TIPS & TRIK

Optimalkan Kerja RAM di Smartphone-mu? Ini Caranya

29 Dec 2016 Eroneko
Optimalkan Kerja RAM di Smartphone-mu? Ini Caranya

Begitu banyak aplikasi yang menawarkan cara untuk meningkatkan efektifitas penggunaan RAM dan meningkatkan performa smartphone Android-mu. Namun, aplikasi tersebut terkadang lebih banyak membuat smartphone-mu makin 'lemot.' Jadi, bagaimanakah cara terbaik untuk meningkatkan efektivitas penggunaan RAM, dan tentunya meningkatkan performa RAM milikmu? Kali ini, JurnalApps membahasnya dan memberikan tips terbaik khusus untukmu!

Jangan Lakukan Apa pun

Begitulah. Tips terbaik, apalagi jika kalian sedang terburu-buru dan hanya ingin mengetahui cara terbaik untuk meningkatkan performa Android-mu. Jadi, setelah melakukan pencarian tentang tips dan trik, aplikasi terbaik dan manajemen RAM terhebat, penulis bisa menyimpulkan bahwa cara-cara untuk meningkatkan performa Android-mu, aplikasi yang kalian coba malah dapat menghalangimu untuk menggunakan Android secara maksimal. Android yang kalian gunakan saat ini (di atas Android 4) sudah cukup mampu untuk mengoptimalkan RAM yang kalian gunakan.

RAM (Random Access Memory) adalah bagian dari smartphone-mu yang mempengaruhi performa. Aplikasi dan data, baik yang sedang berjalan mau pun tersimpan, membutuhkan RAM agar dapat berjalan dengan lancar. Sayangnya, RAM ini terbatas dan banyak aplikasi yang seringnyamembutuhkan RAM sangat besar dan membuat kapasitas RAM menjadi habis. Hal ini yang membuat smartphone-mu berjalan lambat atau bahkan berhenti berproses karena RAM yang digunakan terlalu sesak.

Yang menarik, ada dua hal yang mendasar dalam menggunakan RAM dengan efektif

  1. Pastikanlah untuk memiliki space RAM selega mungkin (untuk ruang bagi aplikasi yang akan dijalankan, tanpa mengganggu aplikasi yang sudah berjalan)
  2. Isilah RAM sebanyak mungkin dengan aplikasi penting (dengan begitu, kalian bisa berpindah aplikasi penting dengan lancar)

Walau pun hal ini sepertinya berkebalikan, namun dengan menerapkan kedua hal tersebut dan memprioritaskan aplikasi penting, kalian dapat meningkatkan kemampuan smartphone Android-mu. Namun, jika kalian memiliki smartphone dengan RAM kurang dari 1 GB, ada beberapa tips yang bisa kalian lakukan agar smartphone Android-mu bisa berjalan lebih lancar:

  1. Pastikan kalian menggunakan Homescreen yang bersih. Bersih di sini adalah bersih tanpa shortcut, widget, live wallpaper, atau tambahan lainnya. Widget sebenarnya mampu membantumu untuk mengakses aplikasi dengan cepat atau menggunakan sebagian dari aplikasi tanpa membukanya. Namun, widget menggunakan RAM agar bisa bekerja dengan baik. Live Wallpaper juga membutuhkan RAM agar bisa terus berjalan. Karena itu, pastikan untuk selalu menggunakan Homescreen yang bersih tanpa apa pun. Namun, jika kalian sangat butuh keberadan widget, pastikanlah untuk membatasi widget yang digunakan. Dengan begitu, kalian masih memiliki RAM untuk digunakan dalam membuka aplikasi lain.
  2. Sebagai alternatif, kalian mungkin bisa sekaligus menggunakan app-launcher. Setiap launcher pada smartphone Android dibuat berbeda-beda, dan setiap launcher membutuhkan RAM yang berbeda. Penulis sendiri merasakan perbedaan saat menggunakan launcher resmi ASUS, Xiaomi, atau Samsung, dengan launcher default Android. Xiaomi cenderung lebih berat dan memerlukan RAM yang lebih besar, Samsung juga dipenuhi dengan widget, sedangkan ASUS berjalan dengan begitu banyak aplikasi di background. Launcher bawaan Android, Google Now launcher adalah yang paling ringan di antara semuanya, namun kalian akan kehilangan kemampuan khas dari smartphone-mu, semisal tampilan atau fitur khusus.

INSTALL GOOGLE NOW LAUNCHER DI SINI SEKARANG

Jika kalian tidak bermasalah dengan penampilan atau tidak membutuhkan fitur khusus dari launcher smartphone, penulis menyarankan untuk menggunakan Google Now launcher yang menawarkan launcher paling sederhana dan dasar serta membutuhkan RAM paling sedikit. Ada juga launcher-launcher lain yang mungkin bisa jadi bahan pertimbangan untukmu.

Kesimpulan

Cara paling mudah untuk meningkatkan performa smartphone-mu adalah dengan mengurangi pemakaian dan memfokuskan pada aplikasi yang penting agar dapat digunakan tanpa terasa lambat. Alternatif lain adalah dengan menggunakan launcher yang lebih ringan dan disesuaikan dengan kebutuhanmu. Aplikasi yang mengklaim dapat meningkatkan performa smartphone-mu terkadang malah membuat smartphone-mu jadi lebih lambat dari biasanya. Karena itu, pastikanlah agar kalian mempelajari aplikasi yang penting bagimu dan atur sendiri, mana yang seharusnya terus berjalan dan mana yang tidak perlu berjalan. Semoga tips ini dapat membuat smartphone Android-mu jadi lebih cepat, lebih nyaman, dan juga lebih lancar untuk digunakan. Komentar atau pendapatmu ditunggu di kolom di bawah, ya!

SHARE Artikel
Artikel Terkait
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Kantor Taman E3.3 Unit C-6, 5th Floor JL. DR Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7 Kawasan Mega Kuningan, Jakarta Selatan 12950 Indonesia

+62 21 57901762

redaksi@jurnalapps.co.id

To Top