TIPS

Hindari Cyberbullying di Media Sosial, Simaklah Caranya

Dikdok   17 Dec 2016
Hindari Cyberbullying di Media Sosial, Simaklah Caranya

Kalian pastinya sudah tidaklah asing lagi dengan istilah cyberbullying, bukan? Ya, dengan semakin berkembangnya teknologi berbagi informasi dan media sosial, tentunya banyak kemudahan dan nilai positif yang juga bisa kita dapatkan. Namun, tak sedikit pula, masyarakat yang memanfaatkan hal ini untuk melakukan bullying kepada pengguna lainnya melalui dunia maya.

Cyberbullying sendiri saat ini sudah menjadi musuh bagi masyarakat dalam dunia online. Bahkan, seluruh perusahaan media sosial pun secara gencar memerangi dan menghindari cyber bullying serta mendedikasikan diri mereka untuk hal tersebut. Namun, belumlah ada yang benar-benar bisa melindungi komunitasnya dari bahaya dunia maya yang satu ini.

Sebagai pengguna dunia maya, sebenarnya kita selalu bisa menghindari cyberbullying. Berikut adalah beberapa langkah yang perlu Anda ingat ketika berada di dunia maya:

Tak perlu merespons

Ketika ada seseorang mem-bully kalian melalui media online, ingatlah bahwa reaksi yang kalian berikan adalah hal yang mereka tunggu. Jika kalian marah, kalian justru akan memberikan apa yang mereka inginkan.

Jangan membalas

Ingat, membalas suatu hal yang negatif merupakan tindakan yang tidak sepatutnya untuk kita lakukan. Membalas dengan kembali mem-bully, mengubah kalian menjadi seseorang yang memperkuat perilaku intimidasi. Bantulah untuk menghindari terjadinya seluruh siklus seperti itu.

Simpan bukti

Ada satu kabar baik untuk memerangi tindakan bullying di dunia maya. Ya, pesan yang berisi konten negatif seperti melecehkan ataupun menghina biasanya dapat kita simpan dan tunjukkan kepada seseorang yang dapat membantu. Kalian perlu melakukan ini, bahkan jika itu merupakan hal-hal kecil.

Berbicara dengan orang dewasa yang bisa dipercaya

Kalian tentunya layak mendapatkan bantuan bila mengalami kejadian bullying. Merupakan hal yang tepat bila kalian melibatkan orangtua, konselor sekolah biasanya, atau pun orang dewasa lainnya yang bisa dipercaya untuk bisa membantu.

Memblokir pengganggu

Jika pelecehan datang dalam bentuk pesan instan, teks, atau komentar profil, gunakan preferensi atau alat privasi untuk memblokir orang itu. Jika hal itu terjadi di chat, tinggalkan "ruangan.”

Bersikap sopan

Bahkan ketika kalian tidak menyukai seseorang, tetaplah menunjukkan sikap yang baik dan pribadi yang sopan. Usahakan agar tidak tenggelam dalam urusan orang lain. Selain itu, penelitian menunjukkan bahwa bergosip dan berbicara tak berguna dapat meningkatkan risiko ditindas. Perlakukan seseorang seperti apa yang kalian ingin orang lain perlakukan padamu.

Jangan mem-bully

Bagaimana perasaanmu jika seseorang melecehkan kalian? Sebisa mungkin, jangan menjadi orang yang menyakiti orang lain. Hindari kegiatan bully-ing. Jadilah seseorang yang berkontribusi bagi komunitas Anda.

Jadilah teman, bukan pengamat

Menonton atau hanya meneruskan pesan, berarti kalian telah memberdayakan bullying. Jika bisa, minta si pengganggu untuk menghentikan perbuatan mereka. Beri tahu mereka bahwa pelecehan membuat orang terlihat bodoh dan tak ada gunanya. Saatnya untuk membiarkan pengganggu untuk tahu bahwa perilaku mereka tidak dapat diterima. Bila kalian tidak bisa menghentikan pengganggu, setidaknya cobalah untuk membantu korban dan melaporkan perilaku tersebut.

Artikel Terkait
KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top