REVIEW

Terbaik, Aplikasi Diet Android dan Penghitung Nutrisi Makanan

Bruno Mukti   30 Jan 2018
Terbaik, Aplikasi Diet Android dan Penghitung Nutrisi Makanan

Kelebihan berat badan di zaman sekarang ini telah menjadi masalah yang paling sering dihadapi oleh setiap orang. Zaman memang telah banyak berubah, semakin berkembangnya teknologi membuat orang jadi semakin minim untuk beraktivitas. Hal inilah yang membuat kebanyakan orang menjadi kelebihan berat badan. Belum lagi ditambah dengan rutinitas yang begitu padat, sehingga membuat orang jadi tidak sempat untuk melakukan olahraga.

Untuk melakukan hal sepenting itu saja, banyak yang masih tidak bisa mengelola waktunya. Apalagi untuk mencari tahu, berapa banyak nutrisi yang mereka habiskan pada setiap harinya yang bisa membuat gemuk. Tentu saja, ini akan semakin tidak mungkin lagi untuk dilakukan. Tapi, tak perlu khawatir akan tersebut, sebab di sini ada beberapa aplikasi diet Android terbaik dan penghitung nutrisi makanan yang akan membantu pengguna ponsel semua di sini untuk menjalani diet dengan sehat. Bukan diet asal-asalan tanpa perhitungan sama sekali.

Aplikasi Gratis

Seperti yang Anda lihat, menghitung kalori sebenarnya tidak terlalu sulit dengan teknologi modern. Belum yakin menyoal mana aplikasi penghitung kalori yang harus dipilih untuk Anda sendiri? Pastikanlah untuk menyimak lebih lanjutnya di bawah ini.

1. Calorie Counter - MyNetDiary

Harga: Gratis
Link Download

MyNetDiary adalah salah satu aplikasi diet yang datang dengan perhitungan nutrisi makanan juga. Di dalam aplikasi ini, ada sangat banyak fitur yang ditawarkan di dalamnya. Ada berbagai macam standarisasi yang bisa dijadikan acuan oleh pengguna agar bisa mendapatkan makanan yang baik untuk dikonsumsi. Ada daftar atas sekitar 600 ribu makanan yang telah disimpan di dalam database aplikasi ini.

Selain untuk segi makanan sendiri, dalam aplikasi ini juga ada penghitung fitness, dukungan untuk beberapa perangkat keras lainnya, seperti Fitbit, Jawbone UP, Garmin, dan masih banyak lagi lainnya. Selain itu, pengguna juga bisa menggunakan aplikasi ini untuk menghitung seberapa banyak kadar gula dalam darah mereka, tekanan jantung, A1C, kolesterol, dan masih banyak lagi lainnya.

Calorie Counter and Food Diary by MyNetDiary Tools and Utilities, Lifestyle AndroidiOS Free Download Download

Pengembang aplikasi ini benar-benar menyuguhkan pengalaman-pengalaman positif yang tentu sangat bermanfaat bagi penggunanya, yang juga telah mendapatkan dukungan dari website mereka sendiri.

2. Calorie Counter by FatSecret

Harga: Gratis
Link Download

Dibandingkan dengan semua aplikasi yang akan dibahas di dalam artikel ini nanti, Calorie Counter by FatSecret adalah aplikasi yang paling mendasar untuk kebutuhan diet. Di dalam aplikasi ini, pengguna nanti akan mendapatkan catatan harian atas diet mereka yang bisa dituliskan di sana. Di dalam catatan tersebut, pengguna bisa memasukkan berapa banyak kalori dari makanan yang mereka makan. Selain itu, berapa banyak kalori yang mereka keluarkan seharinya. Apakah sudah seimbang atau belum antara pemasukan atau pengeluarannya. Di dalam aplikasi ini, juga ada pemindai barcode yang mana untuk beberapa makanan yang telah memiliki barcode bisa di-scan untuk diketahui berapa kandungan kalori yang ada di makanan tersebut. Selain itu, juga ada fitur pelacak berat, kalendar diet, panduan untuk mencari makanan yang tepat, dan melihat nutrisi dari sebuah makanan.

