TIPS

Tips untuk Memasukkan Lagu ke iPhone Tanpa iTunes

Admin   21 Jan 2016
Tips untuk Memasukkan Lagu ke iPhone Tanpa iTunes

Sejak lama, iPhone telah menawarkan kemudahan dalam menikmati konten musik bagi penggunanya. Cukup dengan menyiapkan kartu kredit atau iTunes gift card, maka kita tinggal memilih lagu yang ingin dibeli dari iTunes Store, dan seketika itu pula, lagu langsung akan tersimpan di dalam library untuk kita dengarkan kapan pun dan di mana saja.

Meski begitu, untuk menikmati lagu-lagu yang merupakan koleksi pribadi di iPhone nyatanya tidaklah semudah itu. Tak seperti di Android, yang membuat pengguna tinggal memindahkan file dari komputer ke smartphone, pengguna iPhone tetaplah harus mengandalkan iTunes, yang terkenal dengan proses syncing-nya yang cukup membingungkan.

Jika sekedar ingin menjejalkan koleksi lagu-lagu pribadi ke dalam iPhone, iTunes sebenarnya bukanlah satu-satunya opsi yang ada. Masih terdapat cara untuk memasukkan lagu-lagu ke iPhone tanpa iTunes, yakni dengan bantuan sebuah software bernama CopyTrans Manager. Hadir secara gratis dan bisa digunakan oleh para pengguna PC Windows.

erikut adalah langkah-langkah untuk memindahkan lagu ke iPhone dengan menggunakan software CopyTrans Manager:

  • Pastikanlah komputer kita sudah terpasang iTunes versi terbaru. Kenapa masih memerlukan iTunes? Ini karena komputer kita membutuhkan driver yang tepat supaya semua proses memindahkan file ke iPhone bisa berjalan dengan lancar.
  • Bukalah iTunes dan biarkan komputer untuk mengenali iPhone kita. Jangan lupa klik “Trust” di iPhone ketika muncul sebuah pesan pop-up yang menanyakan apakah kita memang ingin mengakses data iPhone dari komputer tersebut dengan sengaja.

  • Dari sini, kita sudah tidak membutuhkan iTunes sama sekali. Bukalah browser dan kunjungi situs CopyTrans untuk mengunduh versi terbarunya. Carilah CopyTrans Manager, lalu klik “Download zip.” Kita tidak memerlukan installer, karena hanya membutuhkan CopyTrans Manager saja terkait dengan konteks tips kali ini.
  • Selesai mengunduh, ekstrak dan jalankan CopyTransManager.exe dari file zip tersebut.
  • Dengan posisi iPhone yang masih terhubungkan ke komputer, software ini akan langsung mengenali iPhone kita sekaligus menampilkan semua lagu yang tersimpan di library-nya. Untuk memasukkan lagu, kita bisa klik tombol “Add” di bagian kanan atas, atau cara yang lebih mudahnya adalah dengan membuka File Explorer dan memanfaatkan mekanisme drag-and-drop.

  • Setelah memilih lagu yang hendak dimasukkan, janganlah terlupa untuk menekan tombol “Update” di bagian kiri atas, tepat di sebelah simbol Eject. Ini merupakan langkah yang krusial, karena kalau terlupa, lagu yang kita pilih tadi tidak akan masuk ke library iPhone.

  • Tunggulah sampai prosesnya selesai, yang bisa dilihat dari Progress Bar yang muncul di bagian bawah, lalu akan tampil tulisan “update complete” setelah semuanya selesai.

Begitulah langkah-langkah untuk memindahkan lagu ke iPhone tanpa melibatkan iTunes. Perlu untuk diperhatikan sekali lagi, cara ini hanyalah berlaku dengan PC Windows saja. Jika memiliki pertanyaan seputar tips menggunakan perangkat iOS, silakan sampaikan di kolom komentar.

Tags
Tips
Artikel Terkait
KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top