REVIEW

Cari Uang dengan Foto-fotomu di Android

by henney28 | 02 Dec 2016
Cari Uang dengan Foto-fotomu di Android

Ada banyak cara yang dapat dilakukan dengan kamera ponsel. Dan, itu lebih dari sekedar foto selfie, menghabiskan waktu untuk Snapchat saja, atau pun mengambil foto makanan demi memuaskan kenarsisan semata. Sebagai gantinya, Anda bisa menghasilkan uang secara nyata dengan aplikasi-aplikasi yang ada di Android. Sampai saat ini, fotografer amatir atau pun semi-pro memiliki pilihan yang berbeda untuk menghasilkan uang dari hobi mereka ini. Tetapi, tidak semua aplikasi nyatanya menawarkan hal yang sama. Sebagian memang ada yang layak, tapi juga ada yang sebaiknya dihindari. Di artikel ini, ada beberapa aplikasi Android terbaik yang bisa membantumu untuk menghasilkan uang saku tambahan di saat ini.

Foap

Dengan segala kelebihan serta kekurangannya, Foap mungkin bisa menjadi salah satu aplikasi yang paling dikenal oleh para pecinta fotografi, baik amatir mau pun profesional. Aplikasi tersebut bagus, karena bisa dijadikan satu alternatif pilihan bagi fotografer dan juga sesuai dengan keinginan pembeli. Kekurangannya hanyalah terletak pada persaingan yang ketat di antara penggunanya untuk saling menghasilkan uang dalam jumlah lebih.

Sebagai standarnya, tiap foto akan dijual seharga $10. Dan, sebagai fotografer, Anda akan mendapatkan $5 sebagai bayarannya. Seperti sebuah platform besar dengan banyak pengguna, ada juga yang menarik sebuah brand, jadi akan ada bayaran yang tinggi (tentunya, dengan persaingan yang ketat). Pembaruan terakhirnya memberikan perubahan pada UI, fitur sosial media yang baru, peningkatan pilihan cashout, pilihan upload dengan beragam pilihan model. Dengan banyak fitur-fitur di dalamya yang semakin mempermudah untuk membuat foto jadi komersil, aplikasi ini malah bisa di-dowload secara gratis dan hampir tak ada biaya keanggotaan.

INSTALL FOAP - SELL YOUR PHOTOS DI SINI

Snapwire

Seperti aplikasi serupa lainnya, Snapwire memberikan sebuah kesempatan untuk para amatir atau semi-pro untuk mencari uang lewat Android dengan mengkomersialkan gairah mereka. Aplikasi ini sedikit berbeda dari yang ada di marketplace pada umumnya, sebab kualitas gambar mau pun foto yang dijual bakal lebih dietekankan di sini. Dan tentunya, hal tersebut akan sangat menarik untuk fotografer semi-pro dan juga profesional. Meski demikian, aplikasi ini juga tetap menarik untuk pengguna amatir.

Untuk mulai menghasilkan lewat aplikasi ini, bisa dilakukan dengan mengikuti kontes atau pun melalui order by request. Namun sebelum itu, pengguna harus membuktikan keahliannya dengan meningkatkan akunnya (atau, istilahnya “level up”). Apa pun alasannya, aplikasi ini benar-benar memungkinkan seorang fotografer amatir memiliki portofolio yang jadi mudah untuk diakses dan menarik pemberi kerja, dimana pembeli pun dapat secara langsung membeli gambar yang diinginkannya.

Ketentuannya, untuk setiap kontes atau pun request yang dikerjakan oleh pengguna, mengenai fee yang diterima akan mencapai sebesar 70% dari harga keseluruhan, dan 50% bila ada salah satu foto dari profil pribadi yang terjual melalui marketplace. Platform ini mendorong penggunaan kamera ponsel secara lebih efektif, namun juga tak menutup kemungkinan dari gambar perangkat lainnya asalkan sesuai dengan ketentuan term of use yang diberlakukan.

INSTALL SNAPWIRE - SELL YOUR PHOTOS DI SINI

Scoopshot

Aplikasi ini menjamin pemenang kontes harian (oleh karenanya, peminatnya selalu baru) dan marketplace memungkinkan pengguna untuk menetapkan harga sendiri. Ini tentunya sangat bagus dan lebih simpel untuk pengguna lain yang menginginkan foto kualitas ‘pro’ berdasarkan lokasi, nama, atau genre; yang akan meningkatkan kesempatan untuk mencari uang lewat Android dengan jalan monetisasi foto mau pun video.

Yang diperlukan untuk memulai sebagai fotografer pro pada aplikasi ini adalah dengan mendaftarkan setiap pengalaman, lokasi, dan memberikan portofolio, setidaknya sembilan gambar agar menarik pengguna lain yang berminat dengan hasil kerja tersebut. Jumlah yang akan diperoleh sebagai fotografer sedikit kurang jelas dibandingkan aplikasi lain dengan fitur serupa (fee ditetapkan dari marketplace dari setiap foto yang di-download, atau dari sharing iklan jika dibeli oleh jaringan dan digunakan pada iklan). Meski pun begitu, aplikasi ini tetap memberi suatu pengalaman terbaik bagi mereka yang ingin mendapatkan uang lewat Android.