Calorie Counter by FatSecret Lifestyle AndroidiOS Free Download Download

Selain dari makanan-makanan yang direkomendasikan, juga ada widget yang menawarkan kepada pengguna untuk bisa membuat resep makanan mereka sendiri dan menghitung seberapa banyak kalori yang dihasilkan dari sana. Yang lebih terpenting lagi dari aplikasi ini adalah siapa saja bisa menggunakannya secara gratis, hanya dengan masuk menggunkan akun Facebook atau Google milik mereka.

3. Fooducate Healthy Weight Loss & Calorie Counter

Harga: Gratis
Link Download

Fooducate adalah salah satu aplikasi yang juga bisa digunakan untuk melakukan diet. Hanya saja, pada penerapannya sedikit berbeda dengan aplikasi lain yang memang didesain untuk melakukan diet. Di dalam aplikasi ini, pengguna bisa memanfaatkannya untuk menghitung kalori yang dihasilkan dari sebuah makanan. Selain itu, pengguna juga bisa memanfaatkannya untuk menghitung berapa berat badan yang hilang, menghitung berapa banyak latihan yang harus dilakukan, dan lain sebagainya yang berkaitan dengan diet.

Fooducate Healthy Weight Loss & Calorie Counter Tools and Utilities, Lifestyle AndroidiOS Free Download Download

Kelebihan dari aplikasi ini adalah pengguna bisa mendapatkan analisa mengenai kalori yang mereka konsumsi. Tujuan dari aplikasi ini sendiri adalah untuk menurunkan berat badan dengan cara menghitung kalori yang dimakan setiap harinya, bukan dari diet gila-gilaan yang dilakukan dengan sangat menekan dan menyiksa diri. Bukan hanya dari segi penghitungan kalori saja, di dalam aplikasi ini juga ada database untuk sekitar 250.000 makanan yang telah dihitung kalorinya dengan baik. Selain itu, juga ada forum komunitas yang dapat membantu untuk berdiskusi di dalamnya.

4. Lose weight without dieting

Harga: Gratis
Link Download

Walau pun di judul aplikasi ini tertulis menghilangkan berat badan tanpa harus diet, ini tentu saja bukanlah arti yang sesungguhnya. Sebab, memang tidak mungkin untuk bisa menurunkan berat badan tanpa melakukan apa pun, kecuali pengguna di sini melakukan operasi sedot lemak. Di dalam aplikasi ini, pengguna akan tetap disuguhkan hal-hal yang tidak berbeda jika dibandingkan dengan aplikasi-aplikasi yang ada dalam artikel ini. Pengguna akan dapat melihat berapa nutrisi yang dihasilkan dari sebuah makanan dan dapat menjaga pola makan mereka melalui hal ini.

Bukan hanya itu saja, pengguna juga bisa melacak kegiatan fitness mereka, dan membuat perencanaan atas berapa berat badan yang akan mereka turunkan di masa yang akan datang. Dari sini, aplikasi akan membantu apa saja yang harus dilakukan oleh pengguna agar bisa mewujudkan hal-hal tersebut.

Lose weight without dieting Tools and Utilities, Lifestyle Android Free Download

Ada satu hal yang unik di dalam aplikasi ini yang ditawarkan oleh pengembangnya kepada pengguna, dimana ada satu hal yang bernama "pearls" yang bisa didapatkan oleh pengguna. Pengguna bisa mengumpulkan pearls tersebut, yang nantinya dapat berguna untuk menghapus iklan yang ada di dalam aplikasi yang datang secara gratis ini. Pearls ini sendiri tentu saja menjadi salah satu motivasi tersendiri oleh penggunanya. Karena, ini bisa menjadi hadiah atas perolehan yang telah mereka upayakan, selain perolehan penurunan berat badan itu sendiri tadi.

