REVIEW

Aplikasi Android Pilihan untuk Membuat Video Animasi (2)

Bruno Mukti   27 Oct 2017
Aplikasi Android Pilihan untuk Membuat Video Animasi (2)

Mungkin masih banyak yang bertanya-tanya bagaimana cara membuat video animasi di Android. Apalagi di jaman yang serba moderen ini, animasi memang banyak diperlukan dalam banyak hal, baik untuk sekedar hiburan saja, ataupun juga untuk menunjang kebutuhan sehari-hari dalam pekerjaan.

Jika dahulu animasi terdengar sesuatu yang sangatlah rumit, dan berpikir tidak semua orang bisa membuatnya. Sekarang ini jaman sudah semakin canggih. Bahkan hanya dari genggaman tangan saja, pengguna sudah bisa membuat animasi sesuai dengan yang mereka butuhkan. Banyak sekali aplikasi yang bermunculan di Android yang bisa membantu pengguna untuk membuat video animasi dengan mudah.

Beberapa aplikasi yang ada di Android ini pun, memiliki tingkat kesulitannya masing-masing. Ada yang sangat mudah sekali digunakan bagi pemula, ada juga yang butuh pengetahuan lebih. Dari sini maka bisa ditentukan beberapa pilihan cara membuat video animasi di Android sesuai dengan kebutuhan masing-masing pengguna.

Cara membuat video animasi untuk tingkat lanjut

Sudah lebih memahami cara-cara membuat video animasi? Nah, bagimu yang menginginkan untuk membuat sebuah video animasi dengan tingkat kesulitan yang lebih kompleks, berikut adalah aplikasi Android yang bisa menjadi 'senjata' dalam genggaman tangan kalian.

GIF Mob - Easy Stop-Motion Animation Camera

Harga: Gratis/In Apps Purchases
Link Download

Dibandingkan dengan aplikasi yang telah disebutkan di atas tadi, mungkin ini yang paling berbeda. Yang membedakannya adalah dimana pengguna tanpa perlu susah-susah membuat gambar di perangkat ponsel mereka. Yang mereka butuhkan hanyalah sebuah kamera dari ponsel saja. Pengguna bisa membuat animasi dari foto-foto yang telah dijepret dari ponsel. Namun bagi pengguna yang telah memiliki desain, atau mendapat gambar dari sumber lain, mereka akan tetap bisa menggunakannya dengan mudah, cukup dengan meng-import-nya ke dalam aplikasi.

Animasi yang ditawarkan dari aplikasi ini adalah, pengguna bisa membuat sebuah animasi stop-motion. Jadi gambar-gambar atau foto yang telah dimasukkan ke dalam aplikasi bisa dibuatkan sebuah pergerakan yang bagus untuk menjadi sebuah video alias gambar bergerak.

Animation Desk – Make Your Animation and Cartoons

Harga: Gratis/In App Purchases
Link Download

Dari segi konsep, sebenarnya aplikasi ini memiliki konsep yang serupa dengan StickDraw yang telah disebutkan di atas tadi. Hanya yang membuatnya berbeda adalah aplikasi ini sedikit lebih rumit dan kompleks dari segi fitur yang ditawarkan. Lalu kesamaannya sendiri adalah dimana pengguna akan dapat memulai untuk membuat gambar dari sebuah kertas kosong. Ada berbagai macam pilihan kuas yang ada di dalam aplikasi ini agar mempermudah penggunanya untuk membuat gambar yang ingin dibuat menjadi video animasi.

Kenapa aplikasi ini bisa dibilang sedikit lebih rumit, karena pengguna harus menggambarkan gambar satu persatu alias frame demi frame sebelum dijadikan sebuah video. Tentu ini akan menjadi sedikit lebih rumit bagi pemula. Namun pengguna pemula yang tak masalah dengan sedikit lama dalam proses pembuatan, tentu ini tidak akan menjadi masalah.

Ada satu fitur tambahan yang ada di dalam aplikasi ini, dimana pengguna bisa menambahkan suara dari rekaman ponsel mereka sendiri. Selain itu, mereka juga bisa menambahkan video di dalam animasi yang mereka buat.

