REVIEW

10 Aplikasi Android & iOS Terbaik untuk Menemukan Lokasi Mobil

Bruno Mukti   19 Dec 2017
10 Aplikasi Android & iOS Terbaik untuk Menemukan Lokasi Mobil

Menemukan mobil di parkiran memang bukanlah perkara yang sulit untuk sebagian orang. Namun, untuk orang-orang dengan tipe pelupa, maka ini akan menjadi bencana dan malapetaka tersendiri. Hanya akan membuat orang jadi kesal dan emosi. Terlebih lagi, jika orang tersebut tidak secara pasti mengingat mobilnya berada di titik area parkir sebelah mana.

Tapi, semua itu dapat dikendalikan dengan smartphone yang ada di genggaman tangan. Dengan 10 aplikasi terbaik untuk mencari lokasi mobil ini, tentunya diharapkan dapat sangat menolong bagi siapa saja, baik pengguna Android atau pun iOS, yang memang sering terlupa dengan keberadaan mobilnya. Nah, berikut adalah 10 aplikasi Android dan iOS terbaik untuk menemukan lokasi mobil:

1. Anchor Pointer

Harga: $ 1,99
Link Download

Anchor Pointer adalah salah satu aplikasi navigasi yang sedikit berbeda jika dibandingkan dengan yang lain. Aplikasi ini secara khusus dibuat dan datang ke perangkat iOS oleh perusahaan yang bernama Pleeq Software. Sesuai dengan namanya, yakni "titik berlabuh," pengguna bisa mencari tahu mobilnya diletakkan oleh mereka di mana pun itu di seluruh penjuru planet ini. Aplikasi ini bekerja seperti sebuah jangkar pada kapal, dimana pengguna bisa menemukan titik di mana mereka meletakkan jangkarnya tadi. Selain itu, pengguna juga bisa menggunakan aplikasi ini untuk mencari teman di lokasi yang besar. Seperti misalnya, ketika tersesat di tempat hiburan, atau terpisah pada saat menonton konser, dan lain sebagainya.

Pengguna dapat menggunakan aplikasi ini dengan mudah, hanya dengan menggunakan satu sentuhan saja di dalam aplikasi ini. Ketika pengguna mengalami kesulitan untuk mencari di mana lokasi mobil mereka di parkiran yang besar, pengguna cukup menekan tombol dengan gambar mobil yang ada di aplikasi. Maka, Anchor Pointer secara langsung akan mencarikan dan mengingat lokasi mobil yang menjadi tempat pengguna memarkirkan mobilnya tadi. Lakukan klik di gambar kompas yang ada di dalam aplikasi, maka pengguna akan diarahkan untuk menggapai ke mobilnya tadi.

2. Park Me Right:Free Car Locator

Harga: Gratis
Link Download

Ini merupakan salah satu aplikasi Android yang datang secara cuma-cuma, alias gratis, yang dikembangkan oleh SurfStudio. Sama seperti aplikasi sebelumnya, aplikasi ini berguna bagi siapa saja yang sering terlupa dengan lokasi parkir mobil mereka. Berguna bagi mereka yang mendatangi tempat baru, dan belum mengenal tempat itu secara sungguh-sungguh. Ini bisa disebut sebagai salah satu aplikasi Android terbaik untuk mencari mobil. Selain dikarenakan harganya yang gratis, aplikasi ini juga memiliki kemudahan seperti yang terdapat pada aplikasi yang disebutkan sebelumnya. Pengguna dapat mencari mobil mereka hanya dalam dua sentuhan saja, dan mereka pun akan diarahkan melalui jalan kecil untuk menuju ke arah mobil mereka berada tadi melalui jalan tercepat untuk menggapainya.

Desain dari aplikasi Park Me Right ini cukup bagus dan mudah untuk digunakan. Ada tiga bagian yang ditawarkan di dalam aplikasi ini untuk pengguna. Yang pertama adalah menyimpan lokasi parkir, yang kedua adalah menemukan mobil, dan yang ketiga adalah menemukan tempat parkir. Di dalam aplikasi ini sendiri, juga ada beberapa fitur tambahan, seperti berapa lama mobil pengguna telah diparkirkan, dan juga ada fitur berbagi lokasi mobil ini kepada pengguna lainnya, yang mungkin berguna untuk keluarga atau teman agar lebih dimudahkan dalam menemukan lokasi mobil berada. Di beberapa lokasi, telah mendukung untuk melihat berapa harga tarif parkir dari mobil untuk lokasi-lokasi yang berbeda. Hanya saja, fitur ini belum bisa diterapkan dengan baik di Indonesia. Namun, pengguna setidaknya bisa melihat tolak ukur atas berapa biaya parkir dengan melihat dari berapa lama mereka telah parkir di sana.

