REVIEW

War Robots, Mech War Rasa Smartphone

by EstuPW | 13 Dec 2016
War Robots, Mech War Rasa Smartphone

Sempat dipopulerkan oleh Armored Core, Front Mission, dan MechWarrior, genre Mech War nyaris padam tanpa penerus yang komprehensif. Sampai Pixonic akhirnya merilis War Robots di Android dan iOS.

War Robots semula bernama Walking War Robots, entah mengapa Pixonic merilis ulang game ini dan memilih untuk menghilangkan kata “walking.” Game ini telah di-download oleh 50 juta orang dan tampaknya angka tersebut akan terus bertambah karena Pixonic memberikan berbagai update pada War Robots. Dari beberapa screenshot yang ditampilkan, Pixonic tampaknya menyasar market Indonesia dengan cukup serius, mengingat mereka menyediakan screenshot berbahasa Indonesia di Play Store.

Saat memasuki War Robots untuk pertama kalinya, kalian akan langsung disuguhkan robot canggih dengan senjata generik di lengan kanan dan kirinya. Robot ini nantinya akan kalian gunakan untuk berperang di arena melawan pemain lainnya.

War Robots tidak menyediakan tutorial. Sebagai gantinya, kalian akan langsung diajak berperang melawan pemain lainnya sambil menyelesaikan beberapa quest awal. Begitu masuk ke pertempuran, kalian akan menemui pilot musuh dan lima base yang harus kalian kuasai. Pada intinya, kemenangan bisa ditentukan dengan dua cara. Pertama, salah satu tim berhasil merebut dan menguasai semua base yang terdapat di arena atau kalian berhasil menghancurkan tim lainnya. Untuk setiap tim, ada enam pemain, dan di setiap arena, terdapat lima pos yang bisa kalian taklukkan.

Karena tanpa keberadaan instruksi, kami sedikit bingung dengan cara bertempur di War Robots. Untung, genre-nya mirip dengan Mech War lainnya, jadi insting kami langsung mengambil alih permainan dari awal hingga akhir. Hasilnya, ternyata tidak mengecewakan. Kami berhasil menguasai empat pos sekaligus sambil menghabisi tiga robot lawan yang kebetulan melompat-lompat di depan kami tanpa merasa bersalah.

Tantangan sesungguhnya datang ketika kami mencapai level enam. Pada level enam ke atas, pilot-pilot lain memiliki lebih dari satu robot, hal itu mengartikan bahwa kita harus menghancurkan mereka berkali-kali hingga akhirnya mereka tidak memiliki robot lagi untuk dikeluarkan. Slot untuk robot ini bisa dibeli melalui konversi IAP (in-app purchase).

Setiap kali menyelesaikan pertandingan, kalian akan mendapatkan beberapa hadiah, dan salah satunya adalah mata uang di dalam game yang bisa dikonversi dengan IAP. Jadi, bila kalian cukup sabar untuk memainkan War Robots, kalian bisa saja menjadi kuat tanpa mengeluarkan uang sepeser pun.

Uang di dalam game War Robots memiliki banyak fungsi, salah satunya untuk membeli robot baru, bro. Robot yang terdapat di dalam game ini berjumlah 21 buah. Tiap robot bisa dibuka dengan meningkatkan level kalian terlebih dahulu. Baru setelah itu, kalian bisa membelinya dengan mata uang yang ada di dalam game War Robots. Setiap robot memiliki spesifikasi, kemampuan, dan slot senjata yang berbeda-beda. Jadi, pastikanlah agar kalian bisa memiliki robot yang disesuaikan dengan gaya bermain kalian.

Setelah puas mencari robot yang sesuai dengan karakter permainanmu, kalian bisa mulai mencoba untuk membeli dan meng-upgrade senjata yang digunakan robot kalian. Dengan meng-upgrade senjata ini, kemampuan dari robot kalian akan semakin mengerikan.

Harga upgrade dari tiap senjata juga bervariasi. Pada awalnya, harga upgrade yang ditawarkan cukup murah dan membutuhkan waktu yang sebentar. Jadi, kami sarankan untuk mencoba meng-upgrade di awal game, sembari mengerjakan misi-misi berhadiah atau melawan pemain lain.

Dari segi grafis, game War Robots sangat keren. Presentasinya begitu mempesona dengan kualitas yang tinggi serta efek yang sangat bagus untuk ukuran game smartphone. Selain itu, gameplay dari game War Robots sangat seru, sehingga kami memutuskan untuk terus memainkan War Robots walau pun game ini telah selesai kami review.

Seperti yang sudah disebutkan di atas, War Robots memiliki IAP, dan IAP dari game ini sepertinya cukup berpengaruh terhadap kecepatan kalian dalam memiliki robot-robot kelas berat yang super masif dan destruktif. War Robots juga tersedia dalam bahasa Indonesia. Jadi, kalian bisa dengan mudah memahami apa yang dimaksud di dalam game ini, dan yang paling penting, game ini bisa diunduh secara gratis di Play Store dan App Store.

APLIKASI & GAME Terkait
KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Follow Us
To Top