INSTALL SCOOPSHOT DI SINI

EyeEm

EyeEm merupakan satu dari sekian nama besar di daftar ini, meski begitu ada pula beberapa poin positif dan negatifnya. Sisi positifnya, aplikasi ini memiliki jaringan keanggotaan yang besar, dan itu dikombinasikan dengan skema yang memberi kesempatan pada fotografer baru dan yang terbaik agar dapat membantu semua orang membuat sebuah foto. Namun, di sisi lain, ada jutaan foto dari pengguna yang memiliki peluang untuk dibeli.

Tidak seperti beberapa pesaing lainnya, EyeEm tidak hanya berfokus pada marketplace foto. Meski pun demikian, aplikasi ini menarik para pencinta fotografi untuk mengabil gambar mau pun berbagi dengan segala kemudahan dalam hal fotografi agar tak bosan dan selalu menggunakannya, serta juga melakukan monetisasi di saat yang sama.

Pengguna dapat meng-upload gambar untuk menjualnya atau melisensikannya ke marketplace, dan mengontrol semua hak cipta dari foto tersebut (misalnya, memungkinkan untuk menetapkan tingkatan yang berbeda untuk setiap gambar). Dan, di saat yang sama, juga memberikan kesempatan pada brand mau pun agensi yang berminat untuk menggunakannya dengan harga yang pantas. Bersamaan dengan penyiapan pasar konvensional, juga diadakan sebuah pameran, pemberian penghargaan, majalah, dan misi-misi untuk menarik minat pengguna untuk terus menggunakannya.

INSTALL EYEEM - BEST PHOTOGRAPHY COMMUNITY DI SINI

Markedshot

Pada dasarnya, Markedshot (dan item berikutnya, Dreamstime) memang marketplace, yang secara fokus menyediakan tempat untuk para pengguna untuk mencari uang lewat Android dengan menjual foto. Seperti halnya aplikasi lain yang serupa, Markedshot memungkinkan penggunanya untuk menghasilkan uang dari fotonya dengan jalan melalui kompetisi.

Fee yang dipatok sekitar $5 bila dilakukan melalui marketplace (dan pengguna mendapatkan 50%) untuk setiap foto. Kompetisi di Markedshot adalah proyek milik klien yang memiliki persyaratan tertentu yang ditentukan sendiri oleh klien.

Dan, jelas sekali bahwa anggaran untuk setiap kompetisi ini bervariasi sesuai dengan kebutuhan klien dan jumlah gambar yang diinginkan, terlebih dengan kebanyakan proyek yang dimulai dari $100 ke atas. Namun demikian, ini bukanlah tempat yang cukup diminati oleh fotografer semi-pro atau pun profesional.

INSTALL MARKEDSHOT - SELL PHOTOS DI SINI

Dreamstime

Seperti aplikasi lain yang telah ada sebelumnya, Dreamstime menyediakan fitur marketplace yang lebih familiar seperti yang diharapkan, namun tetap sederhana dan menarik. Hal ini pun memberikan feedback penjualan yang baik dan statistik melalui aplikasi mobile yang juga diapresiasi dengan baik.

Ada berbagai pilihan lisensi yang tersedia untuk setiap gambar, sehingga pengguna dapat mencari uang lewat Android dan menghasilkan laba hingga $12 per gambar, tergantung dari apa yang dipilih. Ini mungkin tak memiliki jangkauan pasar yang besar, namun Dreamstime senilai dengan apa yang dikeluarkan.

INSTALL DREAMSTIME: SELL YOUR PHOTOS DI SINI

miPic

Penambahan aplikasi ini hanyalah untuk sekedar intermezzo saja. Mungkin, ini akan sedikit berguna bagi pengguna perangkat iOS yang memang tak sedikit jumlahnya. Dengan persaingan format yang sudah terlihat pada postingan ini, miPic menawarkan sesuatu yang baru. Seperti Snapwire, miPic menekankan pada spotlite dalam seni fotografi, dan juga menambahkan cara baru dalam memonetisasi gambar yang di-upload ke platform-nya dengan cara menarik konsumen, bukan hanya untuk brand dan agensi yang bisa mendapatkannya secara massal di marketplace.

Dan tentunya, hal tersebut memungkinkan pengguna untuk untuk mengambil gambar juga, serta tetap memungkinkan penggunaan ke item yang diinginkan (misalnya mug dan sejenisnya). Sebagai pemilik dan pembuat gambar tersebut, pengguna akan mendapatkan fee sebesar 20% untuk setiap item. Namun, seperti yang sudah disampaikan dari awal, aplikasi ini barulah tersedia untuk iOS saja.

INSTALL MIPIC - SHARE, PRINT & SELL YOUR PICTURES DI SINI

Kesimpulannya

Jika Anda mencari sebuah aplikasi yang mengklaim dapat menghasilkan uang dari foto Anda, ada beberapa yang perlu diwaspadai, terlebih lagi, harus dihindari untuk berbagai alasan. Clashot dan Iconzoomer merupakan aplikasi yang pertama ditemukan, namun keduanya belum diperbarui selama lebih dari 4 tahun berturut-turut.

Tidak hanya itu, aplikasi ini mungkin saja dapat membuang waktu saat Anda berusaha menciptakan profil, namun juga berpotensi memiliki resiko keamanan. Aplikasi seperti ini harus selalu up-to-date dengan sistem keamanan terbaru, sehingga menggunakan satu akun selama empat tahun dalam transaksi keuangan pun sangat tidak masuk akal. Sebagai pengguna harus bijak dalam memilih aplikasi yang akan digunakan supaya memberikan manfaat yang maksimal.

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
ARTIKEL Terkini
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top