Aplikasi Berbayar

Di bawah ini akan dipaparkan beberapa aplikasi penghitung nutrisi makanan terbaik di luar sana, yang memiliki fitur-fitur yang membuatnya jadi sangatlah hebat. Simak berapa biayanya, dan pilihlah mana yang layak untuk mendapat tempat di smartphone milik Anda.

1. Lifesum - Calorie Counter, Macro Tracker & Recipes

Harga: Gratis
Link Download

Aplikasi ini memang datang secara gratis dan bisa didapatkan oleh siapa saja yang menggunakan ponsel dengan sistem operasi Android. Hanya saja, untuk beberapa hal, aplikasi ini sebenarnya memiliki tarif per bulan sebesar 8,99 dollar dan setahunnya mencapai 44,99 dollar. Memang terbilang cukup mahal jika dibandingkan dengan aplikasi yang lain, tapi aplikasi ini setidaknya telah menawarkan versi gratisnya terlebih dahulu bagi setiap pengguna yang ingin mencobanya. Lalu, seberapa hebat aplikasi ini? Mengapa bisa dibandrol dengan sangat mahal?

Aplikasi yang sedang sangat populer sekarang ini memiliki sedikit fitur yang ditawarkan. Beberapa di antaranya seperti perhitungan pola makanan, perhitungan kalori yang dihasilkan, juga adanya pemindai barcode yang ditawarkan, melacak progres diet yang telah dijalankan, resep-resep makanan yang bagus untuk diet, tips hidup secara sehat, dan masih banyak lagi lainnya. Tak hanya itu saja, di dalam aplikasi ini juga telah mendukung diet secara khusus seperti Keto, 5:2, low carb, dan masih banyak lagi.

Lifesum Lifestyle AndroidiOS Free Download Download

Lifesum juga telah mendapatkan dukungan integrasi dari Google Fit dan S Health.

2. Nutrition Menu

Harga: $1,99
Link Download

Dijuluki sebagai "induk dari semua aplikasi penghitung kalori di iPhone," Nutrition Menu melakukan dasar-dasar yang diperlukan untuk penghitungan kalori dengan sangat baik. Aplikasi ini mendukung PointsPlus dan diet-diet populer lainnya serta menampilkan lebih dari 100.000 macam menu makanan dan restoran. Aplikasi ini juga akan memecah makanan Anda menjadi perhitungan secara makro dan berbagai informasi nutrisi, seperti kolesterol, natrium, dan gula.

Fitur latihan dari aplikasi ini juga termasuk latihan khusus, 149 latihan yang terpadu, kalkulator yang memperhitungkan skor aktivitas, dan kalkulator lainnya yang memperhitungkan berapa banyak kalori yang dibakar. Progress bar yang ada di dalamnya juga akan membantu Anda untuk melihat sejauh mana kemajuan yang telah Anda tempuh. Diagram-diagram pie chart juga diberikan untuk memperhitungkan kalori yang diuraikan untuk Anda. Sebagai bonus, aplikasi ini tidak memerlukan koneksi internet untuk dapat berfungsi.

3. CRON-O-Meter

Harga: $2,99
Link Download

Merupakan aplikasi pendamping bagi versinya yang berbasis web, CRON-O-Meter bakal memudahkan Anda untuk mencatat makanan harian, latihan, biometrik, dan lain-lainnya lagi yang bakal Anda temui dalam pemakaian ke depannya.

Dengan menggunakannya, Anda dapat melacak lebih dari 60 mikronutrien, melihat tren, grafik, dan perhitungan nutrisi. Pengkodean warna di dalam CRON-O-Meter membuat Anda jadi mudah untuk melihat diri Anda berada dalam batas kalori harian dengan tepat. Begitulah, aplikasi ini memang menyoal data-data. CRON-O-Meter akan melacak dan menganalisis informasi-informasi tersebut dengan sangat baik.