3. TrakCar - Find Where & for How Long You Parked Car

Harga: Gratis
Link Download

TrakCar ini adalah sebuah aplikasi yang disuguhkan secara gratis hanya untuk perangkat dengan sistem operasi iOS saja. Ada beberapa hal menarik yang bisa dituliskan mengenai aplikasi tersebut di sini. Salah satunya yang paling menarik adalah sistem aplikasi yang semuanya serba otomatis. Pengguna tak perlu repot untuk mengatur tempat di mana mereka parkir terlebih dahulu setelah meninggalkan mobil mereka. Jadi, aplikasi ini akan secara otomatis menyimpan semuanya itu dengan baik tanpa ada perintah. Yang dibutuhkan dari aplikasi ini hanyalah ponsel, dan mobil saja. Pengembang bahkan menjamin bahwa aplikasi ini tidak akan menguras banyak paket internet di ponsel pengguna pada saat sedang menggunakan aplikasi ini.

Untuk menggunakan aplikasi ini, pengguna hanya perlu mengunduh dan menginstal aplikasi ini, kemudian membukanya. Setelah itu, aplikasi akan mengirimkan peringatan kepada pengguna untuk bisa mengakses lokasi di mana pengguna berada dan peringatan untuk meminta ijin agar aplikasi bisa memberikan notifikasi kepada pengguna. Setelah itu? Tutup aplikasinya saja, dan bersantailah! TrakCar akan menjamin pengguna untuk dapat mencari lokasi mobil mereka berada ketika bingung untuk mencari parkiran.

4. Find Your Car with AR

Harga: Gratis
Link Download

Aplikasi ini hampir sama dengan aplikasi-aplikasi lainnya untuk menemukan lokasi mobil tempat mereka berada. Cara penggunaannya cukup mudah. Hanya dengan 1 kali klik saja, pengguna bisa langsung menandai di mana mobil mereka diparkirkan. Buka aplikasi, lakukan klik pada 'I parked here,' dan tutup aplikasinya. Jika pengguna ingin menemukan mobilnya kembali, barulah mereka bisa membukanya dan menemukan mobil di mana mereka parkir sebelumnya. Sebuah tanda yang berukuran besar adalah titik di mana mobil pengguna berada. Dari titik itulah, pengguna bisa mendekati dan mencari mobilnya melalui peta yang ada di ponsel pintar mereka.

Fitur-fitur lain yang ditawarkan dari aplikasi ini adalah bisa menggunakan Augmented Reality dalam pencarian mobilnya. Selain itu, juga ada peta tiga dimensi yang akan membantu pengguna untuk mempermudah mencari lokasi parkir mobil miliknya. Hampir sama dengan aplikasi lainnya, pengguna di Find Your Car ini juga bisa membagikan lokasi mobil mereka berada kepada pengguna lain agar lebih mudah untuk menemukan mobil tersebut.

5. Car Finder AR

Harga: IDR 38.000
Link Download

Aplikasi ini akan mempermudah pengguna untuk mencaritahu di mana lokasi mobilnya berada. Dengan aplikasi ini, pengguna tak perlu lagi untuk mengingat-ingat mereka parkir di mana, dengan nomor berapa, dan lain sebagainya. Yang perlu mereka lakukan di sini, hanyalah mengaktifkan aplikasi ini ketika mereka telah turun dari mobil, kemudian berjalan-jalanlah dengan sesuka hati. Dengan diaktifkannya aplikasi ini, maka aplikasi akan mencatat dan mengingat suatu koordinat dari lokasi mobil pengguna berada.

Car Finder ini juga telah dilengkapi dengan fitur Augmented Reality yang bisa dimanfaatkan oleh pengguna untuk mempermudah pencarian mobil mereka kembali.

6. Find My Car: Parking Reminder

Harga: Gratis
Link Download

Untuk bisa menggunakan aplikasi ini, pengguna hanya perlu mengaktifkannya dan menandai mobil mereka dengan menyentuh layar ponsel mereka pada tulisan "Park Here" yang ada di dalam aplikasi. Ini akan menjadi jangkar penentu bagi pengguna agar bisa kembali mendapatkan mobil mereka dengan baik. Selain dengan menandainya, pengguna juga bisa menambahkan foto jika memang menginginkannya. Ketika pengguna ingin mencari mobil mereka kembali, cukup dengan menyetuh tulisan "Show Direction" yang ada di dalam aplikasi, maka aplikasi akan memberikan jalan untuk menuju ke sana.

