NEWS

11 Fakta Menarik dari Acara 11.11 Alibaba Group

en19ma   03 Nov 2020
11 Fakta Menarik dari Acara 11.11 Alibaba Group

Alibaba Group secara resmi memulai periode pra-penjualan untuk perhelatan tahunan Festival Belanja Global 11.11 pada tanggal 21 Oktober 2020 lalu. Untuk pertama kalinya, Festival 11.11 tahun ini akan terdiri dari dua periode penjualan untuk menghadirkan lebih banyak peluang bagi para brand dan pelaku bisnis yang berpartisipasi. Menanggapi tren konsumen yang senantiasa berubah, Festival Belanja 11.11 akan memanfaatkan ekosistem digital Alibaba untuk terus mendukung para merchant seraya memberikan pengalaman belanja yang paling inovatif dan menarik bagi konsumen.

Berikut ini adalah 11 fakta yang menarik dari periode pra-penjualan Alibaba Group:

1. Presales 11.11 dimulai dengan ledakan jumlah konsumen

  • Jumlah konsumen yang berbelanja selama satu jam pertama pra-penjualan meningkat lebih dari dua kali lipat jika dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun lalu.
  • Di hari pertama saja, lebih dari 300 brand yang berpartisipasi telah mencatatkan penjualan lebih tinggi dari total transaksi di festival tahun lalu.

2. Transaksi di Taobao Live meningkat 400%

  • Dalam 10 menit pertama sejak pra-penjualan 11.11 dibuka, transaksi yang dihasilkan dari Taobao Live melebihi keseluruhan performa dari hari pertama pra-penjualan pada tahun lalu. Pada akhir 30 menit pertama, transaksi telah melampaui Rp 109 triliun (RMB 50 miliar), yang menunjukkan peningkatan hingga 400% year-on-year (yoy).
  • Pramugari dari Hainan Airlines mempromosikan paket penerbangan dengan tanggal fleksibel dalam siaran langsung di platform Fliggy. Dalam dua jam, jumlah konsumen yang membeli paket tersebut sudah cukup untuk mengisi 100 pesawat hingga penuh.

3. Alibaba DAMO Academy meluncurkan livestreaming terjemahan secara real time pertama di dunia

  • Alibaba DAMO Academy dan AliExpress menjadi perusahaan pertama yang meluncurkan fitur terjemahan secara real-time selama livestreaming. Fitur ini dapat menerjemahkan Bahasa China ke Bahasa Inggris, Rusia, dan Spanyol.

4. Volume stok barang mencapai rekor baru

  • Per 21 Oktober 2020 lalu, hampir 10 juta ton produk (hampir dua kali lipat dari tahun lalu) telah dipindahkan ke gudang Cainiao.
  • Jumlah volume stok barang tahun ini mencapai rekor tertinggi sepanjang sejarah. Jika digabungkan, berat dari seluruh volume stok mencapai lebih dari 16.000 unit pesawat Airbus A380.

5. Kategori terlaris dalam hal stok

  • Terdapat tiga kategori yang paling banyak dicari untuk menambah stok persediaan di rumah, yaitu produk perawatan kulit, perlengkapan kebersihan wanita, dan barang-barang pembersih rumah tangga.
  • Jumlah stok produk kosmetik impor untuk pria meningkat lebih dari 3.000% yoy, sementara makanan hewan impor meningkat 200% yoy.

6. Diskon khusus untuk 800.000 rumah yang dijual di Festival 11.11

  • Festival Belanja 11.11 tahun ini menghadirkan promo khusus untuk 800.000 unit rumah yang dijual secara online, dengan diskon mencapai lebih dari Rp 2 triliun (RMB 1 miliar).

7. Kaola luncurkan makanan dan minuman anggur sekelas Michelin

  • Kaola meluncurkan pilihan bahan-bahan terbaik dunia dan minuman anggur yang berkualitas premium. Misalnya, penjualan ayam beras merah dari Thailand bertumbuh sebesar 310% pada hari pertama pra-penjualan. Kemudian, juga ditampilkan wiski Jepang dengan kualitas tertinggi, dengan harga lebih dari Rp 2 triliun (RMB 1 miliar) per botol.

8. Tmall Global menyediakan 1,2 juta produk impor dari seluruh dunia

  • Tmall Global meluncurkan Outbound Cloud Shopping Festival (dirancang untuk memudahkan berbelanja di mana saja, terutama karena adanya himbauan PSBB selama pandemi) pada hari pertama pra-penjualan 11.11. Lebih dari 26.000 brand – termasuk 2.600 brand baru – dari 84 negara ikut meramaikan Festival Belanja 11.11 dan menawarkan lebih dari 1,2 juta produk impor bagi konsumen.

9. Produk dengan jaminan keaslian membuat konsumen dapat berbelanja dengan lebih tenang

  • Alibaba Group memiliki sistem pelacakan untuk lebih dari 30.000 produk di 6.000 kategori, demi memastikan bahwa semua produk terjamin keasliannya.

10. Sebanyak 2,33 juta merchant berpartisipasi dalam program amal 'Goods for Good'

  • Sebanyak 2,33 juta merchant Alibaba telah mengambil bagian dalam program amal "Goods for Good" pada Festival Belanja 11.11 tahun ini, sehingga memudahkan konsumen untuk memberikan donasi sosial ketika hendak melakukan pembelian barang.

11. Royal Camel Farm persiapkan 8.500 ekor unta untuk Festival 11.11

  • Tmall Global telah bekerjasama dengan 100 perkebunan, peternakan, dan kebun anggur yang tersebar di seluruh dunia untuk menghadirkan produk terbaik bagi konsumen, mulai dari kopi Afrika hingga bahan lateks dari Thailand. Untuk mempersiapkan Festival Belanja 11.11, Tmall Global juga telah bekerjasama dengan peternakan unta terbesar di Dubai yang menyediakan 8.500 ekor unta untuk menghasilkan 1,6 juta liter susu unta yang lezat dan bergizi.
KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top