Cara membuat video animasi dengan aplikasi pilihan editor

Nah, berikut adalah aplikasi yang kami rekomendasikan untuk kalian yang ingin lebih memahami cara-cara membuat video animasi secara langsung, hanya bermodalkan perangkat Android dalam genggaman tangan saja.

Zoobe

Harga: Gratis
Link Download

Animate it! adalah aplikasi yang bisa digunakan oleh setiap orang agar dapat membuat animasi dengan lebih mudah. Dalam hitungan menit saja, pengguna bisa membuat animasi yang terlihat bagus bagaikan seorang profesinal bekerja. Berbagai fitur yang ditawarkan di dalam aplikasi ini terbilang cukup nyaman. Aplikasi juga memberikan kemudahan bagi pengguna hanya dengan menggunakan jari tangan mereka ke layar sebuah ponsel. Namun karena ini animasi tiga dimensi, maka aplikasi ini hanya memberikan kebutuhan yang bisa dimasukkan ke dalam video animasi.

Cara membuat video animasi di aplikasi Zoobe ini, pengguna hanya perlu memasukkan gambar dengan sistem frame by frame. Yang membedakan dengan aplikasi lainnya, dimana fitur-fitur yang diberikannya terbilang cukup nyaman digunakan. Cara untuk membuat video animasi di dalam aplikasi ini sebenarnya tidak begitu sulit. Pengguna nanti bisa memilih titik-titik poin yang ada di karakter yang sudah tersedia, dari situ nanti pengguna bisa membuat karakter-karakter tersebut bergerak. Ini sebenarnya lebih mudah juga untuk pemula, namun tidak ada salahnya juga digunakan bagi tingkat lanjut.

BuddyPoke 3D Avatar Creator

Harga: Gratis
Link Download

Dengan aplikasi BuddyPoke 3D Avatar Creator ini, pengguna bisa membuat sebuah video animasi dengan avatar yang mereka ciptakan sendiri. Avatar yang ada di dalamnya, bisa diatur sedemikian rupa sesuai kehendak penggunanya. Ada berbagai macam pilihan aksesoris, dan juga penampilan yang bisa disematkan pada avatar mereka. Tak hanya sampai di situ saja, latar belakang dari video animasi yang mereka buat ini bisa mereka atur sendiri. Selain itu pengguna juga bisa menambahkan suara di dalam video animasi mereka.

Cara membuat video animasi dengan menggunakan aplikasi ini terbilang cukup mudah. Bahkan anak-anak pun bisa membuatnya tanpa harus banyak mempelajarinya terlebih dahulu. Avatar-avatar yang ditawarkan di dalamnya juga terbilang cukup unik buat anak-anak. Hanya saja, mungkin tidak semua orang dewasa akan cocok dengan aplikasi ini. Sebab karakter yang ditawarkan di sana memang sepertinya lebih cocok untuk dipasangkan kepada anak-anak.

Toontastic 3D

Harga: Gratis
Link Download

Toonstastic 3D merupakan aplikasi yang bisa dipakai oleh pengguna untuk membuat animasi tiga dimensi seperti kartun. Selain itu pengguna juga bisa membuat jalan cerita dari kartun mereka sendiri. Pada aplikasi ini, sudah disediakan berbagai karakter dan backgroud yang bisa dipakai oleh pengguna untuk membuat kartun. Lebih serunya lagi, pengguna bisa menambahkan suara di setiap karakter agar cerita tentu menjadi lebih menarik lagi. Tak berhenti sampai di situ, karakter di dalam aplikasi ini dapat diatur sehingga bisa dipasang wajah mereka sendiri.

Cara membuat video aplikasi di Toontactic 3D ini sendiri, pengguna tidak perlu repot atau bingung. Sebab, telah ada panduan yang bisa dilihat dan di terapkan dengan mudah. Pengguna bisa memilih untuk membuat video dalam durasi yang pendek atau panjang sesuai keinginan masing-masing.

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top