4. The Complete 5:2 Diet

Harga: $2,99
Android

The Complete 5:2 Diet menyarankan Anda untuk memakan apa saja yang Anda sukai selama lima hari dalam seminggu, hingga 2.000 kalori untuk wanita dan sampai 2500 untuk pria, sementara untuk dua hari selanjutnya, para wanita hanya boleh mengkonsumsi sebanyak 500 kalori dan para pria cuma bisa mengkonsumsi sejumlah 600 kalori.

Di luar saja, memang ada banyak aplikasi yang berhubungan dengan diet yang khusus semacam ini, namun aplikasi The Complete 5:2 Diet bakal memberikan resep dan rencana latihan selama empat minggu, yang akan melacak asupan kalori dan latihan, bagi Anda.

Aplikasi ini memiliki lebih dari 140 resep untuk dicoba, dengan enam pilihan makanan untuk hari-hari puasa, dan rencana latihan yang berupa video demi memastikan agar Anda bisa melakukannya dengan benar. The Complete 5:2 Diet juga memiliki penghitung kalori, Indeks Massa Tubuh, Angka Metabolisme Basal, dan kalkulator untuk memperhitungkan target kalori, tetapi aplikasi ini tidak akan memperbolehkan Anda untuk menambahkan latihan sesuai keinginan Anda sendiri.

Aplikasi Pilihan Editor

Jadi, aplikasi penghitung kalori mana yang harus Anda peroleh untuk ponsel Anda? Kami merekomendasikan untuk memilih aplikasi-aplikasi di bawah ini, yang telah ada sejak lama dan memberikan pengalaman berkualitas serta jalan bagi Anda menuju kesehatan yang lebih baik.

1. Calorie Counter - MyFitnessPal

Harga: Gratis
Link Download

Aplikasi MyFitnessPal cukup mengejutkan untuk dimasukkan dalam deretan aplikasi diet dan juga penghitung nutrisi. Ini terjadi sebab aplikasi ini memang merupakan aplikasi yang paling populer jika dibandingkan dengan aplikasi-aplikasi lainnya yang masuk ke dalam daftar. Aplikasi ini tercatat telah diunduh sebanyak 10 juta kali dan memiliki rating yang cukup tinggi, yaitu 4,6. Ini tentu saja aplikasi yang luar biasa yang ada di dalam Play Store.

MyFitnessPal - Calorie Counter & Diet Tracker Tools and Utilities, Lifestyle AndroidiOS Free Download Download

Salah satu fitur yang ditawarkan di dalam aplikasi ini, adalah sebuah database raksasa yang diberikan. Tercatat ada daftar yang mencakup lebih dari 5 juta makanan yang telah dimasukkan di dalamnya, lengkap dengan perhitungan kalori yang dihasilkan. Selain itu, aplikasi ini juga telah tersinkronisasi dengan website yang mereka miliki sendiri. Sehingga, pengguna memang benar-benar bisa mendapatkan informasi yang lengkap terkait kalori-kalori tersebut. Dari segi fitness-nya sendiri, di dalam aplikasi ini juga telah mendukung program fitness yang jumlahnya lebih dari 350 latihan. Ini tentu saja sangat menguntungkan untuk pengguna yang tidak ingin pergi ke tempat fitness dan membayar mahal untuk itu. Sebab, aplikasi ini datang dengan versi gratis, walau pun juga ada yang seri berbayarnya yang tentu lebih baik.

