REVIEW

Tiga Hero Lawan Kegelapan dalam Fantasy Defense

31 Dec 2016 Andy Chan
Tiga Hero Lawan Kegelapan dalam Fantasy Defense

Ribuan tahun yang lalu, manusia berperang melawan kegelapan yang dibawa oleh Wraith King selama berabad-abad. Hasil jerih payah mereka pun berhasil menyegel Wraith King, menjadikan dunia kembali damai. Namun, setelah sekian lama terlena dengan kedamaian, manusia telah lupa akan seramnya kehadiran Wraith King, sehingga ketika terjadi berbagai macam malapetaka yang menandakan bahwa Wraith King, yang tersegel itu, telah bangkit kembali, maka manusia pun merasa tidak berdaya.

Untunglah, hadir tiga orang Hero yang siap untuk menghentikan aksi balas dendam terhadap Wraith King tersebut. Mereka adalah seorang Champion yang sangar, seorang Bow Master yang cekatan, dan seorang Arch Mage yang mematikan. Mampukah mereka menjaga dunia dari serangan sang Wraith King? Semua jawabannya ada di tangan Anda yang memainkan game Fantasy Defense ini.

Pada intinya, Fantasy Defense merupakan sebuah game Tower Defense, yang meski pun sebenarnya merupakan genre yang telah banyak dibuat oleh para developer lainnya, namun berhasil menawarkan sesuatu yang unik dibandingkan dengan tipe Tower Defense lainnya.

Pada stage yang diberikan oleh game-nya, pemain harus memasang berbagai macam pasukan untuk menahan musuh yang akan menerobos sampai ke gerbang milik pemain. Musuh akan keluar dari gerbang mereka dan terus berjalan tanpa peduli akan tembakan-tembakan dari para penjaga di pinggir jalan. Tujuan pemain hanya satu, pastikan semua musuh habis sebelum menerobos ke gerbang, karena jika gerbang berhasil jebol, maka kiamatlah dunia, alias game over.

Tersedia tiga jenis pasukan untuk dipasang di pinggir jalan sebagai pertahanan: ada unit tipe Warrior yang fungsinya adalah DPS, ada juga tipe Archer yang bisa menembaki musuh dari jarak jauh, serta ada tipe Wizard yang bisa memberikan berbagai efek ke lawan, seperti membekukan lawan.

Yang membedakan Fantasy Defense dengan Tower Defense lainnya adalah kehadiran tiga unit Hero, yaitu Champion, Bow Master, dan Arch Mage, dimana dua yang terakhir itu akan ter-unlock setelah melewati beberapa stage. Champion adalah Hero dari unit Warrior, yang fungsinya sangat mirip, yaitu DPS yang kuat. Sementara Bow Master memiliki range tembakan yang sangat jauh, menjadikan Hero ini seorang sniper yang handal untuk menembaki musuh yang terlewat. Terakhir, Arch Mage memiliki damage dan range yang serba guna.

Ketiga hero ini memiliki kemampuan untuk menghancurkan seluruh musuh di layar, tapi harus menggunakan Mana. Berbicara mengenai Mana, ada dua mata uang di Fantasy Defense, yang pertama adalah Gold, yang digunakan untuk membeli dan upgrade unit biasa. Sementara Mana digunakan untuk membeli dan upgrade Hero. Keduanya bisa didapatkan dengan cara membunuh musuh, atau pun menghancurkan environment.

Selain itu, di luar stage terdapat yang namanya Hero Point. Hero Point ini digunakan untuk melakukan upgrade pada unit dan Hero agar mereka bisa berfungsi dengan lebih mematikan pada stage. Hero Point juga bisa digunakan untuk membeli Equipment di Shop. Equipment ini jika dipasangkan pada Hero, akan membuat Hero jadi sangat kuat.

Mengingat Fantasy Defense merupakan sebuah game free-to-play, tentunya ada yang namanya microtransaction. Dalam hal ini, berupa Equipment yang dijual di in-game shop. Memang, sebagian bisa dibeli menggunakan Hero Point, namun Equipment yang paling kuat dan yang memiliki berbagai efek khusus (seperti Item untuk menambahkan efek Damage Over Time, efek Stun, efek Instant Death), semuanya harus dibeli dengan menggunakan uang asli.

Kalau mau, membeli Hero Point pun menggunakan uang asli juga bisa. Namun, jangan khawatir, meski pun sebenarnya efek-efek yang dibeli menggunakan uang asli tersebut boleh dibilang berlebihan, game-nya sendiri bisa ditamatkan tanpa menggunakan uang asli. Hanya perlu ketekunan untuk mengumpulkan Hero Point dan pemilihan skill yang tepat saja.

Yang pasti, Fantasy Defense ini bisa dimainkan tanpa memerlukan koneksi Internet. Jadi, tidak perlu khawatir mengenai koneksi yang mendadak terputus dan sebagainya. Sebagai replay value, setiap stage juga menyediakan Infinity Mode (musuh tidak akan habis), dan Gate Mode dimana pemain harus menghancurkan gate musuh.

Dengan grafis yang dikemas sangat imut dalam gameplay dan artwork yang seksi, Fantasy Defense rasanya cocok untuk dijadikan pengisi waktu luang kalian. Bersiaplah berjuang untuk membela dunia dari Wraith King dalam Fantasy Defense yang bisa diambil di Google Play Store dan Apple App Store.

Aplikasi Terkait
Share Artikel
Artikel Lainnya
JurnalApps Logo
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Kantor Taman E3.3 Unit C-6, 5th Floor JL. DR Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7 Kawasan Mega Kuningan, Jakarta Selatan 12950 Indonesia

+62 21 57901762

redaksi@jurnalapps.co.id