7. Find My Car Smarter

Harga: Gratis/$ 1,99 (Pro Version)
Link Download

Bagi sebagian orang, memang terlihat konyol untuk melupakan sebuah tempat parkiran, dan mencari tahu dengan menggunakan aplikasi yang ada di ponsel mereka. Tapi, untuk sebagian besar orang yang memiliki ingatan jangka pendek yang tidak begitu bagus, maka aplikasi ini sungguh benar-benar membantu. Aplikasi ini hampir sama dengan aplikasi pencari mobil lainnya, dimana pengguna menggunakan aplikasi ini sebagai penanda letak mobilnya. Sehingga, ketika nantinya ingin mengetahui kembali di mana mobil mereka diparkirkan, maka bisa dilakukan dengan membuka aplikasi ini dan bantuan pun bakal didapatkan.

Bagi pengguna yang menggunakan aplikasi ini di versi pro, maka mereka bisa mendapatkan fitur tambahan berupa Bluetooth Smart Technology di dalamnya. Selain fitur tersebut, pengguna juga bisa menyimpan semua lokasi tersebut dan mentransfernya sebagai data catatan.

8. Car Locator

Harga: IDR 46.483
Link Download

Aplikasi ini secara bagus dikembangkan untuk perangkat dengan sistem Android. Aplikasi ini berhubungan dengan Android jadi bisa disinkronisasikan dengan Google Maps untuk mencari lokasi parkir mobil penggunanya. Selain itu, pengguna juga bisa memanfaatkan pilihan kedua, yaitu dengan melihat radar yang ada di dalam aplikasi ini. Pengguna bisa menandai satu titik poin untuk mobil mereka dan bisa dibuka dengan Google Maps bagi orang lain yang mungkin tidak menggunakan aplikasi ini. Tentunya, ini sangat memudahkan, karena Google Maps sendiri bisa dibuka melalui browser apa pun melalui PC atau smartphone.

Pada aplikasi Car Locator ini, penggunaan maps memang lebih baik jika dibandingkan dengan menggunakan radar tanpa gambar apa-apa. Hanya saja, radar ini juga begitu penting untuk digunakan pada beberapa lokasi yang memang tidak terjangkau oleh Google Maps. Untuk mencari di area-area parkir tempat perbelanjaan yang besar, radar tentu saja akan menjadi sangat berguna sekali. Di dalam Maps, pengguna akan mendapatkan arah mobil mereka dengan warna merah yang muncul secara langsung di peta. Warna garis hitam yang keluar menandakan ke mana pengguna harus pergi melalui jalan tertentu untuk menemukan mobilnya. Sedangkan, pengguna sendiri akan berada pada titik berwarna hijau. Bagi yang sering menggunakan Google Maps tentunnya sudah tidak akan merasa asing lagi dengan yang satu ini.

9. Save Car Location

Harga: Gratis
Link Download

Aplikasi ini berfokus pada tempat di mana kendaraan pengguna tersebut diparkirkan. Tentu saja, ini tak berlaku untuk mobil saja, tapi juga untuk sepeda motor. Pengguna hanya perlu membuka aplikasi ini setelah berhasil menemukan tempat parkir di tempat mereka berhenti. Dengan membuka aplikasi ini, maka pengguna bisa langsung meninggalkan tempat parkir tersebut tanpa harus menghafal apa pun. Sebab, aplikasi ini secara otomatis langsung mengingat titik tersebut dan membuatkan rute untuk pengguna agar bisa kembali ke sana.

Yang cukup menarik dari aplikasi ini adalah pengguna bisa mensinkronisasikannya dengan perangkat Apple Watch yang mereka gunakan.

10. Google Maps

Harga: Gratis
Link Download: iOS / Android

Pada pembaharuan terakhir dari Google Maps, pengembang memberikan sebuah fitur baru yang sangat berguna sekali untuk pengendara mobil. Sekarang, Google Maps dapat digunakan untuk mengingat lokasi mobil pengguna di mana mereka memarkirkan mobilnya. Yang menguntungkan dari aplikasi ini adalah, walau pun ini besutan Google, tapi ini juga bisa dijalankan pada berbagai sistem operasi, baik Google atau pun iOS. Hanya saja, memang ada sedikit perbedaan di aplikasi ini pada kedua platform dengan sistem operasi tersebut.

Pengguna yang menggunakan perangkat berbasis Android, setelah mereka memarkirkan mobilnya, mereka harus melakukan klik pada ikon berwarna biru untuk menandai di mana mobil mereka berada. Hal ini berbeda dengan pengguna iPhone yang bahkan tidak perlu menekan apa pun untuk menandai lokasi mobil pada ponsel mereka tersebut.

Selain fitur tersebut, pengguna juga bisa menambahkan catatan, pengingat, dan foto di lokasi yang mereka simpan tadi di Google Maps. Ini tentu saja akan mudah bagi penggunanya untuk mengingat di mana mereka memarkirkan mobilnya.

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top