2. Lose It!

Harga: Gratis
Link Download

Salah satu aplikasi diet yang cukup populer di kalangan masyarakat adalah Lose It! Aplikasi ini sama seperti aplikasi lainnya, dimana penghitungan kalori dapat dilakukan untuk makanan yang akan mereka konsumsi. Selain itu, juga ada database untuk sangat banyak makanan yang telah terdaftar di dalam aplikasi ini. Selain itu, juga ada kebutuhan-kebutuhan apa saja yang dibutuhkan oleh orang untuk dikonsumsi. Fitur lain yang juga diberikan di dalam aplikasi ini adalah barcode scanner, dan masih banyak lagi lainnya. Sayangnya, untuk bisa mendapatkan fitur-fitur tambahan lainnya, pengguna harus membeli versi premium-nya terlebih dahulu.

Aplikasi ini juga telah mendapat dukungan untuk disambungkan dengan perangkat keras, seperti Fibit dan Jawbone, yang mungkin berguna untuk tambahan analisa oleh penggunanya. Selain itu, aplikasi ini juga dapat disambungkan dengan MyFitnessPal, RunKeeper, dan bahkan Google Fit untuk berbagai macam data.

Lose It! - Calorie Counter Lifestyle AndroidiOS Free Download Download

Sebagai aplikasi yang datang dengan tampilan yang begitu sederhana namun memiliki kemampuan yang sangat luar biasa, tentu saja ini adalah salah satu aplikasi yang direkomendasikan untuk digunakan dan disarankan.

3. MyPlate Calorie Tracker

Harga: Gratis
Link Download

Dibandingkan dengan aplikasi-aplikasi lainnya yang ada di dalam daftar aplikasi diet, ini adalah aplikasi yang paling baru. Walau pun demikian, aplikasi ini ternyata juga memiliki sangat banyak dukungan yang diberikan di dalamnya untuk setiap orang yang menginginkan diet dan mengurangi berat badan mereka. Di dalam aplikasi ini, pengguna bisa menghitung berapa kalori yang ingin mereka makan dan ingin mereka bakar. Selain itu juga ada perhitungan untuk pembatasan makanan yang akan mereka konsumsi, dan masih banyak lagi lainnya.

Selain dari segi makanan, di dalam aplikasi ini juga ada latihan fitness yang dapat digunakan untuk pengurangan kalori dalam tubuh. Tak hanya itu saja, aplikasi ini juga dapat menghitung seberapa banyak cairan yang dibutuhkan oleh tubuh seiring dengan fitness yang mereka lakukan tadi. Walau pun aplikasi ini memang tak terlihat sehebat dengan aplikasi-aplikasi lainnya yang ada di dalam daftar. Tapi, aplikasi ini setidaknya memiliki basis yang sangat tepat bagi siapa saja yang ingin menurunkan berat badan mereka.

MyPlate Calorie Counter & Tracker Tools and Utilities, Lifestyle AndroidiOS Free Download Download

Aplikasi ini juga telah mendapatkan dukungan berupa penggunaan perangkat-perangkat keras. Selain itu, juga telah mendapatkan dukungan cross-platform yang dapat terhubung ke PC dan juga barcode scanner.

4. Calorie Counter & Diet Tracker

Harga: Gratis
Link Download

Sebagai aplikasi terakhir yang ada di dalam daftar aplikasi untuk diet dan menghitung nutrisi makanan. Aplikasi ini merupakan salah satu aplikasi yang paling populer nomor dua jika dibandingkan dengan aplikasi yang ada di urutan ke-7 tadi. Aplikasi ini sama seperti yang lain, juga memiliki database yang cukup bagus untuk perhitungan kalori atas masing-masing makanan yang ingin dikonsumsi.

Calorie Counter & Diet Tracker Tools and Utilities, Lifestyle Android Free Download

Aplikasi ini juga telah dilengkapi dengan berbagai macam dukungan fitur seperti barcode scanner, fitness tracker, dan bahkan artikel-artikel yang membantu para penggunanya untuk bisa mendapatkan informasi-informasi berharga terkait hal seputar diet dan perhitungan nutrisi makanan.

Ditulis ulang oleh: en19ma

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top