REVIEW

Shadowverse, Sebuah TCG Seru Pengganti Hearthstone

31 Dec 2016 EstuPW
Shadowverse, Sebuah TCG Seru Pengganti Hearthstone

Semenjak Blizzard membawa TCG ke level berikutnya melalui Hearthstone, banyak developer game yang berlomba-lomba membuat TCG digital milik mereka sendiri. Kebanyakan dari mereka gagal dalam waktu yang relatif cepat, sampai akhirnya Cygames dari Jepang mengeluarkan Shadowverse, penantang Hearthstone bergaya anime yang super kompleks dan lengkap.

Suguhan pertama yang dimunculkan oleh Shadowverse adalah Campaign. Dalam mode ini, kita bakal diajarkan dasar-dasar bermain Shadowverse melalui tujuh tipe hero. Mereka adalah, Arisa (Forestcraft), Erika (Swordcraft), Isabelle (Runecraft), Rowen (Dragoncraft), Luna (Shadowcraft), Urias (Bloodcraft), dan Eris (Havencraft). Para hero ini memiliki kemampuan, cara bermain, dan Trait yang berbeda antar satu sama lainnya.

Sebagai contoh, Forestcraft memiliki banyak spell dan follower yang bisa mengeluarkan Fairy. Para Fairy ini memiliki cost yang sangat murah dan bisa dikorbankan kapan saja. Bila mengorbankan banyak Fairy dan mencapai jumlah tertentu, kalian bisa memasang skill yang menyebabkan damage berkala. Pada intinya, gaya bermain ketujuh karakter di atas sangat berbeda dan memiliki plus minusnya sendiri-sendiri.

Setiap permainan dimulai dengan satu buah Orb Point, yang berfungsi sebagai Summon Cost. Kartu-kartu (Follower, Spell, dan sebagainya) di tangan kalian memiliki Summon Cost yang diwakili melalu angka, yang tertera di sebelah kiri atas. Sedangkan pada bagian bawahnya, kalian akan menemukan jumlah Attack dan Defend yang kalian miliki. Setiap Follower akan menyerang dengan angka Attack dan bertahan dengan angka Defend yang mereka miliki.

Kemenangan di Shadowverse ditentukan dengan siapa yang bisa menguras HP Hero musuh sampai ke angka nol. Untuk melakukan hal ini, kalian bisa menggunakan Follower, Skill, atau Spell yang kalian miliki.

Layaknya TCG lain, kalian akan dihadapkan dengan pemilihan giliran di awal permainan. Bila kalian mendapat giliran pertama, maka kalian mendapatkan dua Evolve Point. Sedangkan bila kalian mendapatkan giliran kedua, maka kalian mendapatkan tiga Evolve Point dan tambahan satu kartu. Evolve Point inilah yang membuat perbedaan besar antara Hearthstone dengan Shadowverse.

Setiap Follower yang kalian mainkan bisa kalian evolusikan untuk mendapatkan Status yang lebih baik, tambahan Skill sekaligus menghilangkan Summoning Sickness ketika menyerang Follower musuh. Dengan kata lain, Follower tersebut bisa langsung menerjang Follower musuh tanpa harus menunggu giliran berikutnya.

Kemampuan Evolve ini semakin diperumit oleh Trait para Hero. Seperti misalnya Dragoncraft yang bakal memiliki efek Overflow ketika mencapai tujuh buah Summoning Orbs, atau Shadowcraft yang memanfaatkan mayat-mayat Follower yang masuk Graveyard untuk mengeluarkan Follower atau Spell yang lebih kuat layaknya Necromencer.

Jadi, di Shadowverse kalian akan berhadapan dan harus memahami mekanisme, Skill, evolusi (Evolve), dan Trait yang dimiliki setiap Hero. Tidak heran, banyak orang menyerukan kalau Shadowverse merupakan sebuah TCG rumit yang kompleksitasnya hampir menyamai Hearthstone.

Selain Campaign, ada banyak hal lain yang bisa kalian lakukan di Shadowverse. Kalian bisa mengerjakan misi, arena, PVP, Deck Crafting, Card Creation, Card Destruction, atau membuka Pack baru. Semua kegiatan di atas bisa menjebak kalian untuk selamanya di Shadowverse.

Shadowverse cukup jinak terhadap RNG. Buktinya, kalian bisa mendapatkan kartu melalui berbagai cara. Kalian bisa mendapatkan kartu tambahan melalui misi harian, membeli melalui in-game currencies, atau menghancurkan kartu yang tidak kalian butuhkan agar menjadi kartu baru yang bisa kalian pilih. Pada intinya, Cygames memastikan kalau game ini tidak berat sebelah atau terlalu menguntungkan para “Big Whale” yang berkantung tebal.

Dengan artwork yang sangat cantik dan mekanisme yang sangat dalam, Shadowverse adalah game wajib yang harus kalian coba. Apalagi bila kalian sangat menyukai TCG dan agak sedikit bosan dengan gameplay baru Hearhtstone yang agak memusingkan paska update Mean Streets of Gadgetzan.

APLIKASI & GAME Terkait
SHARE Artikel
Artikel Lainnya
JurnalApps Logo
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Kantor Taman E3.3 Unit C-6, 5th Floor JL. DR Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7 Kawasan Mega Kuningan, Jakarta Selatan 12950 Indonesia

+62 21 57901762

redaksi@jurnalapps.co.id

To Top