudah dilakukan, apalagi untuk orang-orang awam. Aplikasi ini sendiri berguna bagi siapa saja yang ingin berbagi konten video di dalam blog mereka. VivaVideo adalah salah satu aplikasi editing video yang bisa digunakan baik di perangkat iOS dan Android yang telah mendukung untuk digunakan di smartphone dan tablet.

Dengan menggunakan aplikasi ini, setiap blogger yang ingin menambahkan konten video di dalam blog-nya bisa menggunakan aplikasi ini dengan mudah untuk mengedit video. Bahkan para pengedit video semi-profesional pun juga banyak yang menggunakan aplikasi ini untuk mengedit video. Jadi sekarang pengguna tak perlu lagi susah-susah untuk mengedit video menggunakan laptop.

Beberapa fitur yang ditawarkan di dalam aplikasi ini adalah, pengguna dapat mengimplementasikan mode multi-capture dan telah didukung untuk fungsi PIP. Selain itu pengguna juga bisa menduplikat dan membuat track menjadi banyak sebaik seperti animasi headers. Tak hanya itu saja, yang membuat video semakin ciamik untuk ditonton adalah adanya 60 filter, dan spesial efek yang bisa digunakan oleh penggunanya dengan mudah. Ada juga tools yang bisa digunakan untuk membuat animasi slide show, kompilasi foto, dan masih banyak lagi fitur lainnya.

9. Feedly

Harga: Gratis
Link Download: Android / iOS

Beberapa tahun yang lalu, ketika Google menutup salah satu layanan mereka yang bernama Google Reader, nampaknya banyak yang beralih pada satu layanan yang bernama Feedly. Para pengguna Google Reader memutuskan untuk berpindah ke layanan tersebut karena memang memiliki tampilan situs yang enak dipandang, dan nyaman digunakan. Sekarang ini, layanan ini menjadi berkembang sangat pesat di seluruh dunia. Hal ini dibuktikan dengan jumlah para penggunanya di perangkat mobile yang menduduki peringkat kedua terbesar di dunia.

Menurut pendapat kami, Feedly ini memiliki layanan yang baik untuk rss-reader yang ditawarkan yang memang berguna untuk kebutuhan blogger. Jika kita berbicara mengenai versi mobile yang ada di perangkat Android dan iOS, maka aplikasi ini hampir sama dengan yang ada di versi websitenya. Dimana memberikan kemudahan dan kenyamanan dalam penggunaannya. Dengan aplikasi ini, pengguna bisa mendapatkan bahan-bahan yang mereka butuhkan untuk keperluan blog mereka. Pengguna bisa melakukan subscribe ke berita, situs, blog, atau majalah yang mereka ingin ikuti perkembangannya. Hal-hal seperti ini tentu saja akan memudahkan setiap orang dalam menulis sesuatu di dalam blog mereka, terlebih semakin banyak bahan yang dikumpulkan, maka tulisan yang disampaikan juga semakin bagus untuk disimak.

Artikel Terkait
KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top