TIPS

Inilah Bagaimana Smartphone Bisa Makin Lengkapi PlayStation 4

29 Dec 2016 Andy Chan
Inilah Bagaimana Smartphone Bisa Makin Lengkapi PlayStation 4

Smartphone Android mau pun iPhone memanglah canggih. Apa pun bisa dilakukan oleh kedua benda elektronik tersebut. Mulai dari mencari jalan via Google Maps, memanggil taksi, membuat catatan kecil belanjaan sampai membantu tugas akhir kuliah.

Nah, salah satu dari kegunaan smartphone tersebut adalah dapat dipakai sebagai pelengkap dari salah satu konsol yang sedang aktif-aktifnya saat ini, yaitu PlayStation 4. Apa saja yang bisa dilakukan oleh smartphone untuk PlayStation 4 milik Anda? Berikut adalah beberapa app yang bisa membuat ponsel pintar Anda bakal membantu pengalaman bermain PlayStation 4 jadi lebih asyik.

1. PlayStation App
Dengan adanya PlayStation App resmi keluaran Sony yang bisa diambil di Google Play Store dan Apple App Store ini akan membuat ponsel pintar Anda jadi sebuah alat multi fungsi untuk mengendalikan PlayStation 4.

Anda tidak perlu mengecek PlayStation 4 lagi secara fisik, hanya perlu melihat PlayStation App ini untuk melihat apakah ada teman yang sedang online, chat dengan mereka, memeriksa PlayStation Store, dan membeli konten di dalamnya, dan bahkan bisa memerintahkan PlayStation 4 milik Anda untuk langsung melakukan download pada game yang sudah dibeli.

Dengan keberadaan App ini, semua menjadi lebih mudah.

2. Companion App
Beberapa game di PlayStation 4 mendukung yang namanya "Companion App." Game-game ternama seperti Battlefield 1, FIFA 17, atau pun Fallout 4, memiliki Companion App yang bisa diambil, baik di Play Store mau pun App Store.

Companion App seperti ini sangat mempermudah Anda untuk melakukan sesuatu secara on-the-fly. Sebagai contoh, pada saat bertempur di Battlefield 1 dan Anda perlu mengganti loadout, hanya perlu melakukannya via app ini saja. Tentu saja, sebaiknya mencari tempat aman terlebih dulu sebelum membuka smartphone Anda, ya. Kalau tidak, nanti malah jadi sasaran empuk bagi lawan. Atau misalnya, apabila Anda sedang bosan di kantor dan ingin mengutak-utik klub sepakbola Anda di FIFA 17, bisa dilakukan via Companion App FIFA 17.

Semua itu sangat mempermudah Anda sehingga bisa mengakses fitur game kapan pun, di mana pun, asal smartphone Anda tidak hilang.

3. Remote Play
PlayStation 4 memiliki fitur yang namanya Remote Play, dimana pemain bisa memainkan game-nya tidak di depan layar TV lagi, namun menggunakan perangkat khusus bernama PlayStation Vita secara streaming. Namun, setelah terpuruknya nasib PlayStation Vita yang tidak begitu laku di Amerika, maka Sony pun memberikan sebuah app khusus untuk melakukan Remote Play ini via ponsel pintar Anda.

Dengan app resmi yang bisa diambil di Google Play Store ini Anda sekarang bisa memainkan game PlayStation 4 via smartphone. Sayangnya, untuk bisa melakukan Remote Play, dibutuhkan Internet berkecepatan tinggi, sehingga tidak semua orang di Indonesia sanggup untuk melakukannya. Selain itu, hanya smartphone tertentu saja yang bisa menerima app ini. Ya, hanya smartphone seri Xperia dari Sony saja, kecuali Anda ingin melakukannya secara ilegal, alias menggunakan mod yang tentu saja tidak direkomendasikan karena masalah keamanan.

4. Kitchen Timer
Mungkin akan ada yang bertanya-tanya, mengapa sebuah app bernama "Kitchen Timer" bisa berguna untuk membuat pengalaman bermain PlayStation 4 jadi lebih seru? Fungsi dari Kitchen Timer adalah untuk mengatur waktu sedemikian rupa sehingga timer akan berbunyi apabila sudah melampaui batas waktu yang ditentukan.

Nah, apakah salah satu fitur PlayStation 4 yang dibatasi oleh waktu? Jika Anda menebak fitur Recording Video, selamat! Anda benar! Seperti yang diinformasikan oleh Sony, fitur Recording Video PlayStation 4 hanya mampu merekam hingga 15 menit saja. Selebihnya, maka rekaman akan terhenti secara otomatis.

Apabila kita sedang merekam video, sedangkan game-nya sangat seru, maka pemain cenderung akan lupa mengenai rekaman tersebut. Bahkan, bisa jadi setelah lewat 15 menit, tanda rekaman selesai yang muncul di kiri atas layar tersebut malah tidak diperhatikan oleh pemain sehingga lewatlah waktu rekaman, dan akhirnya rekaman malah jadi gagal.

Oleh karena itu, gunakanlah Kitchen Timer ini untuk memberikan peringatan kepada Anda. Setel saja di sekitar 12 menit, sehingga ada cukup waktu untuk melakukan pause, mematikan rekaman, dan kemudian langsung menyalakannya kembali. Setelah itu, setel ulang Kitchen Timer-nya di 12 menit, dan lakukan terus sampai Anda menyelesaikan sesi rekamannya. Tidak ada lagi yang namanya rekaman gagal karena lupa.

Nah, demikianlah untuk empat jenis App yang bisa membantu membuat pengalaman bermain PlayStation 4 Anda jadi lebih menyenangkan. Tidak sulit untuk memanfaatkan smartphone Anda semaksimal mungkin, kok. Enjoy your PlayStation 4 gaming, ya!

SHARE Artikel
Artikel Lainnya
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Kantor Taman E3.3 Unit C-6, 5th Floor JL. DR Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7 Kawasan Mega Kuningan, Jakarta Selatan 12950 Indonesia

+62 21 57901762

redaksi@jurnalapps.co.id

To Top