TIPS

Wajib Diketahui, 5 Trik Baru untuk Para Pecandu Instagram

by Dikdok | 08 Dec 2016
Wajib Diketahui, 5 Trik Baru untuk Para Pecandu Instagram

Beberapa bulan ke belakang merupakan waktu yang sangat menyenangkan bagi para pengguna Instagram. Bagaimana tidak? Pasalnya, pada beberapa bulan terakhir ini, Instagram telah meluncurkan update bulanan yang telah mengubah cara penggunaan sosial media ini jadi jauh lebih menarik.

Bagi para pecandu Instagram, tentunya kalian sudah mengetahui akan banyaknya tambahan fitur yang diberikan oleh aplikasi ini. Dan, kali ini, marilah kita membahas lima fitur terbaru yang harus diketahui oleh kalian, para pengguna Instagram.

Zoom (31 Agustus)

Setelah menunggu hampir enam tahun untuk mendapatkan fitur dasar ini, Instagram akhirnya menambahkan fitur Zoom pada aplikasinya. Kini, dengan adanya fitur Zoom, kita dapat melihat foto dari dekat secara langsung dari aplikasi Instagram. Untuk memperbesar, pilih foto pada laman feed yang akan kalian lihat, lalu cubit layar. Jauhkan jari kalian pada layar untuk menahan zoom atau melepaskan kembali untuk menampilkan ukuran aslinya. Untuk memanfaatkan fitur ini, kalian harus berhati-hati supaya foto yang ingin kalian lihat itu tidak malah jadi mendapatkan like secara tak sengaja.

INSTALL INSTAGRAM DI SINI

Save Drafts (30 September)

Dengan adanya fitur tambahan ini, kalian tidak perlu takut akan kehilangan foto yang belum selesai kalian edit. Karena dengan adanya fitur ini, Instagram telah memberikan keleluasaan bagi para penggunanya untuk menyimpan perubahan pada foto yang telah diedit hingga kalian siap untuk mempublikasikan foto tersebut.

Edit foto dengan menggunakan aplikasi Instagram seperti biasa, lalu tekan panah kembali pada sudut kiri atas layar sebelum kalian publikasi. Nantinya, akan muncul sebuah pesan pop-up yang menampilkan pilihan Save Draft dan Discard. Jika kalian memilih Save Draft, editan fotomu akan disimpan dalam perpustakaan foto pada aplikasi Instagram. Bila kalian mau melanjutkan hasil editan foto tersebut, cukup klik pada foto yang kalian masukkan ke dalam Draft.

Sementara untuk membuang draft lama, pergilah ke halaman foto utama, klik Manage pada bagian Draft – Edit – Plih foto yang akan dibuang – Discard.

Story Tricks (10 November)

Instagram Stories mungkin adalah berita lama untuk kalian, tapi terdapat beberapa fitur baru yang ditambahkan Instagram untuk mempercantik fitur Instagram Stories. Fitur pertama adalah Boomerang. Boomerang sendiri merupakan aplikasi looping video yang dimiliki Instagram. Kini, dengan diintegrasikannya aplikasi Boomerang pada Stories, kalian dapat dengan mudah membuat video looping pada Instagram Stories yang kalian miliki.

Fitur kedua adalah fitur tagging, Dengan fitur ini, kalian dapat menandai orang-orang dalam Stories yang kalian publikasikan. Cukup memberikan simbol @ sebelum nama akun temanmu pada postingan sebuah Stories, maka kalian dapat menandai teman-teman kalian pada Stories yang dipublikasi.

INSTALL BOOMERANG FROM INSTAGRAM DI SINI

Instagram Direct Ephemeral (21 November)

Fitur baru lainnya yang dihadirkan pada pembaruan Instagram kali ini adalah fitur Instagram Direct Ephemeral. Dengan menggunakan fitur ini, Instagram telah menggabungkan kemampuan Stories dengan Direct Message yang mereka miliki sebelumnya. Jadi, pengguna dapat melakukan kegiatan berkirim gambar dan video kepada orang atau grup tertentu yang mereka inginkan. Selain itu, pesan gambar atau video yang mereka kirimkan nantinya akan segera menghilang setelah selesai dilihat oleh para penerima pesan tersebut. Secara maksimalnya, para penerima pesan bisa melihat pesan yang dikirim hingga sebanyak dua kali, sebelum pesan tersebut akhirnya menghilang secara otomatis.

Sama halnya dengan fitur yang dimiliki oleh Snapchat, fitur Instagram Direct Empheral ini memungkinkan para penggunanya untuk bisa mengetahui apakah pesan yang dikirimkan oleh mereka bisa dilihat ulang atau di-capture sebagai screenshot. Video dan gambar yang akan dikirim juga dapat ditambahkan sticker, emoji mau pun doodle terlebih dahulu, agar pesan jadi semakin menarik.

Live Video (Segera)

Seperti namanya, fitur Instagram Live Video ini memungkinkan para penggunanya untuk bisa menyiarkan video kepada para pengikutnya secara real time, dan video yang disiarkan ini hanyalah dapat dilihat pada saat mereka masih merekamnya secara langsung. Tidak ada siaran ulang dari rekaman ini, dan Live Video akan segera menghilang dari daftar Instagram Stories sesaat setelah selesai merekam, sehingga para pengguna bisa berbagi dengan lebih nyaman.

Instagram Live Video memiliki pengaturan komentar yang bisa digunakan untuk memberikan ijin, apakah temanmu bisa memberikan komentar atau tidak, begitu pun sebaliknya. Jadi, apabila seseorang yang kalian ikuti sedang melakukan siaran langsung, kalian juga bisa memberi komentar jika memang diijinkan.

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Follow